Semalem –sekitar pukul 18.54 WIB, gue cabz ke rumah Adhut. Niatnya mau nemenin dia ngenet coz tadi siang dia ngajakin gue ngenet tapi ternyata pas tuh anak buka pintu dia malah bingung pas gue ngajak ngenet. Nggak taunya yang lebih ditekankan sama dia tuh SMS terakhirnya yang bilang kalo malem ini dia butuh soft copy tugas filis –ne kependekan dari Filsafat Islam bukan Sifilis yang PMS itu ya…- gue buat tugas kuliah filsafatnya. Yasuuu… akhirnya gue ngendon di rumahnya sambil nungguin dia ngopy tugas gue. Kebetulan kita beda kampus jadi kalo urusan co-pas kayak begini mah dijamin aman sentosa. Tapi ini bukan berarti bentuk kemalasan ya karena temen gue ini udah ngerjain tugas ini dalam judul laen. Sebelomnya gue mau ngejeasin dulu siapakah makhluk yang gue panggil Adhut ntu.
Adhut atau Agus Kurniawan adalah sobat cowok gue sejak jaman penjajahan putih-biru. So, salah besar bagi mereka-meraka yang berpikir macem-macem tentang hubungan persahabatan kita. Bodo amat kalo banyak yang sangsi dengan persahabatan lawan jenis. Toh udah delapan taon lamanya gue kenal, maen, ketawa, cela-celaan, gue nggak pernah berpikir macem-macenm yang menjurus untuk merusak persahabatan gue. Sahabat ya sahabat, pacar ya cari aja cowok laen. Biar kata perbandingan cowok ama cewek udah semakin jauh, Insya Allah gue belom keilangan stok kok. Hohoho… Lanjuuut… Kalo lo ngerasa bosen ketemu temen lo selama setahun di kelas, lo bayangin aja gimana bosennya gue –Adhut, Iyan, Wiwi- karena selama TIGA TAON gue berseragam putih biru, gue sekelas sama mereka dan duduk dengan jarak yang nggak sampe 3 meter!. Doi adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Indo. Apa jurusan dan fakultasnya, cari tau aja ndiri di blognya. Ogah amat gue publish orang laen selaen gue di blog gue. Hehehe
Sambil nungguin nih bocah ngopy sana-sini dan nunggu setengah delapan untuk nelepon Acid –gue nggak tau dah apa maksudnya tuh anak minta gue telepon setengah delapan aja. Mungkin jam setengah delapan ke bawah dia belom berubah wujud kali ya…-, gue juga mulai berceloteh gajebo yang pastinya bertujuan agar rumah ini nggak sepi! Maklum aja, adek cowoknya si Adhut kabur pas gue dateng. Mungkin takut nggak tahan sama pesona menakjuban yang selalu gue sebarluaskan kapanpun dan dimanapun gue berada! *Wakakakak! DASAR GELO!!!* Gue mulai ngebahas apaan aja. Mulai dari foto-foto terbaru Kita yang gue dapetin susah payah dari si Windi, taon baruan gue kemaren, acara gue seharian ini, sampe hal-hal dan cela-celaan nggak penting yang biasa kita –gue dan Adhut- lakuin.
Nggak sampe
Itu juga gue lakuin nggak sampe
‘huh, kenapa nggak jadi ngenet sih?
‘geblek! Tadi bilangnya nggak mau ngenet ya gue ngenet duluan aja.’ Tukas Adhut. ‘kalo mau ngenet ya ayo, gue temenin.’
‘nggak ah! Sejamnya 6 ribu. Kalo di kampus gue bisa berjam-jam tuh. Gue maunya pop ice!’
‘ya udah seh, tinggal beli.’ Adhut bangkit dan mematikan peralatan elektroniknya.
Kita bergegas menuju penjual pop ice langganan kita di depan SD Kramat Jati 07, 13, 08 tau dah satu lagi SD apaan.
Gue makin girang aja dah pas dari jauh gue liat gerai pop ice-nya buka. Maklum aja beberapa hari sebelumnya
‘cokelat, Gus?’ secara yang abangnya tau tuh nama Agus doang. Coba kalo dia tau nama gue, mungkin dia minta tanda tangan gue kali.
‘iya, Bang. Jawab Adhut. ‘eh, lo apa?’ dia kembali pada gue.
‘Apaan ya?’ gue malah jadi bingung sendiri. ‘vanila, cappu ato mocha ya… mmm… cappucino aja, Bang!’ putus gue. Gue memutuskan cappucino bukan tanpa alasan. Terakhir kali yang gue beli disitu adalah mochacino, terus di kamar gue masih tersedia vanila late. Ya udah biar adil cappucino aja dah.
Sambil menyiapkan pesenan kita, si Abang kembali mengajak berbicara.
‘udah azan Isya belom ya, Gus?”
Gue dan Adhut menjawab dengan kompak, yakin, dan bersemangat. ‘Udah, Bang!’
Gue dan Adhut kembali sibuk dengan pembicaraan yang kebanyakan gajebonya. Wong yang kita bahas tuh nomor hp gue mendadak jatuh ke tangan-tangan yang tidak seharusnya –malam sebelumnya gue ditelepon segerombolan cowok dan feeling gue mengatakan tuh cowok-cowok kurang kerjaan dan masih bocah tapi isi omongannya bener-bener nggak enak didenger kuping. Selama beberapa menit cuma iya, nggak, ooohh… dan kebanyakan gue diemin aja omongan mereka Terus malem sebelumnya lagi gue ditelepon cowok yang feeling gue ini tu Oom-oom! Gue kenal mereka karna mereka memperkenalkan dir tapi SUMPAH! Gue belom pernah tatap muka sama mereka dan sampe sekarang gue nggak tau darimana orang-orang kurang kerjaan itu tau nomor gue. Nih nomor belom ada 3bulan gue pake dan temen sekelas gue aja nggak semua tau nih monor eh nomor! Nggak biasa ya nomor gue jatuh ke orang yang tepat yang pastinya bukan bocah-bocah bokep dan oom-oom girang?!-, lanjut ke kapan terakhir kita nonton, Saus Kacang yang jadi film terbarunya BCL sama lakinya, jangan nonton film Indo soalnya dalam itungan bulan juga bakal muncul di TV, tentang SCTV yang nayangin iklan bakal ada Get Married 2 yang nyata-nyata di bioskop mana pun nggak ada -gue nggak tau dah gimana reaksinya Na, Aming, Desta, ama Ringgo kalo ngeliat ada tulisan Get Merried2- sampe film Madagascar2 yang gue tonton tanggal 1 januari kemaren hingga sebuah suara sayup-sayup menggelikan membuat kita berhenti maen bibir…
‘Allahu akbar… Allahu akbar…” GUBRAK! Suara Azan! AZAN ISYA!!!
Gue dan Adhut berpandangan dengan wajah oon.
‘Lha, itu baru azan. Tadi katanya udah azan?’ tanya Abang pop ice.
‘Yaaa… kita nggak tau. Tadi sih yang kita denger azan.’ Cetus Adhut.
‘Tapi buktinya itu baru kedengeran suara azan.’ Si abang pop ice bersikeras dengan pendengarannya. ‘tuh, udah saya duga belom azan orang saya kayaknya baru shalat maghrib.’
Haduuu… plis deh, Bang!! Jarak maghrib sama Isya
‘azan yang itu telat kali, Bang! Maklum beda kecamatan.’ Sahut Adhut cuek.
‘iya, Bang! Tadi kita denger azan kok. Ya nggak, Dhut?’ gue mendukung penuh karena memang tadi gue mendengar suara azan sebelum suara azan ini berkumandang. Adhut mengangguk setuju.
‘ ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR…’
GUBRAK! GASRUK! GEDEBUK! Sekarang gantian suara Azan di masjid Al-‘Afiah yang jaraknya nggak sampe 50 meter dari tempat kita membeli pop Ice berkumandang eh menggelegar saking kerasnya. Kalo udah kayak gini mah bisa dipastiin kuping gue sama Adhut yang salah setel atau memang denting suara azan memang selalu diperdengarkan di dalam hati orang-orang baik seperti kita??? Hanya Allah SWT yang tau. Hohoho…
Si abang pop ice senyum-senyum aja dan mulai memberikan topping pada pop ice kita. Berurut mulai dari susu kental coklat disekitar gelas pop ice sebelum dia menuang pop ice tentunya, meises, cokelat bulet-bulet, irisan dark choholate, dan susu kental manis putih… eh, eh, kok susu putihnya nggak dikasih?? apaan tuh putih-putih kenyal menggelikan??
‘Jieee.. tampilan baru ya, Bang? Lebih variatif.’ Komentar Adhut yang sepertinya udah menyadari apakah gerangan si putih kenyal menggelikan itu.
‘iya dong!’ gue merasakan nada bangga pada kata-kata si abang pop ice. Menurut gue wajar dan gue salut dengan inovasi si abang ini dngan menambahkan satu topping baru di tahun yang baru ini.
‘wah, ager-agernya putih… tadinya gue kirain tuh ager gula batu.’ gue yang baru menyadari apa gerangan benda putih kenyal menggelikan itu dengan dengan oonnya melontarkan pernyataan. Maklum, selama beberapa hari lalu gue always disuguhi teh poci langsung dari gerabahnya dan gula batunya yang ajiiibbb banget!! Muka si Adhut udah kayak apaan tau dah denger pernyataan gue itu.
‘iya.. saya tau kalo ager-ager tuh baek buat pencernaan makanya saya tambahin di sini.’ Kembali gue mendengar sebersit nada bangga dari si Abang pop ice yang tengah menuang susu kental putih dan menutup gelas pop ice pesanan kita.
Gue udah males ngebahas apa-apa menerima angsuran pesanan gue dan Adhut lalu membayar 6ribu perak untuk 2 gelas pop ice ini. Selama perjalanan, gue yang –untuk pertama kalinya- takjub dengan penampilan cantik pop ice gue, mendadak sayang untuk sekedar menyeruputnya.
‘Gile, tumben tampilannya cantik. Harusnya dari dulu nih abang jangan banyak-banyak masukin esnya jadi pop icenya nggak mbeleber –gue nggak tau bahasa Indo yang pantes apa. Mungkin meluap kali ya???’
‘iya, bener tuh. Kalo kebanyakan esnya
Bahasan kita pun berganti.
‘FS gue sekarang banyak di-add sama anak-anak Vgho –SMP kita-. Mereka pada komen macem-macem sama gue. Mulai dari.. Kak… Kakak anak Vgho ya?? SDnya 08? Saya juga anak Vgho dan dulu SDnya di 08.’ Adhut mulai menceritakan komen pertamanya tentang fans-fans barunya di FS.
Komen kedua…
‘Kak Agus anak 62 ya??? Vgho juga??? Saya juga di Vgho terus sekarang sekolah di 62.’
Dan komen lain yang rata-rata sama dan menurut gue komen nih bocah-bocah nggak penting banget. Udah jelas di profil Adhut di FS tuh tertulis jelas kapan Adhut mbrojol, dimana Adhut sekolah, kuliah, acara TV fav, film fav, music fav, about me dia, siapa yang pengen dia temuin sampe hal-hal laen yang pasti berhubungan sama Adhut.
‘ada juga yang komen gini…’ lanjut Adhut. ‘ini kak Agus yang anak paskib Vgho
Sampe situ gue ngakak. Sumpah!
‘jangan ketawa lo. Gue jawab aja, maaf ya… tapi saya lupa…’
‘sama yang mukanya cina-cina…’ samber gue. Dalam bayangan gue yang mukanya cina-cina
‘Yeee… bukan… gue emang nggak inget yang mana.’ Jawab Adhut. ‘eh, ada pertanyaan laen lagi.’
‘Apa?’
‘Kak… kakak kenal Wendika nggak? Tau nomor teleponnya nggak?’ Wendika itu junior paskib kita di Vgho. Kita angkatan 8 dan Wendika kalo nggak salah angkatan 11. Menurut gue wajar sih ne cewek nanyain Wendika secara junior gue itu nggak bisa dibilang jelek.
‘lo jawab apa, Dhut?’
‘Ya nggak taulah. Eh dia malah bales gini, kakak tanya ke temen-temen kakak dong!. Gue beles aja, lo tanya temen-temen angkatannya Wendika aja!’
Sampe situ gue nggak mendapatkan keseruan membicarakan komen-komen FS si Adhut sampai gue teringat lagi dengan si putih kenyal menggelikan yang menjadi andalan baru si abang pop ice. Gue jadi geli sendiri dan sepertinya Adhut juga memikirkan hal yang sama.
‘Dhut, lo inget nggak tadi si Abangnya tadi bilang apa pas nuangin ager-ager?
‘Iya dan semoga aja dia nggak tau kalo sayur-sayuran dan VitaCharm tuh juga baek buat pencernaan.’
Seketika tawa gue meledak! Gue nggak kebayang apa jadinya rasa pop ice kalo si abang mencampurkan sayur-sayuran dan VitaCharm dalem pop Ice. Rasanya mungkin menjijaykan dan menjengkolkan! Gue juga rada heran kenapa si Adhut tuh ingetnya VitaCharm bukan Yakult, Okki Jelly, atau minuman lainnya yang buat kita gampang dan lancar BAB. Mungkin yang sering dia minum tuh VitaCharm kali ya coz setau gue emang Adhut tuh nggak pernah make Charm Body Fit –Lha, apa hubungannya??!-
Sampai akhirnya gue nogkrong di tempat biasa kita nongkrong dan bersiap memanjakan bibir dengan menelepon Acid yang berujung Acid yang nelepon gue. Hehehe
Udah ah… Gue capek kalo harus nulisin apa aja kekonyolan berikutnya dari gue, Adhut ditambah Acid ditelepon. Yang pasti obrolannya nggak jauh-jauh dari kenarsisan gue yang bilang gue hapal peta Indonesia, tau letak Jepara itu di sebelah selatan Kudus, Kampungnya Acid di Kudus yang namanya Ngamberijo, Nglamberejo, Ngamberejo atau apa pun itu yang gue sendiri udah lupa dan yang gue denger justru Sambel ijo sampe gue yang dikerjain Adhut dan dengan bangga memproklamasikan kalo Kudus itu deket sama pantai! -Untuk yang terakhir gue belom ngecek peta tuh!-
Yang pasti sekarang udah malem eh dinhari dan gue udah ngantuk… mau bobok… besok apgi janjian ketemuan sama Acid dan Amal di kampus eh perpus jam sembilan.
Huahhhh… -AWAS KESEDOT!-
No comments:
Post a Comment