Membingungkan! Hahaha… Menurut gue dewasa itu nggak bisa ditentuin dari umur. Dewasa itu… Masanya gue bisa menentukan sikap yang nggak hanya mementingkan ego gue aja. Bisa menilai diri gue secara objektif dan kenyataannya gue menganggap gue belom dewasa. Hahaha…
Kayaknya dari kemarenan gue bikin tulisan tapi isinya nggak klik sama judulnya. Bodo amat! Gue emang selalu bermasalah sama judul. Sekarang gue mau cerita nih kenapa gue menganggap kalo gue belom dewasa.
Jadi ceritanya, Adek gue tuh mendadak gatel-gatel di rambut dan dia berkesimpulan kalo dia kutuan! Bujug! Hari gini masih aja ya kena kutu. Gue juga pernah sih kena kutu tapi tuh udah lama banget jaman gue TK. Dulu pan gue maenannya sama anak-anak kampung ke hutan-hutan gitu. Hahaha… Karena dia yakin kalo dia kutuan dan dia merasa ada yang berjalan-jalan di kepalanya, akhirnya dia meminta si Mbak untuk mengaduk-aduk rambutnya demi mencari pembuktian atas keyakinannya.
Berjalanan mereka –Adek dan Mbak- beriringan teras rumah dengan tatapan miris dari gue dan Nduty. Hehehe… Dari dalem gue liat si Mbak mulai menyibak setiap helai rambut si Adek demi mencari penghuni baru di rambut itu. Dan detik demi detik yang berlalu terkuaklah sebuah kenyataan dengan sebuah teriakan…
‘KYAAAAAAAA…!!!’ jerit Adek gue.
Gue pun menoleh dan melihat Mbak tertawa-tawa dengan tangan yang menggenggam seekor kutu! WOW!! Adek beneran kutuan!!!
‘hahaha… gimana mau ngilangin kutunya kalo Adek nggak berani sama kutu.’ Mbak tertawa-tawa.
‘Cieee… Adek kutuan nih yee…’ ledek gue.
‘dulu kak Aish juga!’ balas Adek.
Gue cengengesan aja di dalem rumah nggak ngebales kata-kata Adek gue. Nggak ada untungnya juga . Intinya sekarang kepala gue bebas kutu dan dialah yang tengah berjibaku dengan kutu-kutu cantik.
‘kak Aish kutunya lebih banyak!’ Adek gue masih aja ngebahas kutu gue jaman dahulu yang saat itu nyokap gue hamil dia juga belon. Masih gue cuekin tuh anak dan gue tetep konsen OL sambil nonton TV.
‘KYAAAA…’ Adek gue jejeritan lagi karna dijejelin kutu sama Mbak. Sekarang pencari kutunya bukan mbak Dar seorang tapi oom Farid juga ikutan berpartisipasi sebagai sukarelawan pencari korban bencana alam di kepala Adek gue itu.
Setelah sekian lama dan semakin banyak harta karun -kutu dan telor kutu- berhasil dieksekusi gue pun jadi penasaran dan mendekat. Adek gue masih jejeritan histeris gitu karena telor kutunya banyak banget.
‘Dek, untuk sementara lo jangan maen-maen ke kamar gue dulu ya… Jangan tiduran di kasur, bantal-guling gue ya…’ pesan gue.
Adek gue langsung pasang tampang jutek gitu! Kayaknya sih itu reaksi akibat kepalanya digigitin kutu dan darahnya udah diisep! Slrruuuup…
‘Gue nggak mau ketularan kutu, Dek…’
‘AAAahhahhh…. Nggak tau ah! Emangnya kalo Adek kutuan tuh salah Adek??? Uuuuggghhh….’ Adek gue histeris gitu.
‘Ya bukan salah lo juga. Mungkin lo maennua sama anak kampung kali’ atau lo maennya jorok ya??’
‘iiihhhh… apaan sih????’
‘pokoknya kalo gue kutuan ya gara-gara lo.’ Tambah gue lagi.
‘Enak aja! Siapa tau aja dari temen-temen kak Aish!’ Adek gue nggak terima gitu.
‘widiiihhh… temen-temen gue pada pake jilbab. Kalopun ada, kutu-kutunya pada terperangkap dan nggak bisa nembus jilbabnya tauk! Mau loncatkayak apaan tauk
Gue pun meluaskan pandangan ke sekeliling halaman rumah gue sampai…
DUK!!
Anjrit! Anu –pokoknya bagian vital dah- gue disambit helm sama Adek gue. Sial nih anak! Gue speechless tuh. Pelan-pelan gue pindah ke sebelah mobil bokap menahan sakit di anu gue. Mbak sama Oom masih asyik aha nyariin si kutu walaupun kayaknya mulai siap siaga menjaga Adek gue kalo-kalo gue kalap dan niat menerkam Adek gue. Hehehe
Hufff… untung aja tuh anak ngelempar helm catok. Kalo helm fullface alamat remuk nih! Helm catok aja rasanya udah kayak gini gimana helm fullface?? Bisa nggak berfungsi nih barang kebesaran gue.
Dalam hati berusaha keras menahan berbagai sumpah serapah yang memaksa keluar. Mulai dari kebun binatang sam kata-kata laen tuh udah di ujung lidah tapi gue berusaha sangat nahan biar nggak keucap. Biar usaha gue udah keras, tetep aja ada satu kata yang berhasil lolos dari pertahanan dan gue berucap.
‘Taik lo, Dek!’ sambil megangin anu gue yang masih nyut-nyutan. Gue berusaha berjalan masuk ke rumah.
‘udah, ngalah sama adeknya… jangan berantem.’ Oom gue berusaha menengahi.
‘tapi sakit tau, Oom!’ gue nggak terima gitu. Ya iyalah… siapa juga yang terima disambit helm dengan cara yang tidak gentleman sekali. Saat gue lengah!
Walaupun Mbak dan Oom memperketat pertahanan menjaga Adek gue, toh tangan gue juga lebih gesit untuk menggeplak pala Adek gue. Nggak keras tapi telak. Adek gue sampe nangis gitu. Hehehe
‘udah… masuk
Gue turutin tuh walopun sebenernya yang gue pengen bukan ngegeplak tapi ngegaplok! Tapi nggak mungkin juga karna kalo gue ngegaplok Adek gue berarti lawan gue selanjutnya tuh Ayah-Bunda gue. Maklum… Yang namanya anak bontot pasti dibelain mulu. Kakaknya mah bagian ngalah.
Akhirnya yang jadi sasaran gue ya tembok rumah.
JEDUK! Kepalan tangan gue menghujam tembok. Sebenernya dulu gue sering banget nonjok tembok kalo lagi kesel ma keluarga gue, sobat-sobat gue –pokoknya sama orang-orang yang nggak sampe hati gue tonjok walopun sebenernya gue pengen banget nonjok!- tapi terakhir kali gue lakuin tuh sekitar kelas 2 SMA jadi hampir 3 tahun berikutnya gue nggak pernah macem-macem sama tangan gue dan tembok. Saat itu gue nggakpernah ngerasaain sakitnya karena itu gue anggap sebagai cara untuk buat gue lupa kalo gue marah. Pernah jaman SMP, kulit jari gue sampai terkelupas dan tulangnya kayak retak gitu tapi toh akhirnya baek lagi.
Gue pun mendinginkan kepala dengan kembali OL sambil nonton TV. Selama itu otak gue juga berpikir. Salah nggak ya gue bales ngegeplak Adek gue??? Gue bukan tipikal orang yang meledak-ledak. Bukannya mau narsis tapi bisa dibilang gue memiliki ketenangan yang sangat baik. Gue nggak gampang kepancing dengan suatu hal yang biasanya membuat orang marah.
Akhirnya gue berkesimpulan kalo gue terpancing. Huff… gue nyesel juga sih ngegeplak Adek gue yang berakibat selama beberapa saat kita diem-dieman. Hehehe… Tapi namanya juga sodara kandung kali ya… Seberapa besar masalahnya kayaknya cepet baekannya. Mau gue ribut sama Adek, sama Nduty pasti nggak sampe berhari-hari udah ketawa-tawa lagi. Gue jadi bingung sama mereka yang sering ribut lama-lama antar keluarga gitu. Emangnya enak ya??
Terlepas dariapakan gue udah dewasa atau belum paling nggak kejadian itu di awal tahun –secara tuh kejadiannya di hari kedua Januari 2009- itu cukup bikin kotor rencana perubahan gue. Tapi mau gimana lagi?! Sampai hari ini gue belom teken kontrak atau bisa dibilang gue belom bikin daftar resolusi jadi kelakuan gue masih semrawut gitu. Hahaha
‘Berantem sama anak kecil?? Kalah malu, menang nggak bangga’
Itu yang gue rasain pas berantem sama adek gue…
Pisss…..
No comments:
Post a Comment