Friday, January 30, 2009

Penyerahanku…

Penyerahanku…

Ada di saat aku tak berdiri di atas egoku

Penyerahanku…

Ada di saat aku diam dari segala retorika penuh omong kosong

Penyerahanku…

Ada di saat aku tak berdaya atas muslihat sebuah konstitusi

Penyerahanku…

Ada di saat aku tak menemukan kunci bagi gembokku

Penyerahanku…

Ada di saat aku meniti langkah dalam bimbang

Penyerahanku…

Ada di saat ketidakstabilan menguasai kepalaku

Penyerahanku…

Ada di saat aku mengalah demi kesepakatan yang salah

Penyerahanku…

Ada di saat tangisku pecah di ujung harapanku

Penyerahanku…

Ada di saat aku tak tak lagi mengenal diriku

CURCOL

Pernah nggak sih lo ngerasa blank… Bener-bener ngerasa kosong sampe lo nggak tau apa yang sebenernya lagi lo alami?? Atau ada satu kejadan simpel tapi buat mood lo kacau dalam sekejap??

Dalam hitungan minggu, gue bakal jadi mahasiswi semester empat. Gue mencoba mereview apa aja yang udah gue lakuin selama 6 bulan yang lalu…

Awal semester tiga, gue mulai dengan absen hampir dua minggu gara-gara gue masuk rumah sakit. Berlanjut dengan segala ketakutan gue dengan beberapa mata kuliah dikarenakan gue-nya aja parno dan nggak dapet KLIK dengan dosennya. Gue sempet minder di kelas karena gue cukup tertinggal dibanding temen-temen gue yang laen. Emang kadang gue suka berlebihan dah!

Nggak sampe sebulan sejak kejadian terkaparnya gue di RS, gue dapet kesempatan gabung dengan CPA. Dalam hitungan hari gue dapet temen-temen baru, mentor-mentor dan kaki tangan KPK dah. Lumayan buat gue belajar dan menahan kekritisan gue yang akhir-akhir ini buat gue ngerasa makin banyak punya musuh. Hehehe... Dan CPA menjadi awal kesibukan gue. Gue dipercaya menjadi Bendahara CPA –jujur… berat banget megang tanggung jawab ini… secara gue juga masih labil untuk urusan kejujuran…- dan gue selalu berusaha menjaga amanah ini sebaik-baiknya. Terbukti pengeluaran dan pemasukan nggak berkurang serupiah pun. Uhuy!!

Nggak sampe sebulan dari ajangnya CPA, gue bergabung dengan TC (Trainners Community). Jadi anak baru di TC buat gue cukup menariklah... Pertama, member TC hanya anak-anak Psikologi. Kedua, angkatan gue nggak sampe 10 biji –kayaknya- yang jadi anak TC. Kalo nggak salah baru Amel, Nuran, Dyah, Arky, gue, Janu, Rara, Anya, Winda –seeenggaknya baru itu muka-muka angkatan gue yang sering muncul di TC. Hehehe-. Ketiga, … nggak disangka-sangka… belom genap 3 bulan jadi anak TC, gue diamanahkan jadi Sekretaris TC periode 2008-2009. Sama aja kayak di CPA, Amanah ini Insya Allah akan gue lakukan dengan sepenuh hati juga. Untuk itu gue butuh banyak tangan.

Di hari-hari berikutnya pun terlalu banyak momen-momen nggak terlupakan yang gue lakuin bareng temen-temen gue…

Power Rangers… Kayaknya 6 bulan ini memang penuh mimpi ya… Semoga aja bakal jadi mimpi yang sempurna… Kebersamaan terakhir tanggal 3 Oktober itu cukup kok buat cadangan energi satu tahun ke depan. Gue percaya segala macem masalah kita ya… itu sebatas ngajak kita maen roller coaster aja. Kita udah pernah ngalamin empat tahun full masalah dan kita bisa ngelewatin itu kan??? Gue rasa jarak dan kesibukan kali ini pun nggak lebih dari sekedar ajang persembahan kita untuk tanggal yang tahun lalu ternyata terlupakan. Hehehe… Hampir delapan tahun kita saling kenal dan semoga itu cukup buat kita saling percaya satu sama lain. Jangan bikin luka baru lagi… Kita sekarang bukan kita lima tahun lalu… Kita sedang belajar DEWASA! Hahay…

Glatto.. Duhh… yang ini lagi! Gue udah nggak tau lagi deh. Dari sekian banyak acara Glatto yang udah terealisasi, gue hanya ikut dalam dua acara. Pertama Saur On The Road dan yang kedua nobar Twilight di PH. Setelah itu gue sama sekali nggak nampakin diri. Mulai dari hunting makanan, ke 42, taon baruan dll. Duhh… kalo dijabarin, gue paham banget dah kalo emang gue yang patut dipersalahkan dalam hal ini. Tapi mereka nggak pernah ngelakuin itu. Mereka ngerti banget apa alasan mendasar gue kayak gitu. Maaf… maaf… maaaf… Gue bener-bener bersyukur punya kalian…

RRG… apaan ya??? BUBAR RRG kali ya… abis itu nggak banyak sih yang kita lakuin bareng. Paling kalo berhubungan sama RRG yang gue inget tuh gue keluar masuk tempat sablon, hunting kaos putih, komplain sana-sini karena hasil sablon di luar dugaan (baca: hampir GATOT!). Hal terakhir yang kita lakuin bareng ya… ngerencanain piknik selanjutnya plus ngasih baju sablonan. Selain itu paling sama anak-anak RRG yang di kelas aja. Yaaaa… begitulah… Maybewall vs glass

B’d1… Hahay… Saat ini mungkin baru di sini gue ngerasa bener-bener nggak bermasalah. Nggak tau kenapa di sini gue ketemu banyak badut yang buat gue nggak berenti ketawa. Dibilang nggak ada masalah sama sekali sih nggak tapi masalah yang ada di sini bisa dibilang printil-printil dan nggak serumit di tempat yang laen. Salut banget buat mereka yang selalu punya banyak bahan buat dijadiin ketawa. Salut buat mereka yang selalu kritis terhadap hal-hal yang memang harus dikritisi. Salut buat mereka yang lambat laun buat gue belajar dewasa. Satu semester yang seru… mulai dari diskusi ngalor ngidul yang selalu bermakna, belajar bareng, debat bareng, UTS bareng, UAS bareng, ngerjain tugas bareng, ngerasain matahari terbenam di kampus bareng, rapat jaket bareng, foto-foto bareng, semuanya bareng… Tapi ke toilet nggak bareng! Hahaha

Satu lagi… permintaan temen-temen SMP gue untuk reuni cukup menyita pikiran gue juga… Hiks… Gue juga kangen ama mereka semua!!!!

Heran dah gue… ngapain juga ya gue nulis-nulis kayak tadi?? Kayaknya udah terlalu sering dah gue ngebahas mereka itu. Kayak nggak ada bahasan laen yang lebih bagus aja ya???

Missing..

Gue nggak sadar sejak kapan gue ngerasain itu. Lagi…

Sekuat tenaga gue berusaha ngilangin perasaan itu tapi nggak bisa… Sekeras mungkin gue memohon sama diri gue untuk nggak ngerasa seperti itu tapi nggak bisa… Semua udah terlanjur terjadi. Mungkin semua yang baca juga bakal bingung. Tapi ada satu potongan waktu yang terpaksa harus gue simpan dulu. Yang belum bisa gue publish dan buat semua tampak seperti tak beraturan.

Akhir-akhir ini gue ngerasa hubungan gue sama sarang-sarang gue merenggang. Gue nggak tau apa yang salah di sini dan gue menganggap, ’kesalahan ada pada gue’. Mungkin guenya aja yang lagi aneh. Mungkin guenya yang terlalu terpaku dengan tugas-tugas gue. Mungkin guenya yang belum bisa membagi apa yang –menurut gue- memang nggak boleh dibagi. Mungkin guenya aja yang belum sepenuhnya bisa memahami apa yang sedang terjadi. Mungkin guenya aja…

Gue nggak menuntut apa-apa dari mereka yang gue anggap sedang bermasalah sama gue. Mereka aja belom tentu menganggap hal yang sama kayak gue. Tapi yang paling gue sadari, emang ada beberapa hal yang buat gue bete akhir-akhir ini.

Pertama, gue belom dapet bukti-bukti atas hal-hal yang gue anggap salah dan menjadikannya benar-banar salah. Hehehe… Rada maksa sih… Tapi gue percaya feeling gue tuh 90% bener. Kalo gue udah nggak suka sama sesuatu. Pastinya gue punya alasan kuat kenapa gue nggak suka. Kan nggak mungkin ujug-ujug gue nggak suka tanpa alasan yang nggak jelas gitu.

Kedua, gue ngerasanya, gue bisa nyelesein SEMUA tugas-tugas gue dengan baek dan lancar tapi kenyataannya ada aja printil-printil yang nggak sengaja tertinggal. Bisa dibilang gue bermasalah dengan sistem pengerjaan tugas-tugas gue. Gue miss communication gitu sama tugas-tugas gue. Hehehe

Ketiga, komunikasi itu penting dan saat ini komunikasi nggak berjalan dengan semestinya. Salah gue juga kenapa nggak menjelaskan secara gambalang dan terlalu banyak pertimbangan. Tapi apa mau dikata kalo ternyata gue emang lebih banyak memberikan waktu daripada bersikap tanpa pikir panjang.

Keempat, gue bingung mau ngapain untuk ngisi liburan ini. Semua mendadak nggak jelas. Tadinya gue mau nyelesein cerita-cerita yang gue tinggal hampir 3 bulan ini, tadinya gue berniah ngabisin satu bulan dengan dua judul baru yang sebenernya masih di awang-awang, tadinya gue berniat baca buku-buku yang baru gue beli. Gue bahkan heran saat gue menghabiskan novel Aerial-nya Sitta Karina dalam waktu lima hari! Padahal biasanya paling lama gue ngabisin novel Sitta tuh dua hari satu malem full tanpa jeda! Itu deh niat-niat mulia -huek!- gue dan kenyataannya GUE NGGAK PUNYA MINAT! Parah!!! Padahal itu adalah hal-hal yang biasanya dan belom pernah NGGAK yang bisa meningkatkan minat dan gairah gue terhadap sesuatu. Ada apa dengan gue??? Lo harus cepet dapet jawabannya, Ish!

Kelima… Ini masalah yang paling simpel tapi juga paling buat gue bete dan kelabakan. GUE NGGAK KUAT BEGADANG! Gue baru nyadar ini terjadi setelah gue keluar RS. Gue nggak pernah bisa melek sampe subuh. Pasca gue sakit belum sekali pun gue berhasil ngelakuin itu. Paling mentok setengah 3 pagi dan itu juga setengah sadar. Gue nggak tau ada apa tapi kalo udah nyentuh jam 11 rasanya kayak ada yang maksa gue buat tidur. Sekalipun waktu itu gue lagi belajar, bawaan gue pasti ngantuk. Gue tuh kayak kehilangan gue…

Berusaha tetap berdiri dengan kaki gue sendiri…

Berusaha tetap tertawa walaupun gue udah nggak mampu ketawa…

Berusaha tetap membuaka mata meski sebenarnya gue udah muak melihat semuanya…

I’ll try to believe you, but… I don’t!

Monday, January 26, 2009

Tembok Vs Kaca

Bingung deh harus mulai ngebahas hal ini dari mana. Mungkin bisa gue mulai dari definisi masing-masing kata tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, TEMBOK diartikan dengan dinding tebal dari batu-batu, sedangkan KACA diartikan sebagai benda bening keras dan mudah pecah. Ditelaah dari definisinya aja dapat disimpulkan apa yang terjadi kalo kita lagi berhadapan dengan tembok atau kaca. Kalo kita berhadapan dengan tembok -kalo tuh tembok nggak bolong-, dapat dipastikan kita nggak bisa ngeliat dan nggak bisa menyentuh apa yang ada di seberang tembok. Dan kalo kita berhadapan dengan kaca –gue lebih mengartikan ini sebagai kaca bening bukan kaca rias-, kita bisa ngeliat apa yang ada di seberang kaca tapi kita nggak bisa menyentuhnya.

Dalam sebuah hubungan –mau itu hubungan keluarga, pacar sampe temenan tapi sekarang gue lebih menekankan pada hubungan gue dengan sarang-sarang gue-, pasti pernah ngalamin hubungan tembok vs kaca itu. Dan sepertinya saat ini gue sedang mengalami satu fase antara tembok dan kaca.

Hubungan seperti tembok itu dapat diartikan sebagai sebuah hubungan dekat namun dibatasi oleh jarak sehingga kita nggak bisa terus ngeliat objek yang berhubungan dengan kita. Yaaaa… Bisa dibilang kayak hubungan gue sama Ica –sepupu gue yang kuliah di Jogja, atau hubungan gue dengan sepupu-sepupu gue di Bali-, gue dengan Power Rangers, Glatto dan ex-ex gue yang jarang banget ketemu. Hubungan seperti ini buat gue sangat wajar. Kita nggak bisa melihat maupun menyentuh terlalu dalam karena memang ada batas. Ada jarak dan itu adalah hal yang nyata.

Sedangkan hubungan seperti kaca… Sebuah hubungan dimana lo bisa ngeliat objek lo itu hampir setiap hari, tapi pada kenyataannya tetep aja ada batas sekalipun batas itu rasanya tipis. Lo nggak bisa ngerti lagi apa, kenapa, bagaimana tentang dia yang sebelumnya mungkin cukup lo mengerti dan memahami. Nyesek banget nggak sih lo jarak hanya terpisah semeter tapi berasa ada batas yang justru lebih jauh dari satu meter yang misahin padahal nyatanya memang hanya semeter –dan itu hanya lo dan dia aja yang ngerti kenapa jadinya kayak gini!-?! Tuh kan belibet dah gue ngejabarinnya.

Terkadang hubungan tembok itu masih mendapat komunikasi dua arah dan menyesalnya yang sering terjadi pada hubungan kaca adalah hubungan yang udah kayak topeng. Menganggap seperti tidak ada apa-apa padahal kenyataannya ada kesalahan di sana. Gue sendiri bingung harus menjabarkan seperti apa hubungan kaca yang jelas-jelas menyakiti perlahan.

Pernah nggak sih, lo yang biasanya deket sama seseorang –mau itu keluarga, pacar sampe temen-, sekarang sih hubungan lo dan dia masih bisa dibilang tetep deket tapi ada yang ganjel. Ada something yang buat lo ngerasa nggak klik yang biasanya nggak pernah ada dalam hubungan itu. Something yang buat lo dan dia yang biasanya nggak pernah keabisan bahan omongan mendadak diem, kaku, canggung karena di dalem kepala lo yang ada hanya satu ‘gue bakal salah ngomong nggak ya???-. Something yang sebenernya lo tau itu apa tapi nggak bisa lo utarakan karena banyak faktor X, Y, Z, yang buat lo maju mundur untuk ngomong. Dan lo yakin sebenernya dia –orang yang selama ini deket sama lo- tau lo kenapa dan apa yang membuat kalian merasa ada yang salah di sini. Sekalipun itu adalah hal yang sangat-sangat sepele dan nggak penting, tapi kalo efeknya buat gue nggak nyaman – apalagi kalo menyangkut prinsip, itu warning dan yang harus gue lakukan itu terus maju atau mundur atas penyelesaian masalah yang gue anggap amat sangat sepele namun berefek besar.

Gue, sebagai orang yang saat ini –lebih dominan- bergerak dalam hubungan kaca punya alasan kenapa gue nggak bisa untuk mengutarakan (baca: ngejudge).

Alasan pertama, gue nggak pengen bikin pertempuran hati. Terlepas dari apa yang gue anggap salah itu dianggap salah atau nggak juga sama dia. Gue nggak mau bikin masalah baru. Sebulan belakangan yang terjadi hanya sebatas cukup tau tanpa komunikasi ke arah situ. Alasan kedua, apa yang terbaik buat gue belom tentu terbaik buat dia dan yang terbaik buat dia juga belom tentu baik buat gue. Sekarang yang terjadi mungkin hanya perbedaan letak. Kalo dulu sejalan, satu perahu dan lain sebagainya yang menggambarkan satu misi-visi, yang terjadi sekarang justru berseberangan dan berada di perahu yang berbeda. Gue tau alasannya apa dan gue menerima alasan tsb dengan dua konsekuensi baik-buruk, walaupun dalam analisis gue banyak buruknya –kalo dalam analisis dia nggak kayak gitu ya itu konsekuensi. Tiap orang kan beda jalan pemikirannya-. Dan itu yang membuat gue berpikir untuk meredam ego gue dan membiarkan semua tetap berjalan dengan semestinya. Alasan ketiga, prinsip. Gue nggak bisa bilang kita beda prinsip mengingat gue juga nggak tau prinsip dia apaan. Hehehe… Intinya kalo nggak mau diganggu ya jangan diganggu. Gue bukan orang yang suka ikut campur urusan orang kalo nggak dipaksa dan terpaksa. Gue bukan model Kiara di iklan Axis yang care terhadap segala sesuatu dan siap menolong 24 jam non stop! Untuk apa yang telah dan sedang terjadi sekarang ini, gue hanya akan menjadi penonton dan pemberi kritik dan saran kalo filmnya udah kelar diputer. Bisa jadi gue sedih karena ternyata filmnya happy ending dan bisa juga gue ngakak karena filmnya bad ending! Ini nih jeleknya gue kalo lagi nggak suka sama sesuatu. Segala hal yang berhubungan dengan sesuatu itu bisa aja gue jauhin. Tapi itu juga gue lakuin setelah gue nggak bisa dapet pemecahan yang lebih baik dari sekedar menjauh.

Mungkin dari tadi terkesan gue mengeluhkan sebuah hubungan kaca yang sedang terjadi sama gue. Gue hanya sebatas berbagi tentang keadaan kurang nyaman yang sedang gue hadapi sekarang ini. Tentang perbedaan yang sebenernya lumrah tapi membuat gerak psikis dan motorik gue sedikit kacau. Nggak banyak yang bisa dijadiin solusi selain mencoba mengerti dan memahami.

Jujur, yang paling berat dari semua ini adalah saat harus tetap berdiri dan menganggap semuanya masih baek-baek aja. Jalani aja… kalo pun di tengah perjalanan gue di beri hak veto untuk memotong jalan… Itu yang akan gue lakuin…

*Gue berasa cengeng banget nulis tulisan kayak beginian. But, thanks buat Bem yang udah telepon gue dan bahas tembok vs kaca ini. Gue nggak tau dan nggak bisa memastikan kapan kacanya bakalan pecah, tapi kalo udah waktunya pasti bakal pecah kok.. Hehehe

Huff...

Kaca itu semakin menebal…

Menjauhkanku dari harapan pasti yang dipaksa mati

Memudarkan pandanganku dari geliat tangan yang berteriak di telingaku

Aku semakin tidak mengerti

Apa yang membuatnya semakin menyulitkanku untuk menggapai sesuatu yang ingin ku ketahui

Aku mencoba percaya…

Percaya pada sesuatu yang sebenarnya belum ku ketahui pasti penyebabnya

Percaya dengan separuh hati yang entah melanglang kemana…

Aku mencoba memahami…

Memahami isi hati dari mereka yang ku anggap berkoalisi…

Memahami janji dari sisi mati yang belum terkuak dini

Namun yang ku rasa hanya kesesakan yang bersemayam di sini

Sakit… Karena dikhianati…

Oleh mereka yang dielukan sebagai pemimpin sejati

Aku benci konstitusi….

Aku benci birokrasi yang berakhir dengan saling tuding dan menghakimi…

Hingga akhirnya aku tak tahu apa yang paling mendominasi…

Sebenernya Gag Penting Untuk Gue Ceritain

Kamis, 08 Januari 2009 ini gue memulai hari gue dari jam 02.00. Gue keasyikan baca Harpot2 –padahal gue udah namatin Harpot7 dan gue udah nonton sampe Harpot5 tapi tetep aja berasa kurang kalo gue langsung lompat baca Harpot 6 dan 7 tanpa baca 1-5. Hahaha-. Nggak lama gue malah terlelap dengan lampu kamar yang lupa gue matiin kayak malem sebelomnya. Bangun-bangun udah setengah sepuluh pagi aja dan gue –yang lagi ‘kedatengan tamu’- langsung ke kamar mandi buat bersih-bersih terus ngejogrog di depan TV. Gue nonton tapi pikiran gue kemana-mana sama kayak planning gue hari ini yang memang mengharuskan gue kemana-mana. Secara lagi ‘kedatengan tamu’ dan cuaca rada mendung, bikin gue males keluar rumah. Tapi… Nggak mungkin gue nggak keluar mengingat apa yang harus gue lakuin hari ini tuh PENTING dan udah mendekati DEADLINE!!

Ya udah deh… gue singkirin jauh-jauh malesnya dan bergegas mandi. Abis itu gue SMS temen gue nanyain tepatnya alamat yang harus gue tuju itu. Dan nggak lama gue langsung cabz nyari Kopaja 57 ke Dibo di daerah Kalibata. Apa itu Dibo dan untuk apa gue kesana, kayaknya belom waktunya gue ceritain mengingat ini tuh misi rahasia. Hahaha… Tapi gue yakin orang-orang yang kompeten dan sering berurusan dengan hal yang berbau seni –salah satunya- dll –salah duanya-, pasti tau Dibo itu tempat apaan. Yang pasti bukan nama laen pisang goreng *apaan sih lo, Ish?!*. Sepanjang perjalanan menuju Dibo, gue ngeliat beberapa tempat serupa Dibo yang juga melayani fasilitas seperti yang Dibo tawarkan. Di dalam kepala gue mulai memproses ulang apa yang harus gue lakuin selanjutnya –setelah gue ke Dibo tentunya-, dan gue yakin kalo gue harus ngedatengin tempat-tempat tersebut untuk memuaskan rasa ingin tahu gue. HARUS!

Nggak sampe setengah jam perjalanan gue udah sampe di Dibo. Gue tanya ini-itu dah sama pentolannya dan jujur aja, gue nggak puas dengan apa yang gue dapet di Dibo –secara yang gue dapet nomor telepon Dibo doang-. Nggak sampe 10 menit gue di Dibo –yang berarti waktu perjalanan gue ke Dibo jauh lebih lama dibandingin gue ngendon di dalem Dibo itu sendiri. Nggak lama ngaso sambol minum EsTee gue cabz kembali ke pertigaan antara jalan Dewi Sartika dan arah Kalibata untuk mendatangi satu per satu tempat yang serupa dengan Dibo.

Kurang lebih satu setengah jam kemudian…

Gue menghela napas panjang setelah menyadari apa yang gue dapet selama satu setengah jam berada di jalan Dewi Sartika yang mengarah ke PGC. Nggak terasa gue udah keluar masuk kurang lebih belasan tempat serupa Dibo dan mengumpulkan kurang lebih delapan buah kartu nama dan lima buah nomor telepon -karena beberapa tempat katanya kehabisan kartu nama gitu deh…-. Itu belom termasuk selama satu setengah jam gue dapet kuliah gratis tentang Grafika, bibir eh tenggorokan kering karena berulang kali menjelaskan maksud kedatengan gue ke tempat-tempat tersebut, debat gila-gilaan dengan mengatasnamakan ‘prinsip ekonomi’ dan yang terakhir kaki pegel karena nggak terasa gue udah sampe di PGC. Berarti lumayan juga ya gue jalan dari traffic light di pertigaan Kalibata-Dewi Sartika –tuh tempat nama singkatnya apaan sih? Gue rada pegel ngetik nama tempat pertigaan Kalibata-Dewi Sartika!- sampai ke PGC. Yang paling berasa bukan capek fisik tapi psikis nih! Gue terpaksa merubah beberapa konsep demi membangun si ‘prinsip ekonomi’ itu.

Harusnya gue bisa aja langsung balik ke rumah dan merenggangkan kaki gue. Tapi nggak tau kenapa kaki gue melangkah di pinggiran jalan sepanjang jaan Raya Bogor dan baru berenti di sekitar rumah makan Mekar buat beli senar 4 dan 6 buat Allegro gue dan berlanjut beli isi pensil dan stabilo –dua-duanya merk Faber Castle *nggak penting banget tuh bahasan! Hahaha*- yang berada di toko sebelah toko tempat gue beli senar.

Setelah itu perjalanan gue pun berlanjut dengan berbelok ke arah RS. Polri. Di kepala gue hanya satu hal yang gue pikirin… GUE BUTUH POP ICE!! Langsung aja gue ke tempat abang pop ice yang biasa gue beli bareng si Adhut. Tapi-tapi… kayaknya gue emang laper mata dan nyempetin ngeborong popcorn di depan SD. Hahaha

Nggak perlu lama-lama –dengan sedikit obrolan ringan dengan abang penjualnya-, pop ice vanilla late udah dalam genggaman gue. Slruuuuppp… Seger banget!! Kali ini si Abang nggak pake ager-ager kayak kemarenan tapi udah ganti jelly! Bagus dah! Abangnya makin pinter aja dah!

Da kurang dari 10 menit gue udah rebahan d kamar dan saat itu gue baru sadar kalo ternyata gue udah jalan di sepanjang jalan Dewi Sartika sampai jalan Raya Bogor! Pantes aja nih kaki gue pada ngilu!

Haduuuu… Nggak papa dah badan gue remuk redam gini yang penting gue butuh doanya supaya yang gue lakuin hari itu berjalan lancar dan sukses!! Amin…

Sekali lagi...

Kita adalah...

Anak cucu Adam yang dipertemukanNya dalam sebuah masa tanpa perjanjian

Yang tak pernah ada akhir hanya ada awal

Yang diberi kuasa atas waktu, cinta, realita, dan mahadaya

Lima unsur dari pencarian, keikhlasan dan ketakutan di bumiNya

Jauh di atas mimpi dunia yang teringkari oleh rasa benci dan ingin memiliki

Rangkaian hari yang terperosok dalam satu mimpi kehidupan

Tak disengaja

Walaupun aku tak mau, Engkau meletakkan semuanya tepat di dalam jiwaku

Di dalam jiwaku yang terdalam...

Sebuah Kisah Klasik

Kisah yang Klasik...

Akhirnya aku sadar...

Tak ada kuasa mutlak terberi atas waktu, cinta, realita, dan mahadaya

Tak lagi berdiri kala denting berhenti

Di dunia ini ada hubungan yang harus diselamatkan dan ada hubungan yang harus dilepaskan

Ada juga hubungan yang tidak memiliki arti apa-apa sejak semula

Dan proses menakjubkan yang berlangsung diantara manusia itu pun mentah dalam sekejap

Merasuk hentak peradaban pembuat mimpi-mimpi menguap

Aku tak akan menatap! Apalagi meratap!

Aku belum kalah!!!

Aku mencoba kembali berjalan

Merogoh lagi kantong waktu yang sempat terbuang

Aku ingin memungutnya!!

Memungutnya sekali lagi...

Namun tak kutemukan

This is a moment… This is the Time of My Life

Bertahanlah bersama orang-orang yang baik untukmu, yang menghargai perasaanmu, dan peduli padamu

Seseorang yang tidak memahamimu tidak pantas untuk kau kenang

27 Mei 2008

Tuesday, January 6, 2009

Di Balik Tanggal 01 Februari 2008

Hari ini hari Jum’at… Hari ini ada yang ultah… Beberapa temen2 gW juga ultah…

Hari ini gW bWt gebrakan baru dalam iduph gW… aisH, Iyan&Adhut mLai jd naQ gokiL!hehehe… Gak gokil juga c… gW aja yang agak2 noRse binti lebai too much coZ ne pertama kali gW lakuin seumur hidup gW. Ngelamar kerja!

Qt hunting keRjaan selama libuRan. Lumayan kale’ kalo sebulan semesteran ini gW gawe pa gY mpe dapet gaji dollar. Amiin…

Dmulai dari pagi, gW bangun jam 5 tRuz mandi, sholat dll. Gak lupa SMS chilfi yg hari ne ultah. Sebenernya da lagi tmen SMA gW yang ultah tapi gW gtw no hp-nya. So, doa aja deh yang terpanjat biar smWanya baek2 ja. Abiz tu gW bobok gY mpe set 7. Kebiasaan SMA gW muncul lagi! KebetuLan Qta bertiga janjian kumpul dhoZ gW. Bagusnya rumah Qt bertiga deketan.

Oh iya, Iyan&Adhut ne udah jadi temen gW dari SMP. Selama 3 tahun gW skul di VgHo selalu ada dua makhluk gelap itu di belakang atW samping bangku gW. Hahaha… Qt ber3 selalu sekelas dan selama dua tahun absen Qta berurutan Adrian Darmawan, Agus Kurniawan, Aisyah Ning Asih.

Udah jam 7 tapi dua makhluk hidup itu masih belom terlihat batang idungnya. Pagi ini masih ujan kayak semalem. Sebenrnya agak males c bWat nyerahin CV dan berbagai teman-temannya. Tapi ya udahlah, tanggung biar nyebur sekalian. Toh gak sedikit pulsa gW yang uda kebuang untuk tanya ini-itu sama CP Personalia. Tadi Iyan sempet SMS tanya gW dah siap atW bLom& dy mW sarapan dulu truZ c Adhut jg tanya Iyan dah nyampe bLom. Berhubung gW gY miskin pulsa gak gW bales dah tu smWa SMS. Sambil nunggu mereka gW nonton Go Spot&infotainment lainnya.

Dan karena ujan itulah maka akhirnya waktu kumpul Qt molor sampe set 8. Dan harap diketahui… c Adhut yang pertama kali muncul di rmah gW langsung ngakak ngeliat gW. Wajar kale’ secara pagi ne gW gak kayak gW yang biasa jalan ma dy –pake Tshirt, jeans, kets, Fladeo atW Converse, jaket+topi dengan kalung dan gelang etnik juga jadi- gW keluar dengan stelan celana bahan item, kemeja biru garis-garis putih-kuning, jam tangan Levis baby blue, spokat putih yang lumayan cewek –untung gW gak pake highheels gW. Bisa makin ngakak tu bocah!- plus blazer item. Jauh banget sama gaya casual and sporty gW. Gak papa deh, rela gW hanya untuk hari ini. Gak nyampe dua menit Iyan juga nyampe hoz gW.

Biasalah… hare gene ngaret tuh budaya –sebenernya gW gak suka ma jam karet- but apa boleh buat. Situasi kondisi toleransi pandangan dan jangkauan –JGN DSINGKAT!- buat jam karet ada dimana-mana. Waktu jam gW yang lebih 10 menit udah menunjukkan pukul 07.50

Hwaaaa....! Pagimane nih??? Tuluuuung… Tuluuuung…

gW janjian sama pihak personalia interview jam set 9, mentok2 jam 9. Tapi jam set 8 aja masih ngejogrog di rumah and gW juga gak tW tuh dmna gedung BNI ’46 yang ada di Sudirman –maklum aja deh gW jarang ngayap mpe ke tempat2 kayak gTu. Keseringan ke UKI-Ciputat, Halim-Pondok Gede, Cililitan-PinangRanti, Cililitan-Slipi, Halim-Buaran-WalKot JakTim, sekitar TMII, Cililitan-BlokM, Halim-Xbata, Ancol, Halim-Plangi, Halim-Senayan, Halim-PI pokoknya gW jarang dah ke daerah yang penuh gedung kayak Sudirman.

Udah gitu masalah nggak berenti sampe di situ! Surat lamaran kerja gW ma Iyan ada kesalahan gY. Penomorannya gak berez! Bukannya 1,2,3 malah 4,5,6,..9. Otomatis mau gak mau suka gak suka seneng gak seneng gW terpaksa buka komputer lagi deh bWt ngeprint ulang. Kalo gak menyangkut masa depan dan inget pulsa yang uda kebuang ogah banget dah gW ngelakuin pekerjaan gratakan nan terburu-buru ini.

Alhamdulillah, nggak nyampe 5 menit smWa uda beres! Maklum yang ngerjain cerdas, pandai, baik hati dan tidak sombong juga rajin menabung. Hehehe... Buru2 gW tutup tuh komputer tRuZ nemuin dua makhluk itu di teras rumah gW.

Akhirnya tepat pukul 08.00 perjalanan penuh perjuangan ini dimulai.

Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera…. Bersama teman bertualang… tuh lagu mungkin cocok jadi backsound gW pagi hari ini. Hahahaaha… Lebay…!!!!!

Ujan yang makin deres buat banyak jalan tergenang and spokat gW&adhut jadi kerembes air mpe dalem. C Iyan c enak ja wong dia pake sandal! Buset! Ne belom nyampe tempat interview!!!!! Tapi dah banyak bencana aja yak??!! Sabodo teuing! Qt bertiga tetap berjalan menuju halte busway di depan PGC. SEMANGAT!!!

Semenit… Dua menit… Sampe setengah jam berlalu tapi bus trans Jakarta itu belom nongol juga! Dan halte kotak silver ini makin penuh and puanas aja saking banyaknya calon menumpang yang akan menumpang masuk ke dalam bus yang mengangkut penumpang max. 85 ekor ini. Oh iya, bkannya gue udik binti sombong bin kampungan ya… Ne pertama kalinya gW nyobain yang namanya busway! –Ya Allah… Busway dah dari kapan tau juga!!-

So… Maklum aja deh kalo ada prasaan yang gimana gitu. Sebenernya c lebih kpd rasa deg2n di hatiku kala kulihat… eits maksud gW deg2n karna bentar lagi jam digital baby blue gW nyentuh ke pukul 08.30. Alamaaaak!!! Jgn mpe dah gW memberi citra buruk meski belom tentu jg gW ketrima. Belom ada judulnya ne seorang Aisyah Ning Asih ngeret dalam peristiwa2 penting! Kalo bWt temen gW yang doyan ngaret c nggak masalah gW ikutan ngaret. Piss…

Hufff…. Dari kejauhan akhirnya bus oranye tuh muncul juga. Feeling gW ne bus tuh kena macet di Ps. Kramat Jati. Gak heran tapi tetep bukan hal yang harus bWt gW maklum. Tuh tempat emang biang bibit-bebet-bobotnya macet! Begitu pintu halte kebuka, seluruh manusia merangsak maju. Pelan2 gW ikutan maju sambil mata gW terus ngeliat ke bawah. Kan gak lucu kalo di pengalaman pertama gW naek busway gW jatoh ke sela2 pintu busway&pintu halte. Bisa malu 7 turunan dah! Apa nanti kata anak-cucu gW??!! Gak keren amat!

Woww!!! Akhirnya... gW ngerasain juga berada di dalam perut angkutan masyarakat Jakarta yang buat gW pribadi sempat menciptakan citra buruk –trutama bWt gW-.

Lo bayangin aja...!!!

gW kuL di fak. Psychology UIN Syahid Ciputat yang lo harus tau, hampir tiap harinya jalur gW –mau naek Primajasa, Tunggal Daya&Mayasari plus angkot D01 atW 02 suka2 gW–itu ngelewatin Cilandak, Fatmawati and yang biasanya paling macet di belokan ke TK Adhyaksa blom gy ntar di Ps. Jumat. Tu tempat kalo gW telat dikit aja ngejar bus kloter pertama atau kedua, langsung serasa berada di tempat antrean minyak tanah. Udah panjang, lama, blom tentu dapet gY… bener-bener deh. gW gak heran kenapa masyarakat ibukota banyak melakukan penyimpangan moral.

Nah, beberapa waktu yang lalu di Lebak Bulus sonoan dikit –Ps. Jumat- dibangunlah jalan yang katanya nantinya bakal akan jadi jalur busway. Yaudah... Tadinya gW gak pernah ngebayangin gW bakalan tertimpa bencana macet. Tapi apa daya... Yang bisa gW lakuin hanya ikhlas menerima segala kemacetan plus rasa deg2n yang ampir tiap hari menggelayuti sanubari gW sbg mahasiswa yang gak suka cabut apalagi membolos. gW gak pernah mW masuk kelas telat kecuali mata kul filsafat. gW ogah disuruh maju baca ringkasan materi gW. gW males baca tulisan tangan gW. Itu mah bWat gW eneg seharian. hehehe...

Sekali lagi maklum aja deh, TK&SD gue sempet di Bali yang insya Allah sampe saat ini gak pernah macet separah dan sekoma Jakarta. Paling yang sering jalanan ditutup karena ada Ngaben atau upacara adat apa kaden. Tapi itu gak masalah, terus berlanjut kelas 4 SD gW pindah ke Jakarta dan itu juga gak pernah macet coz jarak rumah sama SD gW gak nyampe 500m alias jalan kaki atau ngesot juga nyampe. Berlanjut pas SMP, walaupn gak jauh, toh jalan kaki bareng ‘Qt’ –Orang2ne masih jadi salah satu anugerah terindah yang pernah kumiliki ada ataupun nggak ada lagi chemistry di antara Qt- malah amat sangat menyenangkan. Begitu SMA, gW emang kudu pake angkot Trans Jakarta lain yang berbentuk kotak berwarna biru telor asin beroda 4 bernama berjudul bergelar Trans Halim jurusan Cililitan-Halim. Sempet sih beberapa kali tersendat. Tapi itu juga karna kedatengan tamu negara atau pejabat2 mmm… bisa juga karena pohon2 roboh kena ujan+angin ribut tahunan atau ada banjir di daerah Kamboja. Gak kayak sekarang!!!

Kembali ke laptop…

Busway berjalan tersendat, maklum lagi soalnya lewat UKI yang selalu macet setiap harinya. Lagian kapan juga Jakarta bebas macet kalo gak tengah malem –pengecualian malem pergantian taon-. Jarum jam uda menunjukkan pukul 08.45. gW mulai deg2 seerr… Dalam otak gW terus mikir harus ngebokis apaan ya byar gak dosa??? C Adhut terus ngecengin gW gY gara2 bentar lagi jam 9. Iyan&Adhut kan dapet jadwal interview jam 10 jadi mereka lebih tenang. Akhirnya ddlm busway gW ganti simcard dah bWat tlp tuh CP perusahaan yang mW gW datengin. Dari M3 ganti 3. Huuhhh... Padahal bLom ada 24 jam gW ngisi pulsa 3 tapi skarang tinggal 2ribu perak. Nasib...

Alhamdulillah, Untung maruntung dah... Allah masih dipihak gW. Rencana interview yang tadinya dijadwalkan jam9 bisa juga molor sampe jam11. Mas2 operatornya buaek hati tenan rek! Tararengkyu… Berikut petikan pembicaraan gW dan si Mas2 yang gak pernah gW tau sapa namanya.

“Hallo, slamat pagi, dengan PT. Blabla…” sapa gW. Dalam atu gW berdoa bYar gak kena labrak plus semprot kayak yang gW tonton di sinetron2.

“Iya, ada yang bisa saya bantu?” tanya si Mas.

“Ini Aisyah, Mas yang ada janji interview jam 9.”

“Oh iya, ibu Aisyah Ning Asih ya?”

“Iya, “ Dalam hati gW gak sreg. Nyentuh umur 19 aja blom udah dipanggil ibu. “Sekarang saya masih ada di Matraman, Mas. Bisa tolong diundur jadwal

wawancaranya, Mas? Sekitar jam 10-an?” Buset! gW blagu banget ya??? Yang butuh kerjaan siapa juga. Hehehe

“Ohh… Di Matraman ya??? Tidak bisa jam 10, Bu. Kalo mW jam11.”

Dalam hati gW… Oh, dengan senang hati sekali, Mas…

“Iya, saya akan sampai jam segitu. “ jawab gW meyakinkan, “Terima kasih. Selamat pagi.” gW udah bisa senyum2 kegirangan ne dalam busway.

“Sama2...” pembicaraan pun berakhir. Tak sampai satu menit. Pulsa gW masih ada ceng go. Yipie!!! Ntar gW masih bisa teleponan ke sesama 3. Horay... Horay...!!!

Dan gW beneran gak dapet dosa karna tanpa sadar gW udah sampe Matraman. Bertiga Qt buru2 ngelewatin jembatan untuk sampe ke halte busway berikutnya. Dari jauh kita uda bisa liat iring2an busway. Satu… Dua… Tiga… AHA!! Ada enam busway berjejer mungkin bahkan lebih saking panjang dan tak terlihatnya. Qt bertiga kegirangan dan berlarian seperti anak kecil! Padahal kita pake baju kerja lengkap. Hahaha…

Meski buswaynya alaihum gambreng banyaknya, tapi ini Senen… Masya Alloh… Muacet kali’!! Menunggu beberapa menit barulah Qt dapet kembali di dalam perut busway. Duhhh… Basahnya spokat gW bWt dingin bukan lagi semriwing tapi dingin amat sangat menusuk tulang2. Dan lo smWa tW-lah apa kelanjutannya… gW mules2… hahaha… Jijay bajaj dah!

Di busway, Iyan berdiri agak jauh dari gW. Biar jauh tetep aja palanya keliatan di mata gW. Maklum bapak yang satu itu tinggi bener. Sama gW aja tinggian dY (gW 165&dy ampir 180)–Ya iyalah! Masa’ ya iya dong. Hehehe… Yang tepat di sebelah gW tuh c Adhut. Dia sempat ngomel2 gara2 pegangan buswaynya terlepas dan diambil penumpang laen yang baru masuk dan gW sebagai temen yang baek pastinya ketawa dan nyukurin kejadian itu. Hahahaha… Gantian soalnya tadi dy nakut2n gW telat!

Dari Matraman dY terus2n menyerukan tempat pemberhentian busway layaknya operator cewek2 yang biasanya terdengar. Cukup bWt mules2 gW ilang c… hehehehe… Masuk ke halte di daerah Halimun mulai kumat deh kegaringan gW Vs Adhut.

“Eh, Halimun tuh. Halimun itu yang dilakuin abis nikahan kan ya?” ucap si Adhut sedemikian pedenya.

“Plisss deeeyyy... Itu honeymoon!!”

“Oh iya, Halimun itu kan –maaf- mantan istrinya BT ya??”

“Yee... Itu sih Halimah!” gondok sekaligus geli langsung aja gW bales. “Halimun tuh yang maen bareng Gita Gutawa sama Putri Titian di Ajari Aku Cnta. Adeknya Zaskia Adya Mecca, Halimun Kamil.”

“Emang siapa?” tanya Adhut bingung.

“Haykal Kamil kali’.” Plesetan gW ternyata gak ketangkep sama nih bocah.

“Halimun tuh tempat berenti bus tau.” Ucap gW dengan cueknya.

“Eh, Dodol… Itu halte!!!”

Qt berdua terdiam sejenak.

“Eh, bukannya Halimun tuh minuman rasa buah itu ya???” tanya Adhut.

Gila! Gila! Gila! Gak ada habisnya deh nih bocah!

“Itu es Limun, Nyong!!” gW geli banget. gW pikir udah berenti tuh mlesetin Halimun.

Busway terus berjalan dan menggoyang seluruh makhluk yang ada di dalamnya. Nih bocah-adhut- malah sengaja mepet-mepetin gW ma org2. Sumpah! Sesek!!! gW kira busway tuh gak sesek-sesekan kayak gini. Ternyata sodaraan juga sama 510 yang lewat Ps Rebo. Bedanya ini ada AC-nya, gak bau keringet dan gak pake kondektur yang rata-rata mukanya nyolot bin sangar.

Masih di dalem busway beberapa menit kemudian…

“Eh, gW dilarang bawa lo ke dalem sini.” Kata gW pada Adhut sambil menunjuk tempat pegangan tangan bertuliskan ‘Dilarang Membawa Binatang Peliharaan’.

“Sialan!”Adhut pun mencak2 tak terima. Dy berusaha mencari tulisan lain pada pegangan yang dapat membalas gW.

“Di sini tuh ‘dilarang membawa benda berbau tajam’ kayak lo!” balasnya.

Ledek-ledekan itu tak berhenti –dengan banyak bumbu tambahan dari sopir busway seperti ngebut kencang lalu mengerem tiba2 yang membuat tangan gW nyut2n terus berpegangan di atas- hingga akhirnya sampai juga dipemberhentian terakhir. Iyan buru2 turun karna udah hampir jam 10. Di belakangnya gW dan Adhut mengikuti. Akhirnya gW mensejajari langkah Iyan. Sebelumnya gW sempet bilang gini sama Adhut, “Eh, tuh patung Jend. Sudirmannya. Besok kita syuting Nagabonar jadi 3 di situ aja. Hehehe…” Tapi kayaknya tuh anak gak ngeh dan menelepon seseorang yang gW amat sangat yakin telepon CP personalia. gW&Iyan mlai merhatiin gedung2 tinggi yang berdiri dari atas jembatan.

Ternyata gedung BNI udah gak jauh. Gak lama Adhut menghampiri Qt dan bilang jadwalnya interview diundur jam 11 karna takutnya Qt belom nemuin tuh gedung BNI. And dengan amat sangat kompak gW&Iyan nunjuk ke sebuah bangunan. “Tuh gedungnya.”

“Sialan! Tau gitu ngapain juga gW telepon. gW kira masih jauh.” Gerutu Adhut sambil menetap ponselnya yang pulsanya tinggal 400 perak.

“Lagian tadi gak dengerin gW.” gW tertawa geli.

Hari ini biar dingin namun penuh tawa. Hahahaha...

Kita pun mlai menjelajahi jalan becek yang kotor demi mencapai BNI ’46 dan siauLnya ditengah hujan yang sedemikian derasnya ini payung gW bermasalah…

“Ella… Ella… Eee… Eeee… Under mY umbrella…” c Iyan&Adhut malah dengan baik hatinya meledek gW dan payung gW yang gak bisa kebuka sempurna. Hiks…

Dengan tersendat2 akhirnya Qt sampai di lobby dan dengan baik hatinya sang bapak2 satpam mengoper Qt ke belakang gedung yang ternyata emang dsana tuh kantor berdiam. Segera mungkin Qt masuk ke dalam lift langsung menuju lantai 28. Begitu sampai tempat yang pertama Qt tuju adalah toilet. Oh my toilet… gW emang udah kebelet! Qt pun berpisah sebentar.

Di dalam toilet, mau gak mau gW ngelakuin juga hal yang yang paling males gW lakuin. Dandan!! Huahh… Apa mW dikata, wong sekian banyak cewek yang melamar kerja smWa pada berdandan. Alahhhh… Padahal muka juga nggak beda jauh dari badut Ancol. And begitu keluar dari toilet dengan hebatnya gW jadi ketawaan c Adhut gY –Iyan masih di toilet-. Biarlah…

Abis tu mulai deh yang namanya ngisi form and lain sbg-nya. Duhh…. Di ruang tunggunya… Qt baru sadar kalo ternyata muka Qt bertiga doang yang masih pada bocah. Yang laen mah udah pada berumur. Mana mukanya penuh pengalaman semua gY. Tauk dah tuh pada punya pengalamaan apaan. Huuuhh…. Tetap semangat!!

And taukah engkau sekalian…. Saat Qt sedang bingung2nya ngisi form tiba2 terdengar bunyi ponsel. Dan sebuah suara berbahasa mandarin yang begitu lancar menjawab telepon itu. Sontak Qt saling lirik dengan… -kalo yg pada kenal siapa gW, Iyan&Adut pasti udah bs ngebayangin gmna muka Qt b3-. Wuihhh… Masa’ iya Qt yang belom setaon lulus SMA bisa ngalahin si Nci2 yang faseh kali’ bercuap-cuap make bahasanya Vicky Zhao.

Sabodo teuing lagi, tetep aja tuh form dikumpulin. Trus nunggu lagi dah. And selama nunggu tu c Nci2 terus berbicara dg bhsa yang sama sekali gak gW ngarti. Di sebelah kiri gW, Adhut mulai mengeluarkan hp sama kayak Iyan yang udah lebih dulu tet-tot-tet-tot entah dengan siapa. gW merutuk hp gW dg simcard M3 yang tinggal 300 perak ini. Gak lama Adhut mencolek tangan gW. Dy menyodorkan ponselnya. Sebaris kalimat mbWt gW menahan tawa. Ini isi SMS Adhut. ‘lama2 Glodok bisa pindah ksini dah’. Ternyata dy mengomentari si Nci2. Hahahahaha…

Gak lama Adhut menjadi nama yang lebih dulu dipanggil. Tinggal gW sama Iyan deh di ruang tunggu. Haahh... Semoga hari ini cepat berakhir... Dingiiin...

gW ma Iyan jadi keingetan lagi sama kejadian beberapa bulan yang lalu yang menurut gW konyok gila!! Jadi ceritanya malem itu... gW lupa kapan tanggal, bulan, tahun dan harinya. gW diajakin Iyan ke kantor HD –C bapak ini emang anggotanya- bWt liat2 and denger bbrp info gt deh. Baru beberapa menit di atas motor, hujan mengguyur dengan amat sangat derasnya. Kita sempat berteduh di pinggir jalan. Tapi karna upacaranya mulai jam 7, akhirnya dengan terpaksa saat ujan agak reda Qt maen trobos aja. Belom ada 2kilo. Tepatnya di pertigaan mW ke kalibata, motornya Iyan mogok tepat di tengah jalan dan hujan yang semakin deras mengguyur. Ya Ampyuuun...!!

Setelah dicoba beberapa kali akhirnya si motor nyala juga. Qt langsung ngebut ke kantor HD di… Wahh… gak inget dimana coz gW tinggal naroh pantat aja. Hahaha... Di perjalanan Sumpah Gila!! Dinginnya berkali-kali lipat dengan yang gW rasain waktu di busway tadi. Angin dan air hujan menerpa muka and badan gW. Untung aja gW yang jadi penumpang and badan c Iyan lumayan gede juga buat jadi payung2an gW. Hehehe...

Gilanya kita malah sengaja maen-maen di genangan air dan ketawa kegirangan waktu ada bus yang lewat nyipratin kita air jalanan. Yucks!! Tapi seru!!! Jadi keinget waktu ngobak di kloam V-Gho. Hidup gW memang selalu dan dikelilingi oleh air. Gak lama kita udah sampe di kantor HD dengan sangat basah kuyup plus berantakan. Waktu acara sudah lewat and gW minta ma Iyan biar Qt gak usah masuk ke sana. Qt pun nunggu di luar tapi kedatangan teman Iyan sesama anggota HD buat Qt berdua akhirnya masuk lagi ke ruangan yang Hwaaaaaaa!!!!! Dingin banget!!! AC-nya gila!!! Kalo gW gak basah kuyup c gak masalah. Lha ini????

gW hanya dapat menggigil dan duduk mengikuti serangkaian acara tu. Jujur aja, gW gak begitu konsen sama apa yang lagi dijelasin sama Narasumbernya ttg produk itu. Untungnya sebelum gW dateng –pas Qt neduh- Iyan udah ngejelasin apa yang akan disampaikan di acara ini. gW gak tulalit banget dah! Asal tau aja, saking basahnya kita dan tetep duduk di dalam ruangan, kursi yang empuk itu sampai basah karena Qt b2.

Setelah beberapa menit mungkin malah sejam lebih akhirnya... –gW lupa tuh acara dah selesai atau belom- Qt berdua keluar dari tempat dingin itu. gW sempet dikenalin sama beberapa temen kerja Iyan. Yang saat itu gW juga udah gak gitu konsen saking kedinginannya&gW rasa c Iyan juga coz Qt ke luar. Di luar kantor ujan masih mengguyur. Sambil menunggu ujan reda Ya Allah... Kaki Qt gak berenti gerak gemteran. Buat ngomong juga udah gak karuan gak jelas karena rahang rasanya kaku. Gigi pada beradu sampe bunyi kenceng banget. Baru pertama kali gW ngerasain dingin sampe segininya. Dulu jamannya SMP, pas plantikan Paskib di Cibubur Qt-gW&Iyan+beberapa temen paskib gW- sempet semaleman gak pake jket dan tidur di luar tenda. Tapi gak sampai sedingin ini!!!

gW bilang sama Iyan, sebenernya gW pngen cpt2 keluar dari ruangan tadi. Tapi ngeliat Iyan kayaknya interest banget buat gW gak jadi ngomong dan ngajak dia keluar. Ternyata sebenernya Iyan juga gitu. Berhubung muka gW keliatan serius denger narasumber ngomong dia juga gak jadi ngajak gW keluar. Walah!!! Tau gitu mendingan Qt keluar dari tadi deh.

Begitu ujan sedikit reda Qt langsung cabut. Percuma juga kalo nunggu sampe berenti. Bisa besok pagi baru balik. Lagian juga terlanjur basah nih badan gW. Di perjalanan Qt sempet nongkrong di warung tenda di depan hotel tempat almh. Alda Risma meregang nyawa. Grand Menteng. Qt memesan segelas Ovaltine panas untuk mengobati hawa dingin yang masih membuat Qt gemeter+menggigil juga gigi yang terus berbunyi. Sambil nunggu pesanan datang, dengan santainya gW ngomong di sekitar sini pasti banyak banget hantunya. Apalagi di sebelah tuh hotel emang masih kosong dan gelap banget. Langsung aja jitakan Iyan mendarat di kepala gW. Siaul! Hahaha…

Gak lama Ovaltine panas pesenan Qt tu disajikan. Nggak tau tuh air gak panas atau emang Qt yang kedinginan, langsung aja glek-glek-glek. Abis dah tuh susu. Ber-apperate ke dalam saluran pencernaan Qt berdua. Gak lama2, setelah ngebayar semua susu itu Qt langsung chaww. Masih kedinginan c… Tetep aja Qt berisik ngegossipin Ovaltine panas yang anget itu –gak sesuai pesanan banget!-. Hahaha…

Gak sampe 10 menit ganti nama gW yang dipanggil. Dengan memasang wajah sok cool spt byasa –aslinya gW tuh… tanya temen2 gW aja dah- gW mengikuti seorang wanita ke sebuah ruangan. Sebelumnya gW memang sudah menulis akan menemui ibu E. Di sebuah ruangan gW dipersilahkan duduk. gW pikir tadinya si ibu E itu berumur 40-an gak taunya si Mbak yang manggil gW itulah bu E. Langsung aja gW mulai ditanya2 dengan cepatnya.

“Ini nama kamu?” tanyanya menunjuk form yang tadi gW isi.

“Iya.” Jawab gW mantap.

“Ini alamat rumah kamu?”

“Iya.”

“Rumah kamu atau rumah milik keluarga?”

Siaul! Nih orang senyum-senyum geli gitu lagi. Selera humornya lumayanlah paling gak bisa bWt gW ikutan senyum. Enough.

gW pun tersenyum santai, “rumah orang tua.”

Setelah itu pertanyaan lain mengalir yang semuanya dia ucapkan dengan begitu cepat namun jelas. Wuiihhh… Kagum gW sama cara kerjanya. Career women banget! gW pangen kayak gitu,ntar… Doakan saja secepatnya bisa jadi konsultan. Amin… hahaha…

Rasanya semua begitu cepat. gW pikir bakal lama gak tWnya… Sama wktu buat pas poto aja kalah lama. hehehehe… Setelah gW gantian Iyan yang dipanggil. Saat Iyan dipanggil itu gW liat banyak SMS di ponsel gW. Dari Ibel, Rina, Ricka, Wie, duhh… lupa dari siapa lagi. Kepentok limitnya pulsa, ntaran aja gW balesnya.

Sama kayak gW and Adhut gak lama. Abis tu Qt langsung bersiap mencari masjid. Kan bentar lagi waktunya Jum’atan. Saat nunggu lift turun Iyan cerita kalo pas interview sang mama malah nelepon ke hp. Berikut petikan percakapnnya yang digambarkan oleh sang pelaku utama.

Tilulit tilulit tit tit... Ponsel pun berbunyi di tengah pembicaraan antara Iyan dan ibu E tentang sistem yang akan dijalankan perusahaan berikut kontrak kerjanya. Ibu E tersenyum geli.

“eh, maaf bu, saya mau angkat telepon.” Ucap Iyan.

“Iya, silahkan.”

Iyan pun mengangkat telepon sang Mama. “Ma… Bentar lagi ya teleponnya. Iyan lagi interview.” Jawab Iyan pelan. Mungkin ibu E tak dapat lagi menahan senyum.

gW dan Adhut pun tertawa mendengar cerita yang diperagakan dengan lucu itu. Setelah itu Qt beralih keluar mencari masjid. Dasar setan! Sebenernya gW yang jadi Setan coz udah laper amat sangat nih! Bukannya langsung ke masjid Qt malah berbelok ke stand makanan yang berjajar di tepi jalan. Gak papalah toh masih tiga per empat jam sebelom azan zuhur.

Adhut memesan gado-gado, gW dengan ketoprak dan Iyan nasi goreng. Siaulnya si Adhut bilang tuh gado2 and ketoprak pedes. Yasuulah… hajar bleh! Ditemani oleh bunyi hujan dan jalan yang hampir banjir –spokat Adhut kelelep juga, Qt menghabiskan makanan2 itu dengan lahap. Emang dasar cuaca juga mendukung untuk laper boWww!!!

Habis makan Qt langsung mencari masjid yang katanya ada di dalem kawasan bank Jabar. Setelah banyak memutar akhirnya ketemu juga tuh tempat ibadah.

Alhamdulillah… Hampir aja Qt basah kuyup. Setelah itu Qt nyari tempat buat naroh barang2 plus gW sbg penjaga smWa barang2 tu. Hehehe… gW abisin deh tuh hampir satu jam bWt utak-atik hp gW di tempat makan yang gak jauh dari masjid. Sumpah! Bete mampus gW nunggu sendirian. Udah smWa orang dsitu bareng temen2nya gY. Huuuhh… Akhirnya kerjaan gW hanya ngabisin pulsa 3 SMS+teleponan ke sesama 3 sambil nahan HIV yang udah ngetok2 gak karuan. Tuluuuuung…..

Tepat pukul 1 muncul juga 2 cowok yang udah gW nanti sejak tadi –gmn gak? Kebelet abiz!!!- langsung aja mrk gW tinggal. gW langsung kabur nyari toilet ke dalem gedung. Memuaskan apa yang sejak tadi tertahan di dalam. Huahhhh….. Lega!!!!!

Setelah itu kembali Qt mendaki gunung lewati lembah… Memanjat halah…. Maksud gW berjalan melewati jembatan penyebrangan menuju halte busway. Di bawah mobil2 telah berjajar rapi menghitung detik-detik waktu yang terus bergulir dalam kemacetan dan BANJIR!!! Besok paginya gW liat di koran ternyata Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono –gW gak akan salah nyebut nama Presiden gW kayak artis MJ atau MK dulu. Gak nasionalis!!- juga kejebak banjir sampe pindah ke mobil pick up yang lebih tinggi untuk balik ke Istana.

Dengan Uulnya Qt berjalan pelan di atas. Seolah nih jalan milik nenek moyang Qt berjajaran satu saf dan hampir menutupi seluruh lahan jembatan. Untung saat itu masih sepi. Iyan yang paling kanan membentangkan payung agar hujan yang miring tidak mengenai Qt. Tapi itu tak berlangsng lama karna Adhut lebih dulu berjalan dan meminta gW&Iyan mengikuti cara jalan dan gerak-geriknya di sepanjang turunan jembatan layaknya yang dilakukan DisTro pada Ariel di video clip Menghapus Jejakmu. Ogah amat!!! Apalagi nih jembatan licin. Bisa2 gW ngengelinding kalo ngikutin nih bocah yang lompat2 kayak cacing kepanasan di turunan.

Dan siaul –lagi dan lagi-… Jalur busway yang melewati kp. Melayu tak dapat beroperasi krna banjir. Otmatis Romantis tujuan Qt sekarang menjadi menuju blok M lalu berlanjut naek Kopaja 57 dengan stiker Blok M-Kp. Rambutan. Setelah membeli tiket, Qt menanti si busway yang tak kunjung datang. Tak lama beberapa busway datang.

“Hiiii...!!! Amit-amit! Pak kumis supir buswaynya senyum2 sama gW.” Celetuk Adhut saat sopir busway terlihat dari ruang tunggu.

gW&Iyan juga tertawa geli saat melihat pak Kumis tersenyum ke arah Qt. Gak lama busway lain datang dan lagi-lagi bapak berkumis yang berada di balik kemudi. Baru saja gW mW berceletuk tentang hal ini namun Iyan lebih dulu bersuara.

“Sopir busway kumisan semua ya...”

Tak lama busway yang menuju jalur blok M datang. Sekali lagi semua penumpang merangsak naik. Ragu, gW melangkah ke dalam busway yang tampaknya sangat penuh. Ini tak akan memuat smWa penumpang! Benar saja, Iyan tertahan tak boleh masuk oleh abang menjaga pintu Busway. gW&Adhut pun mengisyaratkan Qt akan menunggu di blok M. Untung masih ada Adhut yang bareng gW kalo gak, ya ampyuuun... bakal bete mampus gW sendirian di sini. C Adhut dengan senang gembiranya malah ngecengun gW.

“Wahh... Untung aja gW bareng lo. Kalo gak bisa2 lo ngilang gak tau jalan pulang. Iya kan?” Dengan muka yang sangat meledek bocah satu ini sukses ngecengin gW.

“Enak aja, gW tau jalan pulang kali’.” elak gW.

Sebenernya c gW juga binun... hahaha…

“Yang bener???” Nih anak tetep aja ngeledek.

Bodo amat. gW mulai berpegangan kuat pada pegangan. Bus melaju cukup cepat.

Ckiiiittt.... Lagi-lagi bus berhenti mendadak. gW ketawa geli ngeliat Adhut pengen jatuh karena pegangannya terlepas. Saat itu dy pengen ngegaruk idungnya. Melihat caranya yang mau menggapai pegangan di atas kepalanya membuat gW gak tahan lagi untuk gak ketawa. Nih anak hanya menggerutu melihat wajah girang gW.

Sejenak Qt hanya terdiam dan terus memperhatikan luar busway yang masih diguyur hujan. Banjir lagi deh....

“Kira2 Iyan udah dapet bus blom ya??” gW membuka percakapan.

“Udah dong.” Jawab Adhut mantap.

“Tau darimana lo?? Kalo belom gimana. Sotoy.”

“Kalo nggak ya berarti dia sekarang masih di halte-lah. Kan kemungkinan hanya ada 2. Dia udah dapet atau belom. Qt mana tau.”

Sumpah! Nih jawaban bener2 gak ngejawab pertanyaan gW. Gw liat muka nih anak puas banget bisa bWat gW gondok. Salah gW juga c bikin pertanyaan gak mutu.

“Eh lo baca itu deh.” Tunjuk gW ke arah sebuah tulisan ‘Saya Malu Jika Orang Cacat, Perempuan dan Lansia Berdiri Sedangkan Saya Duduk’.

Dalam hati gW menggerutu. Dalam bus ini masih bnyak orgtua dan perempuan –dlm hal ini gW sbg pengecualian, maksud gW perempuan berumur getho!- yang berdiri sedangkan yang muda banyak yang duduk dengan tenangnya. Dimana nuranimu wahai penumpang yang budiman???

“Mmm… berarti harusnya lo duduk ya…” gumam Adhut sambil memperhatikan orang2 yang duduk di depan dan belakang Qt -yang masih berdiri-.

“Biar gW cewek, gW lebih suka berdiri kali’ daripada duduk terus kegencet2. Lagian banyak yang lebih butuh. Yang pada tua tuh,” tunjuk gW ke arah lain. “sebagai cewek kadang gW aneh juga c… Katanya emansipasi. Penyamarataan dalam banyak hal dengan kaum Adam -yang dulu katanya wanita hanya sebagai ibu RT- tapi kok untuk hal duduk masih ngeliat gender. Kalo laki2 harus malu jika duduk sedang yang lain berdiri, paling nggak perempuan juga dong! Terutama yang masih pada muda. Tempat duduknya buat yang lebih berhak aja.” Suara hati nih. Hehehe… Sekali lagi gak maksud nyudutin kaum gW kok. Sebatas pandangan aja. Minta disamaratain tapi kok yang muncul malah ketidakseimbangan. Kadang cewek suka egois dan manja berlebihan karna peraturan2 yang lebih banyak melindungi ini. Fuck!! Cewek tuh harus kuat!!! Everytime&everywhere…

“Bukan itu maksud gW,” ucap Adhut. gW pun menoleh penasaran mendengar mengucapan yang serius ini. “lo tetep harus duduk kan lo tuh nenek2.”

Siaul alakazamzam!!! Pas gW gy serius2nya nih orang malah memanfaatkan untuk ngebales gW. Bapuk!!! Mulai deh cela-celaan –gW males ngejabarinnya yang pasti bikin beberapa penumpang ngeliatin Qt yang heboh sendiri- berlanjut hingga busway berhenti di terminal blok M. Akhirnya….

Lima menit pertama…

Sambil menunggu c Bapak yang tertinggal c Adut mulai kumat lagi.

“Hai cewek… Sini aja sama abang… Sini-sini...” ucap Adhut berkali-kali. Beberapa calon penumpang bus menoleh.

Setelah puas berceloteh, bocah satu ini menambah panjang penderitaan gW dengan terus bernyanyi menyanyikan buanyak lagu.

Lima menit kedua…

Huwaaaaa… Gue tinggalkan sejenak Adhut yang masih sibuk dengan mini konsernya. Pandangan gW beralih ke sekeliling tempat gW berdiri. Di sebelah kanan, Mas2, Akang2, Abang2, Uda2 berseragam oranye biru berkumpul. Petugas pintu busway ini tampaknya tak melanjutkan pekerjaan akibat banjir yang membuat operasional Trans Jakarta menjadi tersendat. Di bawah, gW liat banyak payung terbuka dan penumpang bus satu persatu menyongsong bus pujaan dengan wajah gembira. Lha, siapa yang gak gembira kalo cepet sampe rumah di tengah hujan dan hawa dingin ini.

Lima menit ketiga…

Sejak tadi gW hanya tolah-toleh tak menentu. Tak ada yang benar-benar menarik perhatian. Akhirnya gW ikutan masuk dalam konser mini c Adhut yang blom berenti. Mlai dari lagu Kejujuran Hati sampe lagu Maju tak gentar sukses gW bawain. Hahahaha...

Kalo gW pikir2 dalam waktu yang cukup lama ini seenggaknya gW bisa dapet recehan yang bisa nambah berat isi tas gW. Lumayan kan kalo dapet barang ceban sampe gocap. Dari kemaren isi otak gW kalo gak bisnis, bisnis dan bisnis. Daritadi ngamen gak jelas dari kita oleh kita untuk kita. Halah...

Lima menit keempat…

Lagi asyik2nya menggelar konser plus ngobrol gak jelas tiba2 Adhut mengeluarkan ponselnya dan berbicara.

“Iya, ini Agus. Ada pa ya???”

gW hanya melirik sekilas.

“Oh iya, betul, besok gW ke sana…”

“Hahahahahaa….”

gW tinggalin dah tuh bocah yang sepertinya seru dan akrab dengan peneleponnya. Gw kembali melihat ke arah datangnya busway. Masih belom muncul. gW kembali ke sebelah Adhut yang telah mengakhiri pembicaraan.

“Ceileee… Seneng bener!!! Gebetan baru lo ya??” tembak gW langsung. Niatnya emang buat ngeledek.

“Mmmm…. Gimana ya???” Adhut sok berahasiaan.

“Najesh! Jijay banget gW liat muka lo yang sok rahasiaan itu.” Balas gW.

Ada deh mau tau aja.” Jawabnya dengan gaya ala Bekti-Indy di ceriwis. gW hanya mencibir.

“Mmm… daritadi gW tuh ngomong sendiri kali’. Orang sebenernya gak ada telepon. Hahahahahaha…” bocah ueddan ini tertawa keras. “Gimana akting gW oke banget kan???!!!”

Gak habis pikir gw kenapa Allah menciptakan makhluk dengan wujud seperti yang nampak di hadapan gW ini. Bahannya dari apaan ya??? Tanah lempung, tanah pasir, tanah humus atau tanah lumpur??? Jangan2 rohnya bukan ditiup tapi langsung dilepeh. Puih! Hoho… Atau mungkin ini adalah jin jadi2an dari Blok M??? gW mulai berspekulasi yang aneh2. Edan2 gini juga dah berhasil bWt gW sakit perut mulu saking gelinya. Good friend-lah… Temen2 gW smWa adalah orang yang baik, setia kawan, smart, penyayang –kayak gW lah… J- tapi nggak sedikit juga yang Buaya Darat!!! Hahahaha…

Lima menit kelima…

Sesekali gW melongok ke arah kanan jalan. Sudah 25 menit busway tak ada yang muncul. Di 5 menit pertama sempat datang busway namun kosong tanpa penumpang. gW pun membalikkan badan dan melihat jejeran toko yang beberapa di antaranya sudah tutup. Tak ada yang menarik. gW beralih melihat salah satu baliho yang tinggi tak jauh dari tempat gW berdiri. Sebuah iklan produk kartu perdana. gW tersenyum sendiri membacanya.

Ini yg membWt gW geli sekaligus menertawakan diri gW sendiri –gW pernah baca sebuah tulisan di buku, ‘orang yang hebat adalah orang yang dapat menetawakan dirinya sendiri’.

.... koma… rupiah/detik.

Setelah satu menit pertama.

Mungkin terlambat untuk gW sadari. Tulisan yang menunjukkan nilai rupiah terlihat begitu besar sedangkan ‘setelah satu menit pertama’ sangat kecil tertulis. Tidak sebanding. gW pun menunjukkan hal itu pada Adhut plus berbagai spekulasi dalam benak gW mengapa harus seperti itu. Seperti biasa Adhut –biasanya plus Iyan, Wie, bbrp sobat Glatto, RRG&laennya- harus betah dan sabar menghadapi gW yang selalu membahas masalah2 yang sebenernya gak penting dan gak wajib gW pikirin jg. Hehehe...

“Ya lo taulah... Org cenderung membaca tulisan yang gedenya aja. Yang kecil kelupaan deh atau malah diabaikan,” Adhut mencoba menganalisa.

Biasa banyak operator yang berlomba-lomba menjual produknya dengan berbagai iming2 bersyarat bejubel namun nonsense alias omong kosong, sama aja boong alias lagi, UUNP –Ujung2nya Ngabisin Pulsa. Kalo gak percaya kawin aja sama Nyongkie… hahaha… Untuk kecenderungan membaca tulisan besar mungkin hanya soal kebiasaan saja –mungkin faktor psikologis juga. Memang Indonesia aja belom membiasakan diri untuk lebih cinta dengan buku. Makanya keseringan digoblokin upsss… sorry maksudnya dikibulin sama bangsa laen. Setelah tempe, batik dll, apa lagi yang bakal dibajak????!!!! Karma kali’ ya gara2 keseringan ngebajak. Gak kaset, Cd, buku sampe hasil karya intelektual –nih kalimat gW dapet dari Amal yang kesambet penunggu kampus pasca. Hehehe- jago banget dibajak sama orang kita. Yang blom berhasil nglonning Einstein kali’ yee… But, gW tetep gak rela karya negaraQ tercinta dibajak terus. Iduph Nasionalisme!!!

“biasanya malah dipakein tanda bintang (*) aja terus jauh banget dipojok kartu ada penjelasannya. Orang juga dah gak baca itu semua.” lanjut Adhut.

Dalam hal ini gW tangkep tanda * itu biasanya berisi tulisan yang berbunyi, ‘setelah … menit pertama’ atau ‘setelah pengisian ulang sebesar rp. …’ atau banyak lagi deh. Gw bukan counter penjualan kartu perdana jd gak ngeh banget dah! Tanya aja sama mbak2 atau mas2 yang biasa jualan beginian. Dijamin penjelasan yang lo dapet panjang, lengkap dan berhasil membuat lo pengen ganti kartu. Hahahaha…

Yahh... gak heran deh banyak yang gonta-ganti kartu –termasuk gW- saking teriming2nya smWa yang katanya gratisan, bonus atau murah itu. Hari gini siapa juga yang gak mW rugi??!! Tapi ngutip lagunya KD ‘Cobalah Untuk Setia’ dengan satu kartu. Yang lain mah sidecard aja. Kalo kepepet kayak yang biasa gW lakuin. Kartu gW udah gak keitung banyaknya. SmWa operator GSM udah pernah gW cobain kecuali CDMA –gW gak ada hp-nya- tp tetep aja ada satu primary card yang udah bertaon2 gak gW ganti. Kasian temen2 gW kalo kangen&bingung mW ngubungin gW kmn. Hehehe… Becanda ding! gW-nya yang malay memproklamasikan nomor baru gW.

Kembali ke laptop…

Lima menit keenam…

Setelah membahas iklan yang menurut gW memanfaatkan kondisi psikologis bangsa ini, gW tertarik pada tulisan di salah satu dinding toko. Kalo gak salah bunyi tulisannya Sung-Sang-Sung-Rek –kata terakhir gW agak ragu. Untuk lebih jelasnya lo coba aja berdiri di tempat pemberhentian busway menghadap ke pintu keluar tangga turun terus noleh ke sebelah kiri. Nah, cari deh tuh tulisan di sepanjang dinding ruko dan toko –kayaknya kelontong- yang berjajar di sebelah bank. Lagi-lagi kegaringan gW muncul. Adhut harus jadi partner gila lagi!!!

“Eh, kalo ibu2 harus ngelahirin dengan caesar tuh gara-gara sung-sang-sung ya?’” tanya gW sambil menunjuk ke arah tulisan yang tadi gW liat.

Adhut tersenyum devilish. “Sung sang tuh nama merk hp kale’. Hp Sung Sang.”

“Yeee itu c Sang sung eh Samsung.” Ralat gW. Adhut pun mengangguk-angguk. “Kalo gak salah soal UN MTK taon kita tuh lumayan sung sang ya...” ucap gW serius.

“Aish.... Pliss deh, Susah bukan sung sang!!” Adhut kembali menggelar konser mini.

Lima menit ketujuh…

gW kembali berjalan mondar-mandir. Oh Busway… Dimanakah kau berada??? Rindu aku ingin jumpa… Meski kelewat lama… Buset udah setengah jam lewat nih!! gW yang berdua aja sama nih makhluk langka aneh bin ajaib mulai bosen bin boring gmn Iyan yang dewekan di bus??? Triple kuadrat yang gW rasain kali’ ya???

Dingin and gW amat sangat gak nyaman dg spokat gW yang masih basah ini. Pegel juga teryata udah selama bermenit-menit ini gW berdiri tanpa duduk sedikit pun. Lagi2 kolokan gW muncul. Hahahaha…

“Dhut, pegel neh! Qt ngedeprok di tangga aja yuk??!”

Adhut melirik gW dengan pandangan meledek. “Satwas tuh biasa berdiri kali’. Nggak pernah ngerasain Satwas berdiri lama ya??” sindir Adhut.

Satwas yang dimaksud di sini adalah Satuan Pengawas. Biasanya ada dalam ekskul paskibra. Bertugas mengawasi kedisiplinan anggotanya dan memberikan sanksi kepada yang melanggar. Tentunya satwas juga tidak boleh melanggar aturan. Dan identik dengan jutek, galak dan gak kenal kompromi! Adhut adalah ex_satwas di SMA-nya di 62. Setiap sekolah mempunyai gelar nama satwas masing2. gW lupa di 62 namanya apa tapi ban nama satwas sendiri gW liat ada di dalam PPI. Seperti di SMA gW, satwas diberi nama PDK. Dan sindiran ini ditujukan Adhut karena saat SMA, gW juga termasuk PDK di skul gW –and SUMPAH!! gW gak galak!! Tanya aja ma adek2 gW. Hahahaha.

“Tapi kan gW udah lama gak berdiri lama-lama gini.” Elak gW.

“Kalo mau duduk disitu aja.” Tunjuk Adhut ke arah bak sampah yang berdiri terbalik.

“Ogah! Jijik tau!” Adhut ketawa ngeliat reaksi gW.

Akhirnya gW gak jadi duduk dan ikutan berdiri di sebelah makhluk yang kini mengeluarkan ponselnya. gW gak mau ketipu lagi. Ternyata benar2 ada SMS.

“Dari Tante.” Jawab Adhut. gW hanya mengangguk-angguk. Rajin juga tantenya ngecek keponakan. Hehehe

“Maksud gW tante Wie.” Lanjut Adhut.

Lagi2 gW dikerjain. Yang dimaksud tante itu adalah temen gW sendiri.

Memasuki lima menit kedelapan moncong busway pun terlihat.

“eh, gmn kalo Qt pakein kertas terus tulis nama Iyan gede2 kayak di bandara gitu.” Usul gW gokil.

“Lo aja sono, gW ogah!” tolak Adhut.

Dasar gendeng, begitu dilihat wajah Iyan sontak tangannya terangkat seperti memegangi kertas sambil memanggil2 Iyan. Iyan tertawa melihat tingkah Adhut. Ya Allah… Kacau2 dah nih temen2 gW. Hahahaha…

Akhirnya… Setelah hampir satu jam gW menunggu… gW turun juga dari halte busway menuju tempat KOPAJA 57 berada. Ujan masih gerimis abal2. Untuk menuju tempat 57 mangkal, Qt bertiga sempat2nya jadi orang kota yang udik! Nentuin bakal naek ke tangga mana untuk bisa dapet 57 Qt sampe muter2. Gmn Qt gak bingung??!! Hampir semua tangga tulisannya TURUN giliran nggak turun, gerbang atasnya ditutup. Inlah salah satu kelebihan orang Indonesia. Selalu melakukan hal yang bertolak belakang dengan apa yang diinstruksikan. Yahh… mau gimana lagi… Tangga yang tulisannya TURUN itulah tempat si KOPAJA ter’CINTASESSS’ mangkal.

Beruntung nggak pake bermenit2 Qt langsung dapetin tuh KOPAJA Ijo-Putih yang untungnya lagi kosong. Sebelomnya gW ama c Adhut emang sempet debat2n soal KOPAJA. gW dengan amat sangat jelas dan tegas gak akan mau desek3kan lagi!

Di dalm KOPAJA, Iyan yang kakinya panjang musti duduk ddket pintu. Kalo gak, yang ada tuh anak gak bisa gerak saking sempitnya celah di antara kursi penumpang. gW&Adhut duuk sebelahan dibangku yang selurusan sama bangkunya Iyan. Gak lama seorang kakek tua –Ya iyalah... Namanya juga kakek- duduk tepat di depan gW. Oh iya, gW duduk tuh tepat deket jendela jadi gW bisa dpt visualisasi yang jelas meskipun gak oke –gmn mW oke yg da ujan sama macet doang!-

Sopir pun mulai meninggalkan Blok M menuju arah rumah gW-lah! Makin lama, makin banyak pula penumpang yang naek. Mulai dari Bpk2, ibu2, semWa yang ada di sini… Yahh… u know-lah, siapa yang bakal naek nih angkutan. Pastinya mereka yang ertujuan ke suatu tempat dengan rute yang di atas tadi sempet gW sebut.

Di dLm KOPAJA, makin lama makin panas aja. Suhu di luar gW yakin cukup dingin. Tp gak bWt di dalem. GeraH! Dari dalem gW bisa liat banyak pengguna jalan yang mulai seenaknya. Maen trobos lampu lalu lintas dan srobot sana-sini. Kondektur KOPAJA tanpak turun dengan menenteng sebuah botol AQUA bervolume 1,5 liter. gW pikir nih orang nyiptain minuman rasa baru soalnya warna airnya kebiruan. Tapi ternyata tuh komdektur nyemprotin air birunya ke kaca depan KOPAJA. Ealaahhhh… Ntu ternyata aer sabun. Untung aja ide gokil gW bWat icip2 blom gW utarakan sama c Kondektur. Hahaha…

Ujan makin deres aja, bbrp anak berseragam SMA naek ke dalam KOPAJA. Naluri Oom2 girangnya c Adhut kyaknya kumat…

“Ayo Adek-adek… Sini-sini deket Abang…” gW kembali mencibir mendengarnya. “Sini-sini… Abang pangku…” untung nih orang menyuarakan sWara hatinya gak gede2 alias pelan2 tp jelas di kuping gW.

Gak lama beberapa gadis berjilbab –ceileee… gadis??? Hey… Gadis…!!- naik. Karena nih KOPAJA udah mlai overloud, otomatis mbak2 ini hanya berdiri berpegangan di pegangan yg udah disediain. gW liat c Adhut mlau kasak-kusuk, gelisah dan gundah dengan keberadaannya sendiri. Berkali-kali dia melirik ke arah mbak2 yang gW taksir berusia beberapa tahun di atas gW.

“Ngapa lo?? mW ksh bangku???” gW geli banget sama muka nih bocah.

“Iya, tp gmn ya caranya??” c Adhut udh mW berdiri ksih bangku sm c Mbak2 tp tiba2 bus berenti dan masukun bbrp ekor penumpang lagi. C Mbak2 tu pun semakin masuk ke dalam KOPAJA dan berjarak jauh dari bangku Adhut. Akhirnya niat gentlement itu tak tersampaikan. Yahh... Dariapa yg duduk c mas2 yg badannya gede. Bs2 gW kgencet!!

“Yahh... Niat gW gak kesampean deh.” Keluhan Adhut ini gW tanggepin dg becandaan.

“Iya, ilang kan kesempatan lo dapet cewek berjilbab??”

“Iya, nih. Padahal sapa tau aja tuh cewek jodoh gW.”

“Hahahahahahahahaha....”

SUMPAH! gW geli banget dengernya. Emang c Mbak berjilbab itu cakep –Eits... Gak biasanya lho gW bs bilang cakep sama sesama cewek. Maklum aja ya booo... selera gW tuh jejaka bukan awewe-, cewek tadi gW rasa oke deh kalo jadi model GayaGatti. Brand baju muslim punya tante gW. Sapa tau aja omset penjualan baju Tante gW melonjak naek. Makanya yg udah pada pake jilab sering2 buka majalah and internet unt liat2 baju2 keluaran Tante gW. Hehehe...

Oh iya, ngomongin GayaGatti... Nih proyek Tante gW yang uda berjalan sekitar 2 thn ne. Yg dijual slaen baju muslim dan muslimah jg ada jilbab-peci-sarung. Hahahaha… Distributornya tersebar dkota2 besar di Indonesia. Ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogya, Palembang, sampe di Bali juga ada. Malah sebenernya tuh justru pusatnya ada di Bali.

Nah, kalo ada yang baca nih tulisan and berdomisili di Bali, sering2 aja dateng ke Rumah Baju Woelan yang ada di Robinson. Itu tuh… Pusat perbelanjaan yang diapit banyak pusat perbelanjaan kayak Tiara Dewata, Mall Bali sama Plaza… Duhh… gW lupa lagi namanya apa. Tapi waktu kecil sampe terakhir kali gW ke Bali –bbrp bulan lalu- gW nyebutnya Matahari. Pokoknya tuh tempatnya deket sama Univ. Udayana. Almamater nyokap gW sekaligus tempat yang nyaris jd pelabuhan terakhir dijenjang perguruan tinggi gW tp gak jadi coz akhirnya gW mutusin masuk psikologi and tetep di Jakarta. Agak berat jg c ngelepasnya, soale hasil SPMB. Hehehe…

Kembali ke laptop...

“Yee... Ketawa lagi. Jodoh tuh bisa ditemuin dmn aja kali’.” Adhut ketawa juga dengan reaksi gW yang cukup lebay.

“Iya, tp emang itu gak ketuaan ya??”

“Hari gini gak jaman liat usia kali’. Yang penting sholehah. Emangnya elo! Namanya doang yang sholehah.”

Bapuk!! Lagi2 gW diskak mat! C Adhut malah ketawa aja gY ngeliat gW yg malay ngebales ledekannya. Mw gmn gY?? Kalo udah menyangkut keimanan dan ketakwaan kan gW gak bs narsis. Hahahaha...

Berhubung tadi pagi gW terpaksa bangun pagi –bocoran aja buat lo smWa, kalo libur gW selalu tidur di atas jam3 pagi and bangun pas azan zuhur- alamat sekarang gW ngantuk deh. Apalagi gW juga udah mlai pusing cZ masih pake atribut yg basah. Hufff... gW liat, di sblah Adhut udah merem melek, Iyan juga. Akhirnya gW putusin gW merem jg deh.

Dan ternyata itu sangatlah tidak menyenangkan! Yg ada gW mual banget sama bau nih KOPAJA. Gak tW krna emang bau atau gW yg laper. Baru beberapa menit gW merem rasanya pusing banget. Akhirnya gW keluarin deh bubble gum Lotte rasa barley mint berbungkus biru warna favorit gW. Oh iya, di kampus gW doyan banget ngunyah beginian. Mau lagi jalan, nongkrong sampe presentasi di depan dosen, gW gak peduli. Tetep kunyah2 bubble gum.

Setelah nih bubble gum masuk ke mulut rasanya sungguh berbeda. gW jauh lebih rileks dan rasa mualnya berkurang. gW liat perjalanan gW masih tersisa setengahnya, Naluri gW sbg anak psikologi pun muncul. Mata gW mlai mencari2 mangsa untuk dijadiin objek pemerhati gW.

Tuk... Tuk... Jari Adhut mengetuk bahu gW.

“Liat Iyan deh.” gW melirik ke sebelah kiri gW. Iyan tampak asyik ngobrol dengan anak SMA yg jd temen dudknya –Kalo Wie baca gak boleh jeles! Tenang aja Mpok, nih cewek badannya subur kali’. Iyan kan demennya yang lurus kayak lo! Hehehe... Piss!

“Tuh anak SMA jinak juga sama Iya.” Celetuk gW.

“gW rasa tuh anak SMA nTar juga diem sendiri. Paling ujung2nya Iyan promosiin produknya. Hehehe…” Adhut senyum devilish gitu. Dasar gendeng nih bocah!

Gantian gW menunjuk ke arah kakek di depan gW. “Ini juga jagoan.” Ya Allah… Gak maksud unt gak sopan! SmWa ngalir gitu aja.

Adhut ketawa aja ngeliat c kakek yang ngobrol seru dengan cewek berusia matang yang jadi teman duduknya. Lama2 ngegossip gW juga gak sadar, orang yang liat gW&Adhut heboh aja daritadi pastinya bisa juga berspekulasi macem2. But, sumpah! Hub gW sama nih bocah edan gak laen gak bukan just as friend. Sebisa mungkin gW gak mau mewarnai persahabatan lawan jenis ini dengan virus merah jambu. Toh, selama hampir tujuh tahun temenan gak pernah ada tuh kata jadian sama sobat2 cowok gW.

Jujur aja, gW lebih asyik maen sama cowok. Soale kalo sama cewek –sorry bWt tmn2 cewe gW… Gak maksud nyinggung…- ribet krna dandanannya, bawel and malah sibuk sama diri sendiri. Gak tau deh, mungkin kalo sama cWok krna cowok jadi ngalah sama gW yang cewek. Hehehe… Ini nih maksud gW kadang cewek2 kayak gW suka kemanjaan.

Ngelewati makam Kalibata memory gW terbang lagi ke beberapa minggu sebelumnya. gW and temen2 GLATTO&Explode ngabisin malem –jam 00.30 abis ngejenguk Ni2s di RS Haji- di tempat ini. Tepatnya PKL makanan di depan makan. Waktu itu pas banget juga gW bareng sama mantan gW. Skrg Qt udah temenan baek and gak ribut2 gY kayak wkt abiz putus. Biasalah remaja… Kalo kata Club 80’s Gejolak Kawula Muda.

Kembali ke laptop…

Huahhh… Akhirnya PGC keliatan juga. Sebentar lagi nyampe dan kita mulai bersiap turun. Gak jauh dari gapura Gading Qt turun. Duk… Duk… gW sempet denger bunyi benda terantuk bbrp kali.

“Sialan tuh sopir! gW belom turun dy uda maen jalan aja. Payung gW sampe ngenain orang.” Gerutu Iyan yang turun paling terakhir.

“Kasian amat tuh orang yang kena.” Celetuk Adhut.

“Eh, kita lewat mana nih?” tanya gW. Dari sini ada bbrp jalur yang bisa Qt tempuh buat pulang. Jalan yang sama kayak wkt Qt berangkat atau...

“Ya lewat rumah mantan lo tuh c DXXXX!” Adhut cengengesan.

Sialan nih org! Tiap gW jalan sama dy di daerah ini and brada di antara 2jln pulang pasti pilihan itu yg jd harga mati. Gak masalah c coz cowo berinisial D ini jrg bgd gW liat ada di depan rumahnya. Pernah c gW ketemu dY gY ddpn rumahnya dan bagusnya sendirian –tnp cWo2 jail ini dskitar gW-

Akhirnya Qt lewatin tuh gapura Gading tapi gak lama Adhut menclok ke counter pulsa yang kebetulan dijagain sama mbak2 berjilbab. Ternyata tuh anak beli pulsa isi 25 ribu. Sambil nunggu c mbak2 ngelayanin c Adhut gW liat2 isi kulkas. Ternyata selain jual pulsa juga ngejual minuman dingin. C Iyan pun tertarik untuk membeli minuman kebangsaan gW, kopi berlabel granule rasa cappucino. Huff… Krna ntar gW gak mW begadang gW gak minat minum kopi. Lagian persediaan kopi instan di kamar gW masih bisa untuk satu minggu ke depan kok.

Gak lama c Mbak2 ini mulai melayani Adhut dengan baek. Dalam ati gW masih menimbang-nimbang untuk beli pulsa atau gak. Sebenernya lebih pada gW beli pulsa harga berapaan, yang ceban atW paket SMS aja ya??? gW males aja kalo pake elektrik ntar yang ada lama. Apa lagi nih hari ujan mulu. Biasanya operator kan ngadat. And berhub gW lebih suka olehraga jempol gW beli deh tuh yang paket SMS. Sambil nunggu c Mbak2 ngubungin operator, C Adhut beli kripik singkong rasa keju. Langsung aja deh c Iyan ganggu. Hehehe…

Meskipun pulsa paketnya belom masuk gW bayar juga deh and Qt langsung chaww dari tempat itu. Di jalan pulang… Karna otak gW udah capek bin lemot kali ya??? gW gak inget apa aja yg Qt omongin. gW rasa c hanya pepesan kosong. Kan Qt emang nggak pernah serius ngomongin sesuatu kecuali masalah beberapa thn lalu kali’ ya… Bbrp kali gW coba ngecekin pulsa gW yang ternyata masih blom masuk juga. Di pertigaan RT 10 komp rumah gW Qt berpisah. Nih tempat punya catetan sejarah penting dalan idup gW. Pertama kali ngerasain cimon tuh dtempat ini. Hahaha...

Sampe rumah seperti byasa kalo masih jam stengah empatan gini rumah masih sepi. Adek2 gW pada blom pulang skul. Nyokap gtw deh ada dmn. Byasanya di kamar ngerjain desertasinya yg blom2 kelar. Kalo liat nyokap agak beban juga ya... gW jadi gak enak kalo ngeluhin tugas kampus. gW masuk kuliah aja belom ada setengah tahun alias baru kelar semester 1. Nyokap aja bisa nempuh studi sampe insya Allah bentar lagi Doktor, masa’ gW gak??? Kan like mother like daughter. Hehehe... Amin...

gW langsung aja ke kamar. Nih badan udah pada lengket. Di rumah org yg pertama kali gW temuin tuh c mbak Dar. Katanya nyokap gY belanja ke Ramayana. gW manggut-manggut aja sambil buru2 buka lemari bWt nyari baju. Begitu dapet baju yang bakal jadi baju bobok gW sekalian, gW sempetin lagi deh ngecek pulsa. Lagi-lagi belom masuk. Mbak gW juga sempet tanya apa operator erorr coz daritadi pagi dy SMS keluat tapi failed mulu. Yahh… Mungkin emang karna pengaruh ujan yang mengguyur dari malem juga.

Di kamar mandi seperti biasa... –yang biasanya gW lupain tuh baca doa. Hehehe…- gW gak punya ritual khusus. Paling2 urutannya kayak gini, pipis kalo gY mules ya nabung dulu, terus gosok gigi –kata nyokap gigi gW layak dipakai untuk iklan. Ayo pak dan Bu produser… Silahkan hubungi gW-, cuci muka –biasanya pake Clean&Clear atau Ponds pink-, baru deh gW guyur nih body pake aer yang lumayan dingin deh. Gak lupa gW membuka konser mini berdurasi kurang lebih 10 menit –gW kalo mandi gak pernah lama. Kalo lama berarti ritual gW bertambah 1 yaitu luluran. Hahaha-, abis bilasan baru deh gW sadar. Hal yang paling sering lagi gW lupain pas ke kamar mandi gW lakuin lagi! gW lupa bawa handuk! Halah! Akhirnya gW panggil2 c Mbak deh bWat ambilin handuk gW. Untung aja c Mbak gak bosen bantuin gW.

Abis bersih2 gW kembali ngecek pulsa gW and masih nol! Yasuu… gW brusaha bersabar dan nonton Doo Be Doo untuk liat c Shayna yang ngegemesin!! Duhh… Anak2 kecil ini… Selain Shayna gW juga demen ngeliatin Angga anaknya Kasih. Jamannya gW kecil kayaknya gW gak lucu2 amat. Tapi tetep imut-lah… Hehehe…

Selese nonton Doo Be Doo plus bbrp infotainment, -kata dosen gW dg Qt nonton infotainment Qt bs mengamati tingkah laku artis2 yang pada aneh2. Tuh objek bagus banget bWt naq2 Psikologi- lagi2 gW mendesah kecewa mengetahui c pulsa gak masuk2 jg. KesabaranQ habis!! SMS yang kudu gW bales makin numpuk aja and gW gak enak kalo gak buru2 bales!

Haaaahhhhh… Mau gak mau gW balik ke counter pulsa. Padahal jaraknya lumayan lho!! Ada kali’ 1km and tuh kudu gW tempuh dg berjalan kaki bak pithecanthropus erectus dari Sangiran JaTim yang food gathering dengan artefak batunya yang masih paleolitikum. Huh, kalo aja motor gW gak mengalami kebocoran, gW gak akan mengalami masa-masa sulit seperti ini. Udah badan gW lemes, kepala pusing, ngantuk… Kalo gW dalam kondisi waras sehat lahir batin, nggak bakal ada tuh nglakuin kayak gini dan otomati romantis, nggak ada juga cerita di balik tanggal 1 ini.

Gak lama gW nyampe juga ke tempat yang belom ada 2 jam gW datengin. C Mbak2nya udah bisa nebak kali’ ya apa maksud tujuan gW brada di sini. Dia pun menghampiri gW.

“Operatornya memang agak tersendat, Mbak. Tapi laporannya sudah terkirim kok. Mungkin sebentar lagi sampai. Biasanya kalo kayak gini di tungguin aja 1x24 jam.”

Buset! Belom2 gW ngomong apa2 dy udah bercerita aja. Padahal niat gW ksini selain emang mW nanya pulsa yang gak nyampe2, gW mW tau nomor nih counter pulsa. Takutnya sampe ntar malem and besok pagi pulsa blom masuk juga. Kalo malem kan gW males jalan dewek ke sini and besok pagi gW ada rencana and udah dibooking bWt melakukan sWtu hal deh.

And c mbak dengan agak dan setelah pembicaraan ngalor-ngidul yang cukup bWt gW capek otak ngasih nomor yang bs gW minta pertanggungjawabannya. gW pun balik masih dengan pikiran yg kmana2.

Begonya gW… Saking udah capek dan ngantuknya… gW bukannya beli pulsa goceng –yang voucher- di counter tadi terus langsung pulang malah nyari jalan pulang yang lebih jauh buat beli pulsa. Yang bikin gW gondok, ujung2nya gW beli tuh pulsa di counter yang jaraknya nggak nyampe 50 meter dari rumah gW –ini setelah W ngiterin komplek gW-. Ya Allah... Kalo udah capek begonya gW tuh bukan lagi stadium 4 tapi udah koma and nyaris mati.

Sampe rumah nanggung kalo mau bobok. Udah jam 5 lewat and bentar lagi maghrib. Keluarga gW ngelarang anak2nya bobok di waktu deket2 maghrib. gW mulai kayak cacing kepanasan deh. Bingung mW ngapain. mW buka laptop tanggung soalnya gW mW dapet inspirasi apa dengan otak yg uda lelah kayak gini. Akhirnya gW bales2n dah smW SMS yang dari pagi tadi menanti jawaban dari gW dengan H2C. hehehe… Sambil ngebalesin SMS gW bolak-balik ke kamar dan ruang TV. Bingung aja gak ada kerjaan soalnya. Tulul dah!

Hufff… Akhirnya azan maghrib juga. gW langsung sholat trus meringkuk di balik selimut pink gW deh. Rasanya baru mejem bbrp saat adek gW masuk ke kamar gW masih dengan Putih-Birunya.

“K’ Aish ntar jd nonton Idol gak??” tanya adek gW.

Duhh… Kalo udah berhubungan sama Idol rasanya gW gak rela dituker2 gY. Tuh audisinya kan banyak yang gokil. gW pun menghela napas. Bingung antara nerusin bobok sama nggak.

“Ntar adek bangunin aja k’ Aish jam 8 ya…” Pesen gW.

Muka adek gW langsung berubah 360 derajat –kalo 180 udah basi!- Wajarlah… Mukanya berubah jadi bete gitu. Ngebangunin gW kan suwelit kali’. Apalagi kalo inget kondisi gW yang gY capek banget ini.

“Nggak mau ah! K’ Aish kan kebo! Ntar kayak waktu itu lagi. Udah Adek bangunin K’ Aish malah marah-marah terus tidur lagi. Kan percuma.” Bibir adek gW maju bbrp senti.

Di dalam selimut gW kembali berpikir. Bener juga yang dibilang c Adek. Kalo udah bobok gue tuh kebo banget. Disiram aer juga belom tentu bangun. Lagian juga ntar selaen Idol, gW juga mW nonton Aya-Cahaya-Aya sama Kasih. Akhirnya gW putuskan gW gak jadi bobok. Hehehe…

Langsung aja deh gW ngibrit ke kamar nyokap sampe2 nyokap sama c Mbak yang gY nonton Diva noleh gara-gara kelakuan gW. gW Cuma bisa nyengir aja. Di kamar nyokap gW ngambil sebuah tas kotak item berisi laptop. Selama liburan ini syukur banget deh nyokap kooperatif minjemin laptop pinjeman ini ma gW. Hehehe…

Lagian kalo nggak pake laptop gW kudu nunggu c Nduty-adek gW- selese maen game komputer dulu. And itu bisa mpe jam 11 malem nunggunya. Kalah lama sama nunggu antrean minyak tanah. And kalo pake komputer nyokap??? Gak bakalan boleh sampe ntar nyokap selese jadi doktor. Lagian gW juga malay pake komp nyokap. Yang ada gW sial mulu!!

And ngomong2 komputer… Komp di kamar gW masih blom dibenerin juga. Buset dah! Padahal udah hampir setahun ini rusak. Dulu bonyok janji mW benerin kalo gW lulus dengan nilai bagus. Eh nyatanya gak jadi2 alasannya bisa pake komp berdua sama Nduty di ruang TV. Yasuu... gW c berharap besok2 bukan lagi komp pentium 2 tu berubah jadi pentium 4 atau yang paling canggih. Cukup brubah bentuk jadi laptop aja deh. Hehehe...

Abisnya gW suka banget nulis everytime and everywhere... Kalo musti pake komp dg CPU kan ribet kalo gW bawa2. Enakan pake laptop kayak sekarang ini gW buat nih cerita. Udah bisa gW pake sambil tiduran di kasur, bisa sampe subuh jufa gy. Enak and praktis banget kan??? Kata nyokap gW bukannya mengeksploitasi org laen malah mengeksploitasi diri sendiri. But ya udah sih sepele, yang penting kan gW gak ganggu orang laen and terpuaskan seluruh hasrat gW ne.

Di kamar, jari-jari gW yang biasa menari di atas senar gitar mulai bermain di atas keyboard laptop. gW yang seharusnya udah capek ati and otak mulai membangun pertahanan. gW harus bisa menghasilkan sesuatu di waktu gW ini. Mulailah tercetus sebuah ide! gW mW mencritakan apa yang terjadi pada gW tanggal 1 Februari ini. Mulai dari pagi sampai pergantian hari tengah malam nanti.

Selagi asyik-asyiknya gW menelurkan selruh hidup gW hari ini, dering 3360 gW tercinta mengusik. gW sempet bingung untuk mengangkat atW gak coz di layar hanya ada nomor tanpa nama. Meski sering dapet telepon iseng kali ini gW malay untuk menanggapi. Tp hp gW terus merongrong unt gW angkat.

Ternyata telepon itu dari Chilfi, temen gW yang ultah hari ini. Dy pake nomor 3-nya Chimenk yg baru makanya blom sempet nyangkut di phonebook hp gW. Qt pun ngobrol seru and sejenak gW lupa dg crita yg gy gW tulis. Chilfi minta gW ke rumahnya dan menawarkan jasa antar jemput dari temen2 Glatto gW yang ternyata gY ada di hoz Chilfi. gW pun melirik ke arah jam dinding biru dengan wajah Cannavaro, Nesta, Inzaghi dan… gW lupa namanya siapa yang pasti nih cowok macho banget and pas PD 2006 doi ada di posisi beck, brewokan but bukan Matterazzi lho-sbg latarnya. gW emang suka banget sama Tim Italia. Wlaupun kemenangannya lawan Prancis senpet heboh gara2 Zidane melakukan penyundulan maut itu.

Kembali ke laptop…

Jam udah menunjukkan pukul 19.43. Waduh… bakal pulang jam berapa gW kalo jam segini baru pulang. Bukan masalh gW takut pulang malem tapi besok pagi gW mash hrs ngelakuin sesuatu dan itu cukup pagi. Dengan amat sangat berat hati –pastinya gW gak lebay! gW slalu menantikan saat2 berkumpul dengan naQ2 Glatto- gW menolak ajakan Chilfi. And temen gW yang sangat pengertian ini pun memahami alasan gW yang tak dapat ikutan ke rumahnya. Padahal rumah kita lumayan deket lho! gW di Litan Chilfi di Halim. Tp berhub gW juga agak pusing and capek ya gW hrs memilih. Lagian nyokap pasti gak ngijinin. gW udah ngayap seharian. Hehehe…

Gak lama hp gW berbunyi terus. Banyak SMS2 masuk dan cukup membuat konsentrasi gW terganggu. gW ngeberesin laptop ters jalan ke ruang TV. Acara yg bWt gW gak jd bobok udah mulai. Di depan TV yang ada gW bukannya nonton malah sibuk SMSn and ngetik nih cerita. gW sampe gtw deh gmn tuh audisi Ido an jln crita Aya. Tp gW sempet tertarik bWt nonton duel Mamamia vs Stardut. Seru juga nih bocah2 pada di adu nyanyi.

Tp itu jg gak lama. Sambil nonton SMS dari naQ RRG minus banyak -Chahyu –Cha-, Ami and Amel- mulai buat otak W bekerja lebih keras. Mereka ngebahas rencana yang besok akan Qt jalankan. Kan besok Acid ultah. And gilanya... Saat itu gW jua tengah berSMSn ama c Acid. Emang tugas gW c yg bWt dy gak curiga bakal ada rencana surprise buat dy.

Jd critanya anak2 RRG slama seminggu ini gak ada yang SMSn ama Acid kecuali gW. Emang udah dirncanain begono and ne bocah sempet curiga juga c knp yang laen pada gak da yg bales SMSnya. gW sok2 bego gtw dah. Sabodo teuing. And malem ini ternyata Cha blom telp nyokap Acid bWt minta ijin bWt acara besok. Cha binun gmn ngubungin nyokap Acid coz takutnya yang angkat telepon malah Acid atau gak nomornya Cha kelacak dari telepon Acid. gW bilang pake bismillah aja dah byar lancar. Hehehehe…

Mulailah gW dsuruh mbWt Acid sibuk dg SMS2 gW. C Cha malah sempet minta gW telp. Berhub gW gak da pulsa telp ya gak jadi. Oh iya, pulsa SMS gW akhirnya masuk juga skitar jam6-an. Alhamdulillah deh gak jadi rugi ceban! Sebenernya gW makin capek ati c coz tertekan takutnya gW salah kirim SMS. Kan gak lucu SMS buat Cha kekirim ke Acid. Kalo SMS Acid yang kekirim ke Cha mah gak masalah. Kalo kebalik itu lho!!! Bs2 gagal semua acara.

Makin malem makin capek aja gW. Niatnya mW nonton Kasih tapi gak kesampean. gW malah nonton FTV di SCTV. Kebetulan yang maen udah sering wara-wiri di TV bahkan di Film. Yang maen tuh Carissa Putri, Mario Cokelat Stroberi sama Lian Firman yang maen Miracle. Lumayanlah FTVnya bisa buat gW menikmati jalan ceritanya.

And kabar dari Cha mengatakan nomor telepon rumah Acid gak nyambung and nomor hp nyokapnya gak aktif. Ya udah c… Sepele. Hehehe… But gak lama ternyata c Amel SMS dy uda telp nyokap c Acid td pagi. Syukur deh.

And begitu FTV-nya kelar gW balik ke kamar. Niatnya masih mW bercerita. Adek gW c sempet minta ditemenin nonton duel Mamamia-Stardut tp gW udah gak minay coz yakin Mamamia bakal menang. Gak lama nyampe kamar c Adek dateng and menyebarkan fakta kalo ternyata yang enang duel Stardut dengan selisih angka 1. Buset! Agak kecewa c secara gW ngejagoin Mamamia ditambah selisih satu angka aja. Nyesek banget dah! Yahh... Kita ambil hikmahnya aja deh... Emang juru votelock-nya mungkin memang masyarakat pecinta Dangdaww... Hehehe...

Gak trasa uda lewat juga tuh tanggal 1. gW terus ngetik cerita sampe jarum kayaknya sih jam 1-1an dinihari gW baru bobok.

Huaaahhhh..... Zzz... Zzz...