Dinihari ini, gue mau cerita tentang nyokap gue. Nggak tau apa karna gue lagi PMS atau gue emang lagi dapet hidayah. Haha gue jadi mikir antara PMS sama dapet hidayah itu beda tipis kayaknya. Gue ngerasa jadi anak yang useless banget malem ini. Yahh walaupun sebenernya gue udah useless dari kapantao kali.
Buat gue, nyokap gue adalah nyokap yang paling sempurna yang pernah Allah kasih ke gue -gue yakin semua anak juga bakal bilang gitu-. Gue juga yakin belom tentu ada nyokap lain yang mau berbesar hati, jiwa dan raga menerima difficult child macem gue yang kerjaannya bangun siang terus bangun-bangun langsung ngadu laper ke nyokap dan ngejogrog di depan TV sambil ngemil gorengan -pantes aja perut gue bentuknya angka 3 kalo dari samping-. Ck, yang tadi bukan bentuk kedifficultan gue tapi lumayan bikin nyokap nyap-nyap tiap hari.
Nyokap gue itu.. Mmm gue mulai dari mana ya? *mikir
Nyokap gue itu kayaknya campuran cerdas dan beruntung. Kenapa gue bisa bilang gitu? Soalnya nyokap gue sekarang mau jadi Doktor bukan dokter. Dan nyokap gue nyelesein S1-S3nya seluruhnya di PTN dimana S1 diselesaikan di Univ. Udayana-Denpasar, S2 di Univ. Indonesia-Depok dan S3nya di Institut Pertanian Bogor. Dan dua gelarnya yang terakhir didapat melalui jalur beasiswa.
Sedangkan gue??
Lulus SMA aja terseok-seok. Gue anak IPA dengan nilai kelulusan lima koma sekian pada mata pelajaran fisika, kimia dan TIK (teori). Apa gak kurang salju tuh gue??
Gue dapet PTN disaat-saat terakhir dimana IPB, UNDIP, UNBRAW, STT TELKOM, STAN udah ngedepak PMDK dan ujian mandiri gue. Lewat SPMB, gue lulus di Udayana dan lewat mandiri gue dapet di kampus gue sekarang. Psikologi UIN SyaHid. Semoga keberuntungan nyokap gue nyiprat dikit-dikit ke gue deh. Kali aja mendadak skripsi gue kelar bulan Agustus terus dapet beasiswa buat lanjutin sekolah, who knows??
Nyokap gue tuh wonder woman. Rajin banget! Contohnya aja tadi sekitar pukul 01.10 saat gue masi nonton TV eh nyokap keluar dari kamar. Gue kira udah bobok nggak taunya masih aja ngerjain desertasinya. Mana ntar pagi jalan ke Bogor. Mana mesti ngurusin rumah, ngurus bokap, gue dan 2 adek gue. Hadooohhh.. Gue aja nggak bakal sanggup ngerjain kayak begituan macem nyokap gue. Gue jadi mikir, nanti kalo gue udah merit dan punya anak apa gue bisa kayak nyokap?
Gila aja yaaa.. Gue jarang banget kelaperan di rumah. Pasti pagi udah ada aja yang bisa gue makan. Gue sering banget bangun siang. Disuru nyuci baju males, cuci piring sama aja, seterika baju apalagi -intinya males semua-.. Dan nyokap bisa nyelesein semua itu. Gue amit-amit banget deh jadi anak. Yahhh sekarang sih pelan-pelan gue berusaha ngerubah.
Ada banyak hal yang bikin gue menye parah kalo inget nyokap. Nyokap rela tuh ninggalin keluarga besarnya buat ngintilin bokap -emang harus kali ye? Tapi itu tanda nyokap gue setia-. Nyokap gue nggak pernah ngeluh. Nyokap kuat banget. Sampe ada part yang bikin gue udah nyaris 'habis' -gue gak suka nyeritain bagian itu, ntar di Padang Mahsyar juga lo semua bakal tau kayak apa hebatnya nyokap gue-, nyokap gue masih aja ngadepinnya dengan ketawa-tawa.
Ahhh sakit jiwa!!!
Kadang gue ngerasa udah capek banget sama situasi yang gini-gini aja. Sama keadaan yang gak ada berubah-berubahnya. Sama kenyataan yang ngebuat gue pengen lari dan sembunyi. Capeklah intinya. Tapi nyokap bikin gue nggak ngelakuin itu. Nyokap selalu punya cara untuk buat gue patuh tanpa ngerasa terpaksa. Nyokap itu nyontohinnya pake aksi bukan gerak bibir yang gak berenti-berenti.
Allah.. Udah dong.. Udah yaaa.. Sampe sini aja.. Angkat semua bebannya.. *plisssss
Dan layaknya makhluk Allah dan seorang manusia biasa, nyokap pasti juga ada kekurangannya tapi buat gue itu semua nothing. Bener-bener nggak sebanding dengan apa yang udah nyokap kasih.
Huff.. Ini tulisan gue teramat sangat biasa untuk menggambarkan nyokap gue yang sangat luar biasa.
Makasih Ya Allah udah menitipkan saya pada Bunda sesempurna beliau..
Saya mungkin bukan anak yang baik dan sama sekali jauh dari sempurna, tapi paling nggak untuk yang ini, doa saya malam ini mohon dikabulkan Ya Allah..
Jaga Ibu yaaa.. Bahagiain Ibu..
Paling nggak Ijinkan aish memberikan cintaMu lewat tangan kecilku..
Just for my Buns..
Kakak sayang Ibu.. ;*
No comments:
Post a Comment