Saturday, April 30, 2011

Happy Birthday to Me

Udah 22 tahun aja umur gue. Tua yeee.. *puas lolopada yang demen banget ngatain gue TUA!!! Haha.. Mau gimana juga gue nggak akan bisa lari dari kenyataan kalo sekarang ini umur gue udah 22 tahun satu hari. Kalo dalam fase perkembangan udah dipatenkan berada dalam tahapan perkembangan dewasa awal dimana saat itu mulai deh kepikiran yang namanya masa depan, menikah, bikin anak *bah!, kerja, dan hal-hal yang cukup rumit lainnya. Sori-sori-sori jek! Gue udah lupa sama makul Psi. Perkembangan II jaman semester lampau itu jadi ya pasti lupa juga sama apa aja tugas-tugas di fase perkembangan. Ntar gue cekidot deh ke gugel apa aja tugas perkembangannya. Eh bentar deh,. Gue cabut dulu ngubek-ngubek foldernya Bloewy. Kali aja nemu itu tugas perkembangan. Bentar yaaaa.. *wuuuuuussssshhhh.. Dan ternyata tidak ada sodara-sodara..
*penonton kecewa =p

Eniwei, gue berada dalam tulisan ini bukan untuk ngebahas apa aja tugas perkembangan gue paling nggak sampai beberapa tahun ke depan sebelum gue memasuki dewasa madya. Gue menulis disini untuk sekedar napak tilas atas apa yang terjadi di setiap tanggal 29 April sepanjang gue membuka mata.

29 April 1989
Ini udah pasti jadi hari hidup mati Bunda gue-lah. Hari dimana Bunda gue ngelahirin gue sendirian karna Ayah masih otw dari Dili menuju Bali (You’re wonder woman, Buns!!). Gue lupa-lupa inget, proses gue lahir itu lama dan susah atau nggak. Cuma kalo menilik kepribadian gue yang super duper unik ini (baca: difficult), pasti gue sulit dilahirkan dan memakan waktu yang lama. Hari dimana gue diazanin dan diqomatin. Hari dimana gue nangis dan ngelihat dunia yang semakin menua ini untuk pertama kalinya -gaya banget bahasa gue-.

29 April 1990-1991
Sumpah gue sama sekali nggak inget apa yang terjadi di tanggal ini.. hahaha

29 April 1992
Gue ngerayain ulang tahun gue yang ke-4 di Bali tepatnya di Kayu Mas, kompleks rumah gue. Kalo lo ke Bali, Lolopada nggak bakal nemuin lagi itu kompleks perumahan. Karena sebelum umur gue beranjak ke angka lima, kompleks itu dikosongkan dan sempat jadi hutan ilalang, -mana persis di sebelah kompleks itu adalah areal pekuburan yang maha besar- terus direnovasi jadi kayak area pasar malem, sempat juga jadi tempat pagelaran bazar-bazar gitu deh, gue nggak gitu tau. Yaelah, ini napa gue bahas Kayu Mas. Gue mau nyeritain ulang tahun gue yang ke-4 ini. Sampe gue bela-belain buka album foto cuyyy..haha

Ulang tahun gue ini mengundang anak-anak seumuran gue –pastinya, masa gue ngundang oom2 (-.-)- yang ada di sekitar rumah dan sekitar komplek perumahan Mbah gue secara gue kan anak titipan, tiap Bunda ngajar, gue pasti di titipin ke Mbah. Mereka pada dateng jam 4 sore, kayak gitu kan ya yang biasa ada di undangan anak bocah plus tulisan TIADA KESAN TANPA KEHADIRANMU. Tapi gue sama skali nggak inget gimana bentuk undangan ulang tahun gue. Di ulang tahun gue itu berdatanganlah belasan temen-temen gue disertai bimbingan orang tua dengan kado yang mereka bawa. Ahhh gilak! Gue paling suka dikasih kado, men!!
Pas ulang tahun gue itu, gue pake terusan pendek warna putih berenda-renda gitu. Pake anting yang bentuknya kayak Kaio Shin (kalo lo nggak suka baca komik Dragon Ball, gue nggak yakin lo gak ngerti bentuk antingnya), terus pake bedak dan rambut disisir belah pinggir dengan poni yang menutupi jidat gue yang emang seluas lapangan golf. Nah, ditengah-tengah ruang tanu gue yang penuh tamu undangan itu, ada sebuah meja bambu berbentuk persegi panjang yang nyaris bujur sangkar dengan taplak *entah itu kain apa* dam sebuah kue tart dengan lilin berangka 4 berwarna merah putih!! (lo kebayanglah…). Dan gelinya, itu kue gue bukannya gambar Power Rangers, Jiban, Ksatria Baja Hitam atau Jiraiya, tapi itu kue kotak berkrim dominan putih dan permukaannya berwarna warni dengan kembang gula berbentuk bunga. BUNGA ya tolong!!! Mana warnanya lumayan ngepink gitu. Alamak!!! Dan layaknya ritual ulang tahun pasti ada nyanyi lagu Selamat Ulang Tahun, potong kue dan bagi-bagi kue. Yahhh seperti itulah ulang tahun gue. Nggak jauh berbeda. Nah giliran waktunya nyanyi-nyanyi nih, gue nggak bakalan mau nyanyi sendirian. Pasti maunya nyanyi ramean gitu. Itu juga angot-angotan.

Oh iya, momen terbaiknya di ultah gue ini, -kata Bunda- Nduty yang waktu itu umurnya belum 2 tahun dan lagi belajar jalan mendadak berdiri dan joget-joget sambil ketawa-tawa pas ulang tahun gue. Hwaaaa fotonya sumpah unyu banget!!! Jangan Tanya deh sekarang dia kayak apa.. kayak Raksasa!! Hehe

29 April 1993
Ulang tahun gue yang ke-5 ini dirayakan di kompleks perumahan gue yang baru di Jl. Kapten Japa Asrama Hyang Batu K10/2 Denpasar. Hahaha ingatan gue bagus kan?? Ya iyalah! Salah satu impian terbesar gue adalah membeli lagi rumah itu dan gue tinggalin deh. Bodo amat biar dikata itu rumah hantunya maha banyak. Stop it, Ish! Lanjut ke ultah gue yaaa…

Insiden kecil sebelum ultah gue berlangsung adalah gue ngambek dan nggak mau keluar pas acara ultahnya udah mau mulai. Alasannya –setelah gue ingat-ingat dan berpikir keras sampai otak gue berasap *lebay*- karena Bunda nyuruh gue pake kalung dan gue ogah make itu kalung dan karena dipaksa terus akhirnya gue ngambek. Hahaha.. I’m difficult, right? Gue sempet duduk ngegelosor di pojokan ruang tamu sambil cemberut aja. Gue lupa apa yang buat gue girang lagi yang pasti itu acara jalan aja.

Di ultah gue ini gue make terusan pendek bergaya sailor gitu warnanya merah dengan garis-garis putih. Tuh tanda gue udah nasionalis dari kecil kan? Hahaha.. dan lucunya topi ulangtahun gue itu hasil kerajinan tangan dan kesenian dari Bunda dan tante-tante gue lho! Nah berbeda dengan ultah gue di tahun sebelumnya, tahun ini gue tumpengan lho sodara-sodara –berasa mau jadi perangkat desa aja-. Gue potong dah itu puncak tumpengnya dan nggak inget *blank* hahaha

29 April 1994-1998
Gue nggak inget apa moment apa di ultah gue. Yang gue tau nggak dirayain lagi *gantian sama adek gue* tapi gue masih ultah di Denpasar.

29 April 1998-2000
Hmmm gue juga nggak inget kayak apa ultah gue. Pastinya dapet kado, dapet duit dan gue nggak lagi ada di denpasar, tapi udah hijrah ke ibukota nan bengis dan kejam ini, Jakarta (-____-)

29 April 2001
Hahaha kalo inget tahun ini mah gue geli sendiri. Ini jaman gue masi kelas 6 SD. Dua tahun sebelumnya gue belom gitu deket sama temen-temen gue. Jaman dulu sampe sekarang malah, yang namanya tradisi nyeplokin orang yang ultah kayaknya nggak bakalan mati deh.
Sumpah! Kalo ada temen gue ngelakuin hal ini ama temen gue yang Lain, gue nggak pernah ikutan. Lo pernah denger kan pepatah atau apa kek itu namanya yang intinya ‘Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan’. Gue hanya menerapkan hal itu karena emang gue nggak suka digituin dan gue nggak suka kotor-kotoran begitu. Nah, temen-temen esde gue kayaknya nggak peduli sama prinsip gue itu dan pada penasaran kan mau nyeplokin gue pake telor, tepung dan barang-barang menjijikkan lainnya. Anjrit! Seharian gue udah deg-degan aja itu di kelas, secara ntar balik-balik alamat gue jadi adonan. Bah! Gue udah siap-siap ngibrit aja deh walaupun gue tau hanya mukjizat Tuhan yang bisa menyelamatkan gue. Dan mukjizat itu datang.. *Allah sayang banget dah sama gue yang berkelakuan baik ini* hahaha

Pas jam terakhir kira-kira 15 menit sebelum jam pulang, wali kelas gue mendadak ngasih kuis -anggap aja istilahnya gitu ya-. Siapa yang bisa jawab duluan, dia boleh pulang duluan. Langsung deh temen-temen gue mendesah gelisah secara gue yang selama ini masuk 3besar dan nggak pernah ada di posisi 3 –sori men gak maksud sombong- =p secara otomatis nggak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Biar gitu gue nggak boleh lengah karena ada 5 orang yang agak gue waspadai yang nggak lain adalah 5 peringkat teratas di kelas gue selain gue (Amel, Wiwi, Indra, Cherry sama Dimas *FYI, kita jaman esde udah digosipin saling bercouple lho!*). Soal pertama pun dibacakan. Kalo nggak salah IPS –makanan gue banget itu- dan Langit Pun Mendengar doa anak kecil yang nyaris teraniaya itu. Gue mangangkat tangan dan menjawab BENAR! Bu Ginting selaku wali kelas gue tersenyum dan mempersilahkan gue pulang. Langsung aja gue ngibrit setelah sebelumnya melemparkan senyum penuh kemenangan ke temen-temen gue yang entah kenapa seharian itu gue kayak ngeliat ada tanduk diatas kepala mereka *pisss.. Sori, gue mengacaukan acara. Hahaa

29 April 2002
Gue udah eSeMPe nih… udah putih biru. Udah ngerasain menstruasi pertama pas bulan Januari-nya *ups*. Seinget gue, pas ultah gue ini, gue di Jakarta cuma sama Ayah, Nduty dan Mbak Dar. Bunda sama Adek udah dari 4 bulan sebelumnya menetap di Bali.
Gue lagi belagu-belagunya sok eksis sama ekskul gue –Paskibra- secara Paskib di SMP gue termasuk yang wow dan anak paskib pasti ikutan waw!! Sebenernya gue masuk paskib juga gara-gara bujuk rayu temen gue. Gue yang awalnya anak PMR cabut juga ke Paskib. Jujur gue nggak ada nyesel-nyeselnya cabut dari PMR. Paskib ngerubah hidup gue, ngerubah gue dan gue grateful untuk itu. Gue dapet temen yang oke, solid dan penuh kebersamaan dan kekompakan *halah!

Dan mereka dengan sangat tega dan suksesnya mengerjai gue. Lolopada tau kan kalo paskib sama bimet itu 11-12 alias selalu berhimpitan. Dan sialnya saat itu mainannya bukan bimet. Tapi seharian gue dikacangin sama itu bocah-bocah. Kagak ada yang negor gue. Buset! Gue mendingan dibimet daripada dikacangin. Tapi sorenya mereka dengan muka-muka inosennya member gue sebuah kado.. Oh my… The Black Team 2001 emang bener-bener deh. Sampe sekarang kadonya masi gue simpen tuh… Thanks, Guys.. Lolopada yang ngenalin gue dengan apa yang disebut ‘surprise’. Dimas entah deh dia ngapain pas gue ultah. Kagak inget gue. Hehe

29 April 2003
Ahahahaha ultah gue ini gue habisin sama si ‘Abang’ Indra. Si Abang ngasih gue kado plus puisi yang keren parah!!! Keren! Udah pernah gue publish kayaknya. Kalo nggak salah judulnya In The Name of Love –ini yang ngasih judul gue secara si Abang nggak ngasih judul apa-apaan-. Gue nggak inget 2001 ngapain.

Mmmm.. Gue rada nggak inget apa yang terjadi di tahun ini. Ada yang ngasih gue jam beker sama jam tangan tapi gue lupa lagi itu pas tahun ini atau tahun lalu atau tahun sesudahnya. Tapi gue inget dikadoin gitu gue. Hehe

29 April 2004
Mmmm.. di tahun ini gue kayaknya mulai capek ‘main api’, tapi bukan berarti gue nggak dikelilingi cowok-cowok unyu. Anjirrrr gue jaman bocah belagu banget dah.. ckckck.. Eits jangan nettink dulu! Cowok-cowok unyu ini nggak lain nggak bukan adalah personiel band gue –Dheva-. Dengan unyunya pas balik sekolah mereka (Iyan, Egi, Mpeb, Tephen) ngasih gue kado yang lumayan gede and You Know What?!! Abis gue dikerjain. Itu bungkusan dilapis korang ada kali 5 juta lembar sampe akhirnya menyusakan satu kotak kecil bernuansa etnik. Dan begitu gue buka, isinya jam tangan yang cewek banget. Sumpah gue ngakak.. Nggak kebayang aja gitu mereka berempat jalan bareng nyari kado buat gue dan itu jam tangan cewek. Unyu banget sih kalian!!!

Di tahun yang sama kayaknya gue dapet kado juga tapi gue lupa.. kayaknya nggak tahun ini deng.. hahaha mmm.. maaf deh kalo kelupaan.. haha

29 April 2005
Yang ini gue udah eSeMA dong!! Udah makin belagu aja gue nih jaman. Gue juga deket sama temen-temen sekelas gue Cuma kayaknya belum ada momen yang berarti deh. Yang gue inget, gue dapet hadiah patung Taz dari Dea. Trus gue dapet Dua pasang gelas dari nyokap. Gelas Tom&Jerry. Ahhh.. nggak banyak yang gue inget mah pas tahun ini.

29 April 2006
Nyokap nyuruh gue ngundang temen-temen sekelas gue buat makan-makan di rumah. Ya makan-makan deh kita. Pas kejadian ini berlangsung itu pas gue broken-brokennya bubar ama Iting secara itu bubaran 9 hari setelah ultah dia atau 10 hari sebelum ultah gue. Tapi dia sempet ngasih gue gelang etnik dan masih ada tuh di kotak kramat gue. Jadilah itu ultah gue rame di rumah. Pas itu gue dapet kado juga dari Uccy berupa bingkai foto. Kayaknya masih ada yang lain tapi beneran gak bisa inget deh gue.

29 April 2007
Hwaaaaa… ini lagi tegang-tegangnya abis UN. Ehhh udah belom ya? Udah kayaknya.. kalo nggak UN ya UAS. Salah satunya deh. Gue dapet surprise dari Insan, Silfi, Dendy, Ninis, Resti, Cimenk, Indah sama Devy . Mereka ke rumah sambil bawa kue tart ‘handmade’ mereka plus satu novel dari penulis favorit gue ‘Pesan dari Bintang’nya Sitta Karina. Yang bikin gue makin cengengesan ya karena saat itu status gue jadi Single but not available. Dan di Iting satu itu lagi-lagi ngasih gue gelang –dan masih tetep gue simpen juga-. Mereka ngabisin waktu di rumah gue dari sore sampe malem. Dan ujungnya kita foto-foto deh. Hehehe

29 April 2008
I’m really grateful!!
Mungkin cuma itu yang bisa gue ucapin. Gue udah nggak lagi pake seragam alias gue udah kuliah coy!! Gue banyak banget dapet kejutan bahkan sampai satu bulan setelah hari ultah gue.

Bermula di rumah, tengah malem gue disuru tiup lilin dan dikasih kue tart besar sama Bunda =D dan nggak hanya itu. Gue juga dapet bantal I Love You yang didominasi warna biru dan ada juga pink tua-mudanya plus sebuah diary –gile! Enyak gue ade aje yeee…- dari nyokap. Di diary gue halaman-halaman awal ada tulisan ucapan dari Nyokap, Adek, Nduty dan Mbak Dar.

Nggak lama dari situ gue dapet kado juga dua mug dari oom gue. Dan malemnya, yang sangat nggak disangka-sangka si Adhut, Wiwi sama Iyan ke rumah bawa martabak yang penuh lilin. Mereka dateng dengan rusuhnya lewat pintu belakang kamar gue. Dan dateng-dateng bukannya ngucapin apa gitu ke gue malah gedabrukan nyariin nyokap (-______-). Tapi sumpah seru banget malem itu. Mereka ngeberantakin kamar gue! Ckckck

Nggak lama dari hari H gue, anak Glatto ngasih surprise kado jam tangan juga. Dan RRG dengan sangat mengesalkannya –itu kado bukannya dikasih tapi dilempar ke gue, cuy!!- menutup birthday gue di akhir Mei. Mereka ngasih gue bukunya Sitta yang ahhhh –speechless- gue suka banget!!! Nggak usah lolopada Tanya, pasti gue simpenlah!! Hahaha

29 April 2009
Mmm gue dapet surprise kue tart cokelat dari RRG. Kejadiannya pas di lantai 3 tuh.. mereka ujug-ujug bermunculan membawa kue. Make a wish, niup lilin dan potong kue deh gue. Abis itu gue bagi-bagiin deh kuenya. Hehe
Apalagi ya??
Gue nggak tau kalo anak Glatto nyiapin kado buat gue, itu kado ternyata ngerem di rumah Indah sampe setahun lebih. Gue dapet tas selempang dari mereka dan itu barang baru sampe di tangan gue pada November 2010. Sumpah ngakak gue! Hehe

29 April 2010
Tahun lalu ya…
Yang special dateng dari RRG. Mereka nyulik gue pas gue lagi ngerjain Bimod dan bikin tulisan tentang Pemira. Gue dibawa ke deket Syahida Inn terus dikasi Junk Food alian Pizza Hut. Gue niup lilinnya pake lilin segede lilin Cina ya Sodara-sodara. Tapinya RRGnya nggak lengkap. Cuma ada Acid, Amel, Arini sama Chacha aja. Udah gitu lucunya mereka ngasi balon-balonan juga. Ada bentuk mahkota ama pedang-pedangan. Abis makan dan NGGAK ngabisin pizza, kita foto-foto dan balik ke kampus deh soalnya ujan udah rintik-rintik.

29 April 2011
Baru terjadi beberapa saat yang lalu. Belum ada 1 x 24jam. Hari ini gue nggak ada feeling apa-apa ke kampus. Emang gue aja kali ya afek datarnya makin menjadi. Gue ngurusin deh itu kelas buat coaching dan ngibrit nyari Pak Mujib. Konyolnya pas lagi ngurus kelas dan disuruh nyari OB, gue malah keasikan ngobrol sama anak semester bawah di Starbaks.

Nggak lama gue ngelayap lagi sampe lantai 2 dan ternyata dimudahkan mengurus kelas. Habis itu gue ketemu Ratu yang lagi nunggu UTS –sumpah ini gue nyeritainnya udah berasa males banget soalnya masih segar dalam ingatan tapi ini gue taro paling belakang jadi udah males ngetiknya. Hahaha-. Ngobrol ngalur ngidul nggak lama Arini muncul. Sebenernya gue ngerasa ada hawa-hawa aneh –mulai dari Amal dan Acid yang maha lama entah kemana mereka sampe berkarat gue nungguinnya- tapi yaudahlah. Gue kan lagi dalam fase males mikir jadi gue kayak ngikutin alur aja deh. Mau ngerjain kek mau ngapain juga pasrah.

Dan bener aja kan.. Setelah gue dan Arini lama bernunggu di lobby, Amal dating. Kita diskusi bentaran dan TA-DA!
Muncul juga itu wanita-wanita penggoda lengkap dengan senjatanya. Tujuh buah burger plus selada, saos sambel gitu deh dan jejeritan nyanyi Selamat Ulang Tahun. Gue nyengir aja deh. Bingung mau ngapain. Hahaha abis itu lo udah pada tau kan gue ngapain? Biasalah ulang taunan. Nggak usah geleng-geleng deh. Ya gitu.. Hahaha

Layaknya ulangtaun lainnya ya begitulah.. Gue digiring ke lobi samping sambil bawa-bawa nampan serasa waiters. Minjem piso ama garpu terus motong-motongin jadi bagian yang imut-imut kayak muka gue. Yang gue nggak tau, ada aja yang berkelakuan aneh di belakang gue yang baru gue tau dan ngakak kenceng pas liat videonya di rumah. Itu video padahal nggak kedengeran suaranya tapi kelakuan mereka udah lucu banget. Gimana ada suaranya?? Ckckck

Nggak lama adalah tahap penghabisan. Gue sempet nerima ucapan selamat ultah dari beberapa adek angkatan. Makan-makan deh itu makanan sampe tandas tak bersisa. Gue sempet dikerjain Chacha buat nyuci bekas pesta pora itu di westafel kantin. Habis itu gue juga fotoan sama Nisa yang kebetulan ultahnya barengan ama gue. Kelar begituan gue bersiap pulang aja soalnya mau nonton The Royal Wedding-nya Wills ama Kate.

Begitu jalan cerita perjalanan gue di kampus. Ada beberapa fakta penting nih seputar ultah gue. Nggak penting juga sih tapi buat gue unik aja.
>> Gue udah dapet kado ultah sekitar 2 minggu sebelum hari H B’day gue dari tante gue. Gue dapet sepasang sepatu berwarna biru yang sepertinya akan menjadi sepatu kesayangan gue setelah Kets Pinky, Everlast, dan Erwolk.
>> Semua Ex gue nggak ada satu pun yang muncul di wall FB gue. Bukan berarti nggak ada sebuah ucapan. Mereka mengucapkan dengan cara mereka. Boo milih ngucapin via SMS, sama kayak si Iting. SMS mereka dateng sebelum gue bangun tidur. Dan Abang milih untuk ngucapin via inbox FB. Sedangkan si Schatzy nggak ketauan rimbanya. Ya wajarlah, udah beristri. Alamak.. Lucu sekali mereka!!!
>> Yang nggak kalah membuat gue mengerutkan dahi. Dua sahabat gue –sahabat? *mikir*- memilih cara yang sama. Yang satunya bergerak lewat inbox FB. Dengan kata-kata yang sebenernya bisa sangat meluluhkan gue. God.. Grant me the serenity.. Katakan bahwa saya kuat dan tidak akan terluka lagi. Yang satu lagi memilih media yang masi cukup sepi –paling nggak menurut gue mendingan daripada FB- yaitu di Twitter. Kalo yang dua lagi entahlah.. nggak ngarep diucapin gue mah gue. Toh dari dulu juga udah biasa kan nggak ngucapin =p –Gue udah terlanjur terbiasa dengan apa yang disebut biasa-.

Itu kenapa gue sebut unik –terutama 2 poin terakhir-. Kenapa mereka memilih menyepi dan bermain cukup privasi?? Saya menghargai apapun itu. Dan saya juga tak bisa membiarkan diri saya tidak menganalisisnya. Hwew..
Begitulah hari ulang tahun gue..

Gue udah 22 tahun cuy!! 22!! Hahaha
Gue gagal memenuhi 2 target gue. Yang pertama bisa maen keyboard dan yang kedua mengantongi sim A. Tapi sebelum menyentuh angka 24, saya akan kembali mengejarnya plus satu target baru! Gue mau tulisan gue publish, please..!! hahaha
Kabulkan doa saya, Ya Allah.. Amin..

FYI, gue berniat mencari foto ultah gue dari abad ke abad, kalo udah nemu gue posting ya.. ;D

No comments: