Saturday, April 30, 2011

Happy Birthday to Me

Udah 22 tahun aja umur gue. Tua yeee.. *puas lolopada yang demen banget ngatain gue TUA!!! Haha.. Mau gimana juga gue nggak akan bisa lari dari kenyataan kalo sekarang ini umur gue udah 22 tahun satu hari. Kalo dalam fase perkembangan udah dipatenkan berada dalam tahapan perkembangan dewasa awal dimana saat itu mulai deh kepikiran yang namanya masa depan, menikah, bikin anak *bah!, kerja, dan hal-hal yang cukup rumit lainnya. Sori-sori-sori jek! Gue udah lupa sama makul Psi. Perkembangan II jaman semester lampau itu jadi ya pasti lupa juga sama apa aja tugas-tugas di fase perkembangan. Ntar gue cekidot deh ke gugel apa aja tugas perkembangannya. Eh bentar deh,. Gue cabut dulu ngubek-ngubek foldernya Bloewy. Kali aja nemu itu tugas perkembangan. Bentar yaaaa.. *wuuuuuussssshhhh.. Dan ternyata tidak ada sodara-sodara..
*penonton kecewa =p

Eniwei, gue berada dalam tulisan ini bukan untuk ngebahas apa aja tugas perkembangan gue paling nggak sampai beberapa tahun ke depan sebelum gue memasuki dewasa madya. Gue menulis disini untuk sekedar napak tilas atas apa yang terjadi di setiap tanggal 29 April sepanjang gue membuka mata.

29 April 1989
Ini udah pasti jadi hari hidup mati Bunda gue-lah. Hari dimana Bunda gue ngelahirin gue sendirian karna Ayah masih otw dari Dili menuju Bali (You’re wonder woman, Buns!!). Gue lupa-lupa inget, proses gue lahir itu lama dan susah atau nggak. Cuma kalo menilik kepribadian gue yang super duper unik ini (baca: difficult), pasti gue sulit dilahirkan dan memakan waktu yang lama. Hari dimana gue diazanin dan diqomatin. Hari dimana gue nangis dan ngelihat dunia yang semakin menua ini untuk pertama kalinya -gaya banget bahasa gue-.

29 April 1990-1991
Sumpah gue sama sekali nggak inget apa yang terjadi di tanggal ini.. hahaha

29 April 1992
Gue ngerayain ulang tahun gue yang ke-4 di Bali tepatnya di Kayu Mas, kompleks rumah gue. Kalo lo ke Bali, Lolopada nggak bakal nemuin lagi itu kompleks perumahan. Karena sebelum umur gue beranjak ke angka lima, kompleks itu dikosongkan dan sempat jadi hutan ilalang, -mana persis di sebelah kompleks itu adalah areal pekuburan yang maha besar- terus direnovasi jadi kayak area pasar malem, sempat juga jadi tempat pagelaran bazar-bazar gitu deh, gue nggak gitu tau. Yaelah, ini napa gue bahas Kayu Mas. Gue mau nyeritain ulang tahun gue yang ke-4 ini. Sampe gue bela-belain buka album foto cuyyy..haha

Ulang tahun gue ini mengundang anak-anak seumuran gue –pastinya, masa gue ngundang oom2 (-.-)- yang ada di sekitar rumah dan sekitar komplek perumahan Mbah gue secara gue kan anak titipan, tiap Bunda ngajar, gue pasti di titipin ke Mbah. Mereka pada dateng jam 4 sore, kayak gitu kan ya yang biasa ada di undangan anak bocah plus tulisan TIADA KESAN TANPA KEHADIRANMU. Tapi gue sama skali nggak inget gimana bentuk undangan ulang tahun gue. Di ulang tahun gue itu berdatanganlah belasan temen-temen gue disertai bimbingan orang tua dengan kado yang mereka bawa. Ahhh gilak! Gue paling suka dikasih kado, men!!
Pas ulang tahun gue itu, gue pake terusan pendek warna putih berenda-renda gitu. Pake anting yang bentuknya kayak Kaio Shin (kalo lo nggak suka baca komik Dragon Ball, gue nggak yakin lo gak ngerti bentuk antingnya), terus pake bedak dan rambut disisir belah pinggir dengan poni yang menutupi jidat gue yang emang seluas lapangan golf. Nah, ditengah-tengah ruang tanu gue yang penuh tamu undangan itu, ada sebuah meja bambu berbentuk persegi panjang yang nyaris bujur sangkar dengan taplak *entah itu kain apa* dam sebuah kue tart dengan lilin berangka 4 berwarna merah putih!! (lo kebayanglah…). Dan gelinya, itu kue gue bukannya gambar Power Rangers, Jiban, Ksatria Baja Hitam atau Jiraiya, tapi itu kue kotak berkrim dominan putih dan permukaannya berwarna warni dengan kembang gula berbentuk bunga. BUNGA ya tolong!!! Mana warnanya lumayan ngepink gitu. Alamak!!! Dan layaknya ritual ulang tahun pasti ada nyanyi lagu Selamat Ulang Tahun, potong kue dan bagi-bagi kue. Yahhh seperti itulah ulang tahun gue. Nggak jauh berbeda. Nah giliran waktunya nyanyi-nyanyi nih, gue nggak bakalan mau nyanyi sendirian. Pasti maunya nyanyi ramean gitu. Itu juga angot-angotan.

Oh iya, momen terbaiknya di ultah gue ini, -kata Bunda- Nduty yang waktu itu umurnya belum 2 tahun dan lagi belajar jalan mendadak berdiri dan joget-joget sambil ketawa-tawa pas ulang tahun gue. Hwaaaa fotonya sumpah unyu banget!!! Jangan Tanya deh sekarang dia kayak apa.. kayak Raksasa!! Hehe

29 April 1993
Ulang tahun gue yang ke-5 ini dirayakan di kompleks perumahan gue yang baru di Jl. Kapten Japa Asrama Hyang Batu K10/2 Denpasar. Hahaha ingatan gue bagus kan?? Ya iyalah! Salah satu impian terbesar gue adalah membeli lagi rumah itu dan gue tinggalin deh. Bodo amat biar dikata itu rumah hantunya maha banyak. Stop it, Ish! Lanjut ke ultah gue yaaa…

Insiden kecil sebelum ultah gue berlangsung adalah gue ngambek dan nggak mau keluar pas acara ultahnya udah mau mulai. Alasannya –setelah gue ingat-ingat dan berpikir keras sampai otak gue berasap *lebay*- karena Bunda nyuruh gue pake kalung dan gue ogah make itu kalung dan karena dipaksa terus akhirnya gue ngambek. Hahaha.. I’m difficult, right? Gue sempet duduk ngegelosor di pojokan ruang tamu sambil cemberut aja. Gue lupa apa yang buat gue girang lagi yang pasti itu acara jalan aja.

Di ultah gue ini gue make terusan pendek bergaya sailor gitu warnanya merah dengan garis-garis putih. Tuh tanda gue udah nasionalis dari kecil kan? Hahaha.. dan lucunya topi ulangtahun gue itu hasil kerajinan tangan dan kesenian dari Bunda dan tante-tante gue lho! Nah berbeda dengan ultah gue di tahun sebelumnya, tahun ini gue tumpengan lho sodara-sodara –berasa mau jadi perangkat desa aja-. Gue potong dah itu puncak tumpengnya dan nggak inget *blank* hahaha

29 April 1994-1998
Gue nggak inget apa moment apa di ultah gue. Yang gue tau nggak dirayain lagi *gantian sama adek gue* tapi gue masih ultah di Denpasar.

29 April 1998-2000
Hmmm gue juga nggak inget kayak apa ultah gue. Pastinya dapet kado, dapet duit dan gue nggak lagi ada di denpasar, tapi udah hijrah ke ibukota nan bengis dan kejam ini, Jakarta (-____-)

29 April 2001
Hahaha kalo inget tahun ini mah gue geli sendiri. Ini jaman gue masi kelas 6 SD. Dua tahun sebelumnya gue belom gitu deket sama temen-temen gue. Jaman dulu sampe sekarang malah, yang namanya tradisi nyeplokin orang yang ultah kayaknya nggak bakalan mati deh.
Sumpah! Kalo ada temen gue ngelakuin hal ini ama temen gue yang Lain, gue nggak pernah ikutan. Lo pernah denger kan pepatah atau apa kek itu namanya yang intinya ‘Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan’. Gue hanya menerapkan hal itu karena emang gue nggak suka digituin dan gue nggak suka kotor-kotoran begitu. Nah, temen-temen esde gue kayaknya nggak peduli sama prinsip gue itu dan pada penasaran kan mau nyeplokin gue pake telor, tepung dan barang-barang menjijikkan lainnya. Anjrit! Seharian gue udah deg-degan aja itu di kelas, secara ntar balik-balik alamat gue jadi adonan. Bah! Gue udah siap-siap ngibrit aja deh walaupun gue tau hanya mukjizat Tuhan yang bisa menyelamatkan gue. Dan mukjizat itu datang.. *Allah sayang banget dah sama gue yang berkelakuan baik ini* hahaha

Pas jam terakhir kira-kira 15 menit sebelum jam pulang, wali kelas gue mendadak ngasih kuis -anggap aja istilahnya gitu ya-. Siapa yang bisa jawab duluan, dia boleh pulang duluan. Langsung deh temen-temen gue mendesah gelisah secara gue yang selama ini masuk 3besar dan nggak pernah ada di posisi 3 –sori men gak maksud sombong- =p secara otomatis nggak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Biar gitu gue nggak boleh lengah karena ada 5 orang yang agak gue waspadai yang nggak lain adalah 5 peringkat teratas di kelas gue selain gue (Amel, Wiwi, Indra, Cherry sama Dimas *FYI, kita jaman esde udah digosipin saling bercouple lho!*). Soal pertama pun dibacakan. Kalo nggak salah IPS –makanan gue banget itu- dan Langit Pun Mendengar doa anak kecil yang nyaris teraniaya itu. Gue mangangkat tangan dan menjawab BENAR! Bu Ginting selaku wali kelas gue tersenyum dan mempersilahkan gue pulang. Langsung aja gue ngibrit setelah sebelumnya melemparkan senyum penuh kemenangan ke temen-temen gue yang entah kenapa seharian itu gue kayak ngeliat ada tanduk diatas kepala mereka *pisss.. Sori, gue mengacaukan acara. Hahaa

29 April 2002
Gue udah eSeMPe nih… udah putih biru. Udah ngerasain menstruasi pertama pas bulan Januari-nya *ups*. Seinget gue, pas ultah gue ini, gue di Jakarta cuma sama Ayah, Nduty dan Mbak Dar. Bunda sama Adek udah dari 4 bulan sebelumnya menetap di Bali.
Gue lagi belagu-belagunya sok eksis sama ekskul gue –Paskibra- secara Paskib di SMP gue termasuk yang wow dan anak paskib pasti ikutan waw!! Sebenernya gue masuk paskib juga gara-gara bujuk rayu temen gue. Gue yang awalnya anak PMR cabut juga ke Paskib. Jujur gue nggak ada nyesel-nyeselnya cabut dari PMR. Paskib ngerubah hidup gue, ngerubah gue dan gue grateful untuk itu. Gue dapet temen yang oke, solid dan penuh kebersamaan dan kekompakan *halah!

Dan mereka dengan sangat tega dan suksesnya mengerjai gue. Lolopada tau kan kalo paskib sama bimet itu 11-12 alias selalu berhimpitan. Dan sialnya saat itu mainannya bukan bimet. Tapi seharian gue dikacangin sama itu bocah-bocah. Kagak ada yang negor gue. Buset! Gue mendingan dibimet daripada dikacangin. Tapi sorenya mereka dengan muka-muka inosennya member gue sebuah kado.. Oh my… The Black Team 2001 emang bener-bener deh. Sampe sekarang kadonya masi gue simpen tuh… Thanks, Guys.. Lolopada yang ngenalin gue dengan apa yang disebut ‘surprise’. Dimas entah deh dia ngapain pas gue ultah. Kagak inget gue. Hehe

29 April 2003
Ahahahaha ultah gue ini gue habisin sama si ‘Abang’ Indra. Si Abang ngasih gue kado plus puisi yang keren parah!!! Keren! Udah pernah gue publish kayaknya. Kalo nggak salah judulnya In The Name of Love –ini yang ngasih judul gue secara si Abang nggak ngasih judul apa-apaan-. Gue nggak inget 2001 ngapain.

Mmmm.. Gue rada nggak inget apa yang terjadi di tahun ini. Ada yang ngasih gue jam beker sama jam tangan tapi gue lupa lagi itu pas tahun ini atau tahun lalu atau tahun sesudahnya. Tapi gue inget dikadoin gitu gue. Hehe

29 April 2004
Mmmm.. di tahun ini gue kayaknya mulai capek ‘main api’, tapi bukan berarti gue nggak dikelilingi cowok-cowok unyu. Anjirrrr gue jaman bocah belagu banget dah.. ckckck.. Eits jangan nettink dulu! Cowok-cowok unyu ini nggak lain nggak bukan adalah personiel band gue –Dheva-. Dengan unyunya pas balik sekolah mereka (Iyan, Egi, Mpeb, Tephen) ngasih gue kado yang lumayan gede and You Know What?!! Abis gue dikerjain. Itu bungkusan dilapis korang ada kali 5 juta lembar sampe akhirnya menyusakan satu kotak kecil bernuansa etnik. Dan begitu gue buka, isinya jam tangan yang cewek banget. Sumpah gue ngakak.. Nggak kebayang aja gitu mereka berempat jalan bareng nyari kado buat gue dan itu jam tangan cewek. Unyu banget sih kalian!!!

Di tahun yang sama kayaknya gue dapet kado juga tapi gue lupa.. kayaknya nggak tahun ini deng.. hahaha mmm.. maaf deh kalo kelupaan.. haha

29 April 2005
Yang ini gue udah eSeMA dong!! Udah makin belagu aja gue nih jaman. Gue juga deket sama temen-temen sekelas gue Cuma kayaknya belum ada momen yang berarti deh. Yang gue inget, gue dapet hadiah patung Taz dari Dea. Trus gue dapet Dua pasang gelas dari nyokap. Gelas Tom&Jerry. Ahhh.. nggak banyak yang gue inget mah pas tahun ini.

29 April 2006
Nyokap nyuruh gue ngundang temen-temen sekelas gue buat makan-makan di rumah. Ya makan-makan deh kita. Pas kejadian ini berlangsung itu pas gue broken-brokennya bubar ama Iting secara itu bubaran 9 hari setelah ultah dia atau 10 hari sebelum ultah gue. Tapi dia sempet ngasih gue gelang etnik dan masih ada tuh di kotak kramat gue. Jadilah itu ultah gue rame di rumah. Pas itu gue dapet kado juga dari Uccy berupa bingkai foto. Kayaknya masih ada yang lain tapi beneran gak bisa inget deh gue.

29 April 2007
Hwaaaaa… ini lagi tegang-tegangnya abis UN. Ehhh udah belom ya? Udah kayaknya.. kalo nggak UN ya UAS. Salah satunya deh. Gue dapet surprise dari Insan, Silfi, Dendy, Ninis, Resti, Cimenk, Indah sama Devy . Mereka ke rumah sambil bawa kue tart ‘handmade’ mereka plus satu novel dari penulis favorit gue ‘Pesan dari Bintang’nya Sitta Karina. Yang bikin gue makin cengengesan ya karena saat itu status gue jadi Single but not available. Dan di Iting satu itu lagi-lagi ngasih gue gelang –dan masih tetep gue simpen juga-. Mereka ngabisin waktu di rumah gue dari sore sampe malem. Dan ujungnya kita foto-foto deh. Hehehe

29 April 2008
I’m really grateful!!
Mungkin cuma itu yang bisa gue ucapin. Gue udah nggak lagi pake seragam alias gue udah kuliah coy!! Gue banyak banget dapet kejutan bahkan sampai satu bulan setelah hari ultah gue.

Bermula di rumah, tengah malem gue disuru tiup lilin dan dikasih kue tart besar sama Bunda =D dan nggak hanya itu. Gue juga dapet bantal I Love You yang didominasi warna biru dan ada juga pink tua-mudanya plus sebuah diary –gile! Enyak gue ade aje yeee…- dari nyokap. Di diary gue halaman-halaman awal ada tulisan ucapan dari Nyokap, Adek, Nduty dan Mbak Dar.

Nggak lama dari situ gue dapet kado juga dua mug dari oom gue. Dan malemnya, yang sangat nggak disangka-sangka si Adhut, Wiwi sama Iyan ke rumah bawa martabak yang penuh lilin. Mereka dateng dengan rusuhnya lewat pintu belakang kamar gue. Dan dateng-dateng bukannya ngucapin apa gitu ke gue malah gedabrukan nyariin nyokap (-______-). Tapi sumpah seru banget malem itu. Mereka ngeberantakin kamar gue! Ckckck

Nggak lama dari hari H gue, anak Glatto ngasih surprise kado jam tangan juga. Dan RRG dengan sangat mengesalkannya –itu kado bukannya dikasih tapi dilempar ke gue, cuy!!- menutup birthday gue di akhir Mei. Mereka ngasih gue bukunya Sitta yang ahhhh –speechless- gue suka banget!!! Nggak usah lolopada Tanya, pasti gue simpenlah!! Hahaha

29 April 2009
Mmm gue dapet surprise kue tart cokelat dari RRG. Kejadiannya pas di lantai 3 tuh.. mereka ujug-ujug bermunculan membawa kue. Make a wish, niup lilin dan potong kue deh gue. Abis itu gue bagi-bagiin deh kuenya. Hehe
Apalagi ya??
Gue nggak tau kalo anak Glatto nyiapin kado buat gue, itu kado ternyata ngerem di rumah Indah sampe setahun lebih. Gue dapet tas selempang dari mereka dan itu barang baru sampe di tangan gue pada November 2010. Sumpah ngakak gue! Hehe

29 April 2010
Tahun lalu ya…
Yang special dateng dari RRG. Mereka nyulik gue pas gue lagi ngerjain Bimod dan bikin tulisan tentang Pemira. Gue dibawa ke deket Syahida Inn terus dikasi Junk Food alian Pizza Hut. Gue niup lilinnya pake lilin segede lilin Cina ya Sodara-sodara. Tapinya RRGnya nggak lengkap. Cuma ada Acid, Amel, Arini sama Chacha aja. Udah gitu lucunya mereka ngasi balon-balonan juga. Ada bentuk mahkota ama pedang-pedangan. Abis makan dan NGGAK ngabisin pizza, kita foto-foto dan balik ke kampus deh soalnya ujan udah rintik-rintik.

29 April 2011
Baru terjadi beberapa saat yang lalu. Belum ada 1 x 24jam. Hari ini gue nggak ada feeling apa-apa ke kampus. Emang gue aja kali ya afek datarnya makin menjadi. Gue ngurusin deh itu kelas buat coaching dan ngibrit nyari Pak Mujib. Konyolnya pas lagi ngurus kelas dan disuruh nyari OB, gue malah keasikan ngobrol sama anak semester bawah di Starbaks.

Nggak lama gue ngelayap lagi sampe lantai 2 dan ternyata dimudahkan mengurus kelas. Habis itu gue ketemu Ratu yang lagi nunggu UTS –sumpah ini gue nyeritainnya udah berasa males banget soalnya masih segar dalam ingatan tapi ini gue taro paling belakang jadi udah males ngetiknya. Hahaha-. Ngobrol ngalur ngidul nggak lama Arini muncul. Sebenernya gue ngerasa ada hawa-hawa aneh –mulai dari Amal dan Acid yang maha lama entah kemana mereka sampe berkarat gue nungguinnya- tapi yaudahlah. Gue kan lagi dalam fase males mikir jadi gue kayak ngikutin alur aja deh. Mau ngerjain kek mau ngapain juga pasrah.

Dan bener aja kan.. Setelah gue dan Arini lama bernunggu di lobby, Amal dating. Kita diskusi bentaran dan TA-DA!
Muncul juga itu wanita-wanita penggoda lengkap dengan senjatanya. Tujuh buah burger plus selada, saos sambel gitu deh dan jejeritan nyanyi Selamat Ulang Tahun. Gue nyengir aja deh. Bingung mau ngapain. Hahaha abis itu lo udah pada tau kan gue ngapain? Biasalah ulang taunan. Nggak usah geleng-geleng deh. Ya gitu.. Hahaha

Layaknya ulangtaun lainnya ya begitulah.. Gue digiring ke lobi samping sambil bawa-bawa nampan serasa waiters. Minjem piso ama garpu terus motong-motongin jadi bagian yang imut-imut kayak muka gue. Yang gue nggak tau, ada aja yang berkelakuan aneh di belakang gue yang baru gue tau dan ngakak kenceng pas liat videonya di rumah. Itu video padahal nggak kedengeran suaranya tapi kelakuan mereka udah lucu banget. Gimana ada suaranya?? Ckckck

Nggak lama adalah tahap penghabisan. Gue sempet nerima ucapan selamat ultah dari beberapa adek angkatan. Makan-makan deh itu makanan sampe tandas tak bersisa. Gue sempet dikerjain Chacha buat nyuci bekas pesta pora itu di westafel kantin. Habis itu gue juga fotoan sama Nisa yang kebetulan ultahnya barengan ama gue. Kelar begituan gue bersiap pulang aja soalnya mau nonton The Royal Wedding-nya Wills ama Kate.

Begitu jalan cerita perjalanan gue di kampus. Ada beberapa fakta penting nih seputar ultah gue. Nggak penting juga sih tapi buat gue unik aja.
>> Gue udah dapet kado ultah sekitar 2 minggu sebelum hari H B’day gue dari tante gue. Gue dapet sepasang sepatu berwarna biru yang sepertinya akan menjadi sepatu kesayangan gue setelah Kets Pinky, Everlast, dan Erwolk.
>> Semua Ex gue nggak ada satu pun yang muncul di wall FB gue. Bukan berarti nggak ada sebuah ucapan. Mereka mengucapkan dengan cara mereka. Boo milih ngucapin via SMS, sama kayak si Iting. SMS mereka dateng sebelum gue bangun tidur. Dan Abang milih untuk ngucapin via inbox FB. Sedangkan si Schatzy nggak ketauan rimbanya. Ya wajarlah, udah beristri. Alamak.. Lucu sekali mereka!!!
>> Yang nggak kalah membuat gue mengerutkan dahi. Dua sahabat gue –sahabat? *mikir*- memilih cara yang sama. Yang satunya bergerak lewat inbox FB. Dengan kata-kata yang sebenernya bisa sangat meluluhkan gue. God.. Grant me the serenity.. Katakan bahwa saya kuat dan tidak akan terluka lagi. Yang satu lagi memilih media yang masi cukup sepi –paling nggak menurut gue mendingan daripada FB- yaitu di Twitter. Kalo yang dua lagi entahlah.. nggak ngarep diucapin gue mah gue. Toh dari dulu juga udah biasa kan nggak ngucapin =p –Gue udah terlanjur terbiasa dengan apa yang disebut biasa-.

Itu kenapa gue sebut unik –terutama 2 poin terakhir-. Kenapa mereka memilih menyepi dan bermain cukup privasi?? Saya menghargai apapun itu. Dan saya juga tak bisa membiarkan diri saya tidak menganalisisnya. Hwew..
Begitulah hari ulang tahun gue..

Gue udah 22 tahun cuy!! 22!! Hahaha
Gue gagal memenuhi 2 target gue. Yang pertama bisa maen keyboard dan yang kedua mengantongi sim A. Tapi sebelum menyentuh angka 24, saya akan kembali mengejarnya plus satu target baru! Gue mau tulisan gue publish, please..!! hahaha
Kabulkan doa saya, Ya Allah.. Amin..

FYI, gue berniat mencari foto ultah gue dari abad ke abad, kalo udah nemu gue posting ya.. ;D

Surya Tenggelam

Ada sebuah cerita tentang lima anak manusia yang dipertemukan dalam sebuah masa tanpa perjanjian. Yang diberikan waktu untuk menuliskan sesuatu yang sebenarnya telah tertulis lebih dulu dalam lauhul mahfuzh.

Kisah ini mengambil background dalam satu dasawarsa. Di awal milenium. Mereka bertemu tepat di tahun dimana menara kembar WTC sukses diluluhlantakkan. Menjalani hari-hari ditemani seiring menggaungnya Rasa Baru dari Sebuah Kisah Klasik seorang Mistikus Cinta yang berjalan melewati 18 Segitiga Taman Langit dan berusaha meraih Sesuatu Yang Tertunda.

Sebut mereka si Red, Pink, Blue, Yellow, Green..

Mereka menempuh pendidikan di tempat yang sama, namun sayangnya hanya si RYG yang acapkali berada di kelas yang sama. Meski begitu, lewat campur tangan Tuhan dan secondary variable dunia, mereka menjalani sesuatu atas nama 'kebersamaan' hingga 6 bulan sebelum gelombang tsunami menghancurkan Serambi Mekah.

Perubahan warna di bagian bawah pakaian tepat di tahun pemerintahan SBY berdiri membuat mereka terpisah di empat tempat berbeda. Hanya GB yang masih bernaung di satu tempat yang sama. Tuhan tak lagi memberi mereka kesempatan untuk menjalani 'kebersamaan' bersama dalam waktu yang relatif lama. Namun Tuhan sering memberikan kejutan kecil yang manis untuk mereka. Kecil dan manis.. Setidaknya Tuhan menunjukkan bahwa mereka masih 'hidup'.

Hingga 3 tahun berlalu sejak mereka beranjak menuju remaja akhir dari sebuah perjalanan perkembangan anak manusia. Dan mereka bersiap menanggalkan sebuah seragam.

Di suatu pagi terkirim sebuah pesan pendek dari yang intinya..

'Kalo lo ngerasa hubungan kita berharga.. Kalo lo ngerasa kita punya tempat khusus di hati lo..
Gue tunggu di FTS dari jam 6-8 malam. Nggak usah tanya yang lain dateng atau nggak. Lo tanya aja sama hati lo.'

Dan hanya dengan sebuah SMS dari P, mereka berkumpul di FTS. Mereka menghabiskan sekotak eskrim Walls bersama menyambut hari jadi mereka yang ke-5. Dan sebelum perpisahan malam itu, terucap satu janji untuk bertemu di tempat dengan waktu yang sama pada tahun berikutnya tanpa bertanya sebelumnya apakah yang lain datang atau tidak.

Singkat cerita..
Mereka kembali terpisah. RPYG berdomisili di ibukota dan B berada di daerah istimewa.

Di tahun berikutnya, di tempat yang sama dan di waktu yang sama Tuhan hanya mempertemukan YG. Tanpa ada sebuah kabar yang menjelaskan dimana RPB.
Saat dikonfirmasi pada yang lain terdapat satu inti jawaban..
LUPA..

Semudah itukah sebuah janji dilupakan? Terlupakan?

Pada akhirnya apa yang terjadi di hari itu mencoba dilupakan oleh YG. Dan Allah berbaik hati menggantinya dengan sebuah hari di bulan Oktober untuk mereka habiskan bersama.

Satu tahun pun kembali berlalu..
Di tempat dan waktu yang sama yang -kembali- mempertemukan YG. Hanya mereka. Berdua. Dan mereka kembali menunggu bahkan melebihi dari waktu yang telah mereka sepakati dua tahun sebelumnya. Dan kembali mereka tidak mendapat penjelasan mengapa RPB tidak muncul. RPB pun tak memberikan kabar satupun sekalipun itu hanya sebuah SMS pendek.

Dimana mereka?

Beberapa hari kemudian Y mencoba bertanya dan sedikit protes tentang ketiadaan yang lain dan jawaban yang ia dapat, 'Nggak semua yang lo mau bisa terwujud.. Nggak usah dipusinginlah..'

Oke, satu jawaban yang cukup menguji kesabaran. YG kembali berusaha melupakan apa yang terjadi.

Belum setahun berlalu -lebih tepatnya 8 bulan setelahnya, secara tak diduga Allah kembali memberi mereka satu kesempatan bersama di hari ulang tahun R. RPBYG berkumpul di sebuah rumah makan di daerah Jengki.

Di tahun itu.. Pada waktu dan tempat yang sama..
Y duduk sendirian di tempat itu, ditemani setangkup roti bakar dan segelas frappogalo (baca 99 Minutes, red) dia mencoba memenuhi janji. Setengah jam melewati waktu yang ditentukan, ia masih sendiri. Tanpa ia tau, di sudut yang lain G pun menunggu. Sendirian.

Sekali lagi tak ada kabar sedikitpun dimana RPB. Tak ada telepon. Tak ada SMS. Padahal Tuhan sudah begitu baik menganugerahi manusia kemampuan untuk menciptakan sebuah ponsel.

Satu catatan yang sedikit terlupakan..
Y pernah menulis..
'Selama masih ada jejak yang belum terhapus, gue janji.. Gue akan tetap ada, setiap saat dalam hidup mereka.. Gue akan tetap ada, di setiap tempat dan sudut mati.. Gue akan tetap ada, di saat mereka nangis dan tertawa.. Dan gue akan tetap ada, dalam segumpal mimpi dan sekotak memori..'

Y akan tetap menepati janji itu, bahkan mungkin sampai di tahun ini. Semua boleh menyebutnya ‘Hachiko’.

But now..
Sekarang ia sudah tidak lagi memakai hati.. Setidaknya sedikit membekukan hati. Ia hanya mencoba memenuhi janji yang belun terhenti. Dia hanya mencoba mengeksekusi arti dari sebuah mimpi. Mimpi masa muda..
Sebuah mimpi yang terlampau sempurna..
Belum cukup sampai di sini..

Thursday, April 28, 2011

My Baby

Buat gue, menyusun skripsi ibarat ngerawat baby. Terdengar berlebihan memang, tapi paling nggak seperti itulah cara gue untuk membuat gue mencintai skiripsi gw. Ngebuat gue fun dengan apa yang sedang gue jalani. Dan yang paling penting adalah membuat gue bertanggung jawab atas kewajiban gue.

Karena ibarat bayi itulah gue berjanji bertekad kuat sekeras baja untuk menyayangi baby gue ini. Menjaganya dari angkara murka, melimpahinya kasih sayang yang tak terhingga sepanjang masa hanya memberi tak harap kembali *cuma ngarep dapet kembalian huruf A sebagai nilainya =p* bagai sang surya menyinari dunia. Merawatnya sebaik-baiknya. Menyuplainya dengan kandungan gizi terbaik dari buku-buku perpus dan jurnal-jurnal di amcor plus vitamin bimbingan dari kedua dosen pembimbing gue pastinya. Tak lupa segelas susu doa dan sembah sujud pada Allah. Intinya mah gue akan berusaha merawatnya dari bab1 hingga nanti sidang berlangsung.

Ibaratnya bayi, tentu akan menemui berbagai hambatan, kesulitan, kegelisahan dan kegalauan dalam merawat si baby ini. Dan dengan kekuatan bulan, bintang matahari dan semua makhluk Bumi, gue akan mengantisipasinya. Gue percaya akan ada banyak tangan-tangan yang akan siap membantu gue kapan aja dan dimana aja *Amin Ya Allah*. Namanya juga baby, tentu masih rapuh dan rentan dengan kejahatan dunia. Bisa itu hambatan dari dalam diri maupun dari luar. Hambatan dari dalam nggak lain gak bukan ya maleslah, gue punya pacarlah *moga kalo gue punya pacar, pacar gue bukan penghambat*, galaulah, sakitlah dll. Dan hambatan dari luar bisa berupa beraneka macam virus-virus alay, jadwal doping yang bentrok, nggak dapet bahan atau bahkan gak dapet subjek *jangan sampe deh*. Maka dari itu gue harus mempersiapkannya dari sekarang.

Apalagi ya yang mau gue ceritain?? Haha untuk sementara itu dulu kali yaaa..
18 Oktober 2011 itu adalah deadline gue. Mau gak mau gue siap. Dan akan gue siapkan. Hehe

Nggak cuma buat gue tapi juga buat semua temen-temen gue..
Semangattooo Margerettooo..!!!

Aku sayang kamu, baby..
Aku namain kamu sebagai Theodore..
Aku dan Theo akan berjalan beriringan.. Bersama-sama menuju puncak gemilang cahaya *itu mah lagu AFI y??*
Intinya aku dan Theo akan bersama-sama mewujudkan mimpi besar ini..
Doakan yaaaa ;*

Wednesday, April 27, 2011

Hedonista

Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani ἡδονισμός hēdonismos dari akar kata ἡδονή hēdonē, artinya "kesenangan". [3] Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri

Wew.. nggak tau kenepa hari ini gue pengen banget nulis tentang apa yang biasa disebut hedon. Ini nggak lain nggak bukan karena beberapa hari yang lalu, gue sempet ngebahas ini sama temen gue.

Menurut temen gue itu, gaya hidup hedon atau yang biasa disebut dengan hedonisme sama skali nggak ada keren-kerennya. Yang ada kalo orang dengan bangga menyebut dirinya hedon karena emang dia demen banget pecicilan dari satu tempat nongkrong ke tempat nongkrong lain itu bukan hedon tapi kampungan *buset!. Menurut dia, itu cuma kerjaan orang yang -keliatan kayak- OKB yang dulu-dulunya ga kesampen mau ngapa-ngapain dan mendadak kayak meledak itu keinginan-keinginannya. Hahaha.. justru kalo orang itu emang udah tajir, gak bakalan heboh nyebut dia hedon.. malah kesannya save aja gitu sama kehedonannya dan jatohnya ga norak.

Gue sendiri ngeliat kehedonan orang ya tergantung juga. Menurut gue kalo lebay ama apa yg dia lakuin ya malesin juga ya cuma yang namanya manusia gue rasa gak jauh dari kata hedon cuma ya tergantung kitanya juga sejauhmana memaknai kehedonannya itu. Gue pun sepakat sama apa kata temen gue itu yang bilang intinya kalo bangga sama hedon = norak. hahaha *pisss

Tapi ya emang begitu adanya. di jaman yang serba susah gini, kalo denger ada orang yang heboh dengan kehedonannnya ko rasa2nya kurang pantes aja. Nggak liat apa itu di jalanan, tiap lampu merah, TPA sampah dan tempat-tempat lain..

Gue sendiri nggak mau sok-sokan jadi orang baik karna gue juga bukan orang baik dan terkadan melakukan tindakan yang menjurus pada kehedonan. Tapi seenggaknya gue sadar kalo gue salah. Hahaha sama aja sih sebenernya

intinya, *gak penting sumpah!
gue cuma bahas bentar tentang si hedon itu secara batre bloewy udah mau abis dan colokan terminal abis ditambah gue nunggu doping yang ga dateng-dateng, sampe sini aja ya nulisnya.. hahaha
ini baru seujung kuku bahasan gue tentang hedon.. masi pengen nulis lagi gue.. cuma kapan-kapan aja yaaa.. hahaha

Monday, April 25, 2011

Ya kali yeeeee...

Followers gue emang maha dikit..
Nggak papa deh.. toh tujuan gue bikin blog emang buat jadi media gue untuk berkarya..haha
Dan gue kepikiran -mendadak- nih...
suatu ketika blog gue followernya meningkat gitu..
kira-kira kenapa ya?
apa yang udah gue perbuat sampai blog gue mendadak banyak pengikut??
Gue udah jadi penulis kali yaaa??
atau gue udah jadi musisi??
Mmmm kalo gue jadi psikolog apa iya blog gue juga bakalan nambah follower secara kayaknya gue nggak pernah bikin postingan apapun tentang psikologi -calon psikolog macam apa gue??- hahaha
apapun itu.. ngarep ga ngarep sih blog gue ada yang baca..hehe

SEMANGAT!!!!!!!

Mulai hari ini, Senin tertanggal 25 April 2011, hari dimana gue, mendapatkan pembimbing skripsi, gue bertekad kuat baja besi akan bersemangat untu menyelesaikan sekeripsi gue!!! *menepuk dada dan tertawa terbahak-bahak

Ohh my... mana dari siang gue udah deg-degan gara-gara Yushi -yang udah tau sapa pembimbing gue- gak mau ngasi tauin dan ngebuat gue penasaran sepanjang jalan...
and TA-DA..!!!!

Dalam beberapa bulan ke depan, gue bakalan jadi anak buahnya Prof. Dr. Abdul Mujib dan M. Avicenna, Psy yang nggak lain PA gue sendiri *aha! kegirangan gue..
apa gak bahagia lo dapet dua dopem yang oke punya itu?
gue sih bahagia banget ampe gak sadar cengengesan sendiri daritadi.

Well, gue tau sekeripsi adalah perjuangan terakhir gue selama 4 tahun menimba ilmu di Fak. Psikologi ini *tsaaahhh gaya bet gue..
Sekeripsi adalah wujud dari rasa terima kasih yang bakalan gue persembahkan buat keluarga gue. Yeahhh sekeripsi adalah perjuangan gue dalam 4 bulan kedepan!!!
Please, God... Jangan lebih dari 4 bulan yaaaaa...!!!!
Sekarang bisa bikin postingan yang riang gembira, cengengesan kayak orang gila, ketawa gak berenti dan semoga dalam beberapa bulan ke depan akan terus seperti itu..

Allah..
Makasih yaaaa.. udah ngasih dua pembimbing yang maha unyu itu..
Semoga semangatnya tetap terjaga..
Semoga semakin dilancarkan..
Semoga dimudahkan...
Amin...

Saturday, April 23, 2011

Unsensitive

Tuhan..
Ketenangan macam apa ini?
Mengerikan
Semua tanpa kesan
Apa ini yang kau sebut keseimbangan?
Kau tau aku berjalan tanpa gamang
Aku tertawa tanpa beban
Aku berlari tanpa tertahan
Aku berteriak dan tak peduli dengan semua tatapan
Aku kehilangan kesadaran!
Hingga kini tlah begitu banyak membayangi hal yang menyakitkan
Inikah yang Kau inginkan?
Perubahan
Wujud dari sebuah kartu kematian
Harapan
Cahaya terang yang memberi sebuah kehidupan
Sayangnya aku tak lagi merasakan
Tak mampu merasakan
Semua hilang
Tak terbeban
Kosong
...

Ini tentang pembiasaan..
Keadaan yang meminta untuk melepaskan juga mengikhlaskan
Sayangnya keduanya tidaklah sejalan
Maka jawaban adalah pilihan

Thursday, April 21, 2011

Paling Tidak Membuat Kita Memahami

Tulisan ini sudah ada sejak satu-dua tahun lalu..
Ini bukan murni tulisan saya..
Saya menemukannya secara tidak sengaja pada sebuah situs..
Dan saya lupa dimana saya menemukannya..
Maaf buat yang udah nulis..
Ijin ngeposting yaaaa…


Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur?
Ketika kita menangis? Ketika kita membayangkan? Ketika kita berciuman?
Ini karena hal terindah di dunia tidak terlihat!
Kita semua agak aneh, dan hidup sendiri juga agak aneh..
Dan ketika menemukan seseorang yang keunikannya sejalan dengan kita, kita bergabung dengannya dan jatuh pada suatu keanehan serupa yang dinamakan cinta…

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan…
Orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan..
Tapi ingatlah…
Melepaskan bukan akhir dari dunia, melainkan awal suatu kehidupan baru
Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis, mereka yang tersakiti, mereka yang telah mencari, dan mereka yang telah mencoba
Karena merekalah yang bisa menghargai betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka

Cinta yang agung adalah…
Ketika kamu menitikkan airmata dan masih peduli terhadapnya
Ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia
Ketika dia mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sambil berkata, ‘aku turut berbahagia untukmu’

Apabila cinta tidak berhasil, bebaskan dirimu..
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas lagi..
Ingatlah..
Bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya..
Tapi ketika cinta itu mati, kamu tidak perlu mati bersamanya..
Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh
Entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan, kamu belajar tentang dirimu sendiri dan menyadari bahwa penyesalan tak seharusnya ada. Hanyalah penghargaan pribadi atas pilihan-pilihan kehidupan yang telah kamu buat.

Teman sejati..
Mengerti ketika kamu berkata, ‘aku lupa’
Menunggu selamanya ketika kamu berkata, ‘tunggu sebentar’
Tetap tinggal ketika kamu berkata, ‘tinggalkan aku sendiri’
Membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan bertanya, ‘bolehkah aku masuk?’

Mencintai..
Bukanlah bagaimana kamu melupakan, melainkan bagaimana kamu memaafkan
Memaafkan..
Bukan bagaimana kamu mendengarkan, melainkan bagaimana kamu mengerti
Mengerti..
Bukan apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu rasakan

Lebih berbahaya mencucurkan airmata dalam hati, dibandingkan menangis tersedu-sedu
Airmata yang keluar dapat dihapus, sementara airmata yang tersembunyi menggoreskan luka yang tidak akan pernah hilang

Dalam urusan cinta, kita sangat jarang menang
Tapi ketika cinta itu tulus, meskipun kalah, kamu tetap menang, hanya karena kamu berbahagia dapat mencintai seseorang lebih dari kamu mencintai dirimu sendiri
Akan tiba saatnya kamu berhenti mencintai seseorang bukan karena orang itu berhenti mencintai kamu, melainkan karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya
Apabila kamu benar-benar mencintai seseorang, jangan lepaskan dia!
Jangan percaya bahwa melepasskan selalu berarti kamu benar-benar mencintainya, melainkan berjuanglah demi cintamu..
Itulah cinta sejati..

Lebih baik menunggu orang yang kamu inginkan daripada berjalan bersama orang ‘yang tersedia’
Lebih baik menunggu orang yang kamu cintai daripada orang yang berada disekelilingmu
Lebih baik menunggu orang yang tepat karena hidup ini terlalu singkat untuk dibuang hanya dengan ‘seseorang’
Kadang kala, orang yang kamu cintai adalah orang yang paling menyakiti hatimu dan kadang kala, teman yang membawamu ke dalam pelukannya dan menangis bersamamu adalah cinta yang tidak kamu sadari

Bloom My Mind

Sebenarnya ada apa dengan saya? Haha pertanyaan klasik ya kan? Saya mungkin terlambat menyadarinya, tapi yang saya rasakan, kini saya terlampau banyak melepaskan. Entah lepas, entah ikhlas. Saya tidak lagi memusingkan hal-hal kecil. Saya juga tak lagi tertarik dengan hal-hal yang biasanya membuat saya tertarik.

Saya tidak membatu, hanya saja, rasanya terlalu lepas. Bahkan saya bingung kenapa saya dapat selepas ini. Melakukan segala sesuatu dengan cara saya. Dengan aturan main saya. Yang terkadang tanpa sadar membuat saya melukai yang lain. Tanpa sadar. Sungguh tanpa sadar.

Mungkin saya terlalu banyak melepas. Atau terlalu lama dilepas?
Saya memiliki ketakutan, pertanyaan, dan kekhilafan. Tapi semua kini tak lagi jadi beban.

And u know?
Berbagai cara saya coba untuk merangsang sisi sentimentil *baca: maksain diri buat ngegalau* saya tapi itu gagal. Sepanjang malam saya mendengarkan begitu banyak lagu yang memiliki 'cerita' dan sangat berpotensi untuk galau, saya merasa biasa saja. Tidak menjadi lebih baik ataupun buruk. Bahkan saat saya menambahnya dengan mengingat hal-hal yang sekiranya tidak menyenangkan, perasaan saya masih sangat biasa saja.

Ada apa dengan saya?

Hei, saya kenapa?

Saya rasa saya tidak apa-apa. Sesungguhnya memang tidak apa-apa. Namun sepertinya keadaan seperti ini juga tidak memberi 100% kebaikan. Karena pada kenyataannya, keadaan ini membuat saya begitu mudah melupakan. Begitu mudah melewatkan beberapa peristiwa yang cukup berkesan.
Saya lebih menjadi sosok yang memperhatikan daripada mempertanyakan apa yang saya perhatikan.
Saya mendengarkan, namun juga tajam dalam mengungkapkan.
Saya tidak hilang kesabaran, namun saya cukup tempramen.
Saya masih membutuhkan persahabatan, namun kini itu bukan satu-satunya sumber kebahagiaan.

Saya terlalu terbiasa dengan keadaan. Keadaan yang membuat saya melihat dan diam. Keadaan yang tanpa sadar meminta saya melepaskan. Mengikhlaskan sesuatu yang sebenarnya begitu keras saya pertahankan.

Sejujurnya, ada beberapa hal yang saya rindukan, namun pada akhirnya juga saya relakan, karena keadaan.
Saya tau, semua berubah..
Berbeda..
Tak lagi sama..
Sekali lagi..
Tidak akan pernah ada yang sama pada situasi yang telah berbeda..
Dan saya mencoba menerima, berdamai dan menjalaninya seperti apa yang selama ini saya jalani..

Monday, April 18, 2011

Titaniumku

Ini tentang kita
Tentang aku yang bertemu denganmu
Tentang kamu yang bertemu denganku
Tentang aku yang berjalan disisimu
Tentang kamu yang berjalan disisiku
Ini tentang kita
Tentang aku yang terus bercerita diantara banyak suara
Tentang kamu yang membuat tawa dalam lelah yang tengah meraja
Tentang aku yang tertidur dibahumu sore itu
Tentang kamu yang menyangga kepalaku dari guncangan bus kota yang tengah melaju
Ini tentang kita
Tentang aku yang tak sanggup berada disisimu
Tentang kamu yang menyanyikan lagu untukku
Tentang aku yang terdiam mendengar suaramu
Tentang kamu yang diam-diam mengabadikan memorimu
Ini tentang kita
Tentang tawa bahagia dan hati gembira
Tentang sakit, kecewa dan putus asa
Tentang perasaan dibutuhkan dan membutuhkan
Tentang apa yang kurasa namun tak kupeduli apa yang tengah kau rasa
Tentang aku yang harus berhenti untuk berkata-kata
Tentang kamu yang memilih pergi disaat tak ada lagi hati yang mampu bicara
Ini tentang kita
Aku yang merindukanmu lebih dari setengah dasarwarsa
Kamu yang entah kemana dan hilang lebih dari waktu yang nyaris terlupa
Ini tentang kita
Aku yang berada dihadapanmu namun tak mampu kau rasa
Kamu dihadapanku namun kini tak nampak nyata
Ini tentang kamu..
Titaniumku..
Kebodohan sekaligus anugerah terindahku..

Sunday, April 17, 2011

B A T U

Saya tau dalam waktu kurang dari 12 jam saya telah berlaku sangat menyebalkan pada dua sahabat saya. Tanpa sadar kembali membatukan diri. Kembali melarikan diri dan kembali ketakutan sendiri. Hahaha
Saya tidak dapat mengatakan kenapa dan ada apa karena saya tau, mereka akan menganggapnya rasionalisasi saya saja. Dan saya rasa, hal tersebut juga sesuatu yang payah. Self pity saya.. Masa lalu saya..
Saya tidak mampu membaginya.. Lebih tepatnya mungkin malu untuk membaginya. Biarlah hanya saya dan Allah yang tau kenapa saya bersikeras tidak ingin dan tidak suka dengan hal yang satu itu.
Sekali lagi, saya tau saya salah. Sangat wajar jika keduanya mendadak sebal dengan saya. Saya minta maaf yaaa..
Saya batu sekali..
Keras kepala sekali..
Maaf..

Friday, April 15, 2011

8ELAPAN plus 2

Maret 2010 - 07 Februari 2011 - 08 April 2011

Nggak terasa udah dua bulan aja terlewat. Gue bareng-bareng sama tujuh cewek ini. Banyak banget hal-hal yang udah gue lewatin. Dari yang seneng dan ketawa mulu sampe yang nangis-nangis dan emosional. Ya mau gimana, namanya juga cewek, kebanyakan pake hati kan kalo nyelesein sesuatu. But, I'm proud of you, Girls..

8elapan adalah bingkisan Tuhan -tsaahhh mulai menebar asa dah gue- yang nggak pernah gue minta. Yang gue sendiri awalnya nggak yakin bakal sanggup ngejalanin hari-hari gue bareng mereka lebih dari seminggu secara waktu bimod aja kita –eh gue kali yeee- nggak betah lama-lama ngerjain tugas bareng di kelas.. Hahaha sori girls.. Ini saatnya gue menumpahkan semuanya.. I'm honest.. =)

Eniwei.. Gue gak mau sedih-sedihan bikin ini tulisan. Ini sekedar mengingatkan kalo gue punya sesuatu yang indah bareng mereka. So, langsung aja gue memperkenalkan masing-masing dari mereka.

Ehem, kita awalnya terbentuk sejak makul Bimod (Behaviour Modification) semester 6. Dan awalnya kita berada di dua kelompok yg berbeda. Lewat campur tangan Tuhan (kocokan maksudnya) akhirnya dari empat kelompok di kelas, kita terkumpul. Dan awalnya lagi nih ya.. Kita bukan ber8ELAPAN, tapi berSEPULUH!! Dan kembali -mungkin juga karena- sudah tertulis dalam Lauhul Mahfuzh, pada saat pembagian tempat KKL, entah mengapa 10 cewek ini belum menentukan mau KKL dimana disaat semua orang udah berlomba-lomba mencari tempat, berhasil mendapat tempat dan mulai diskusi sama Bu Neneng, kita masih cengo di dalam kelas nggak tau mau KKL dimana -apa gak pilu lo??-

Saat itulah kita mulai terpecah! Dua anggota kelompok kita memilih berpisah. Plis jangan nettink dengan kata terpecah dan berpisah. Ini bukan semata-mata mereka mengkhianati kami semua tapi namun karena mereka emang gak mau bareng kita.. Ahaha boong deng!! Itu karena mereka memiliki minat khusus di bidang Forensik dan memilih bergabung dengan Dansus 88!! Haha ini juga boong! Ya intinya mereka bergerak ke arah militer khususnya kepolisian.
Eh iya.. Ini gue nyerocos mulu jadi gak jadi-jadi ngenalin personil gue. Mmm.. Demi persahabatan dan keutuhan kelompok.. Gue nggak jadi memperkenalkan tujuh cewek tapi kesepuluh-sepuluhnya =)
Cekidot!!

Namanya Maulida Disa Pratiwi. Dulu jamannya Bimod, ini orang yang kerjanya translet buku dan menceritakan isinya sama kita semua. Ya wajar ajalah secara itu English Book dan kita biasa pake bahasa kalbu kan jadi agak susah untuk memahami *ngeles. Dia juga yang jaman Bimod nemenin gue dan Yushi (untuk makhluk yang satu ini nanti akan gue jelasin kayak apa bentuk rupa kepribadiannya =p) untuk finishing assingnments dari dosen kita, Rena Latifa M.Psi, Psi. Kalo kita bertiga udah mulai finishing by YM, itu bisa dari Jum'at malem sampe Minggu malem sebagaimana waktu deadline bimod. Dan kalo ditambah sekalian deadline Psi Kepribadian bisa makin lama, soalnya kita juga punya kelompok Kepri masing-masing. So, selama semester enam, kebanyakan satnite gue pasti bareng mereka berdua.

Berikutnya gue mau memperkenalkan yang namanya Nurul Khoirunnisa. Nah cewek yang satu ini tuh yang paling ontime. Kalo ada apa-apa menyangkut tugas dan apapun, kalo sekelompok ama dia pasti nggak pernah ngelewati batas waktu. Selalu ontime. Selalu kelar. Dan biasanya anak-anak patuh dengan aturan ibu yang satu ini. Hehehe.. Gue inget banget pas lagi nyusun laporan bimod tuh, 50% kayaknya ini cewek yang nyelesein. Dia yang nyari kajian teori dll dan kita tinggal ngerapiin dan menyelesaikan sisanya plus mojok dikosannya nonton cin(t)a. Apa gak bahagia lo kalo 50% udah sama Icha -panggilannya- seorang dan 50% sisanya dibagi ke sembilan orang lainnya?? Haha Icha juga suka tegang dan seteres sendiri kalo temen-temen sekelompoknya mulai menggila dan keluar dari rules.

Mmm diawal-awal Icha dan Maul cabut dari kelompok sempet berasa dingbatnya secara yang namanya Maul sering ngasih ide-ide yang nggak biasa sekaligus penerjemah dan Icha itu pemegang aturan dan time manager yang oke serta disegani oleh yang lain -bahasa gue jadul amat ya disegani. Berasa patih kerajaan apantao-. Berlanjut pada tujuh cewek yang lain. Gue nyusun bukan berdasarkan strata atau apa ya tapi ini berdasarkan abjad, secara gue juga rada orderliness.

Awalnya yang manggil dia Emak itu anak-anak TC, tapi di tempat KKL, Eka Rahmawati juga dipanggil Emak. Kebanyakan anak-anak emang bilang kalo Eka itu keibuan, mengayomi dan mellow. Yaaa memang seperti itulah adanya. Bisa kita lihat kok dari cara joget Eka yang asoy geboy yang bakal gue aplot ke youtube beberapa saat lagi (alamat gue dibully fisik dan psikis kalo sampe gue bener-bener ngelakuin ini). Hahaha (^.^)v Eka ini merupakan bendahara kelompok sekaligus COD Gastron 8elapan. Kerjaannya narikin duit untuk membeli segala macam keperluan di wisma dan KKL, belanja terus mengkomandoi jam-jam masak-memasak kami semua. Biasanya kita yang pada motong-motong, ngaduk-ngaduk makanan dan sayur terus terakhirnya Emak Eka yang menentukan bumbu dan pas atau nggaknya itu rasa masakan. Dan lo harus tau! Makanannya manstab! Gue rasa kalo ntar Eka bosen jadi Psikolog bisa deh dicoba banting stir buka catering. Oh iya, pernah nih suatu ketika si Eka mogok masak and then.. kita makan mie rebus, mie kering, energen, susu, kopi sama pop mie aja *apa nggak pedih lo? hahaha. Ehhh Ekanya jadi gak enak ati dan gak berlama-lama mogok masak karena mendadak berat teman-temannya menyusut bagaikan warga Afrika yang terkena busung lapar. Hahaha padahal kalo dia beneran mogok masak sampe kelar KKL, gue jamin perut gue bisa rata kayak J.Lo. Sayang sekali Eka menghancur leburkan program diet instan gue. Perut gue bukannya kayak J.Lo malah 11-12 sama donat J.Co, ckck. Kecewa saya..

Miss Independent ini nggak lain nggak bukan adalah Endang Laksanawati. Nggak cuma di Bd1 aja si Endang mengukuhkan diri sebagai Miss Independent, di GP juga. Endang adalah partner dari Eka dimana mereka mendapatkan klien dual diagnosis. Mungkin karena merekanya sabar kali ya makanya dikasihin klien dual. Kalo gue kan maha sabar *piss.. Endang adalah penghuni wisma 7 yang paling rajin nyuci baju secara gue nggak ngeh apa yang terjadi di wisma 8 jadi nggak tau siapa yang paling sering nyuci baju di kamar sebelah. Ini anak juga yang paling cuek diantara kita, santai banget. Demenannya tidur cepet terus ntar tengah malem kebangun. Endang juga yang lepinya selalu full music. Dari pagi ampe pagi lagi bisa kali nggak berenti suaranya. Hahaha.. Endang juga yang paling sering gue gerecokin charger lepinya gara-gara gue males ngambil charger lepi di lemari. Gue masih inget tuh ada kejadian karma-karmaan di kamar gue dimana antara gue-Ratu-Yushi-Endang dan sepertinya ada campur tangan Eva juga, hampir ngebuat gue duduk diatas pangkuan Endang *coo cwiiit. Gue lupa awalnya gimana. Kayaknya si Ratu ngedudukin baju Yushi, eh abis itu barangnya Ratu kenapa gitu, habis itu gue ngecakin si Ratu ehh ujung-ujungnya gue ngegoyang-goyangin bokong seksi gue di depan Endang sampe Endangnya bengong. Syok kali ye liat bokong seksi gitu *mungkin Endang berniat muntah di depan muka gue saat itu juga. Yang akhirnya gue ngakak sampe nungging-nungging di atas kasur gue saking gelinya. Endang juga yang paling sensi kalo denger ada yang bernyanyi .. ‘When I say chiki, when I say chaka’ pasti dia selalu menyebut satu nama kalo udah ada kasak-kusuk lagu tsb terdengar.

Dan kambing hitamnya nggak lain nggak bukan adalah Iffatul Maula alias Eva. Ini cewek adalah afek datar yang maha lucu. Entertainer sejati sih buat gue. Yang kalo pagi paling rajin gedubrakan ke kamar gue buat minjem setrikaan si Yushi terus ngegosok deh di atas kasur Endang. Eva merupakan assisten dari komandan ngeprint dan pengeksekusi terakhir dari laporan KKL 8elapan. Eva tuh yang paling susah ditebak, paling nggak ketauan kapan dia kesel, kapan dia seneng, kapan dia kapan-kapan.. saking datarnya itu muka. Si Ratu sih bilangnya Eva itu tempat bermanja, kalo Laras bilang Eva itu jahat. Jahat bagian mananya hanya Eva dan Laras yang tau. Mungkin Laras dendam soalnya waktu TeKa dia dikunciin di WC sama Eva.. *gue sebenernya gak tau mereka satu TeKa atau nggak, gue ngarang aja biar panjang tulisannya. Buat gue, Eva itu hiburan paling menyenangkan. Eva yang paling nggak banyak omong. Satu hal yang paling gue suka dari Eva. Dia penganut Talk Less Do More sejati. Gue banyak belajar untuk urusan yang begini. Gimana cara dia ngasi tau orang bukan pake mulut tapi pake action. Contoh aja waktu gue ngegerecokin acara masak-masakannya Emak Eka, gue ngasal aja ngacak-ngacak sayur dan Eva nggak komentar apa-apa. Dia cuma beresin sayur yang gue acak-acak dan ujung-ujungnya gue malah nge-role model-in dia untuk ngerapiin sayur yang gue acak-acak. Eva juga satu-satunya anak 8elapan yang nemenin gue melek sampe pagi pas nyelesein laporan *walopun ujung-ujungnya abis subuh dia ninggalin gue tedor –pedih- *. Kalo semua orang udah mulai pusing dengan pikiran masing-masing ada aja yang dijadiin bahan ketawaan. Dan partner setianya buat ngelawak siapa lagi kalo bukan Laras.

Namanya Laras. Mungkin bisa jadi Serasi Selaras Seimbang. Kalo lagi jalan bareng Puri bisa jadi nama perumahan Puri Laras. Kalo lagi deket-deket Nopan mungkin aja bisa berubah jadi senjata LARAS panjang. Tapi kenyataannya nama panjangnya bukan itu tapi Laras Santoso. Nggak usah tanya gue kenapa namanya Laras Santoso, bisa tanyakan langsung ke Bokapnya secara kayaknya nama dia dan kakak-adeknya ada Santoso dibelakangnya *ini kenapa gue jadi ngeributin nama Laras deh (-_-!). Cewek yang satu ini kayaknya make susuk. Susuk sapi, susuk kambing dan susuk kuda liar. Hyahaha terbukti belom ada seminggu dia mampu menghipnotis kambing-kambing di GP eh salah ding..hahaha maksud gue dia mampu menghipnotis anak cucu Adam GP. Cewek pertama yang dapet cokelat plus puisi. Keliatannya mah dari luar tuh anteng, kalem, diem tapi semua itu BOHONG!! Jangan lihat Laras dari cover. Semua itu menipu sodara-sodara! Ini Cah Gendeng! Kalo udah ngomong mah pelan tapi dalem. Klop banget kalo dipasangin sama Eva. Tendemnya Eva kalo udah mulai menggila. Ini anak gimana ya? Hahaha gue baru nemu yang model gini ya dia doang. Paling stay cool sampe gue bingung, ini orang pernah tegang nggak ya? Kalo dia naik Halilintar bakal tegang gak? *ini kenapa nyambungnya ke Halilintar deh*. Mau dicakin kayak apa juga pasti bisa dibalikin sama dia dan keseringan ngebalikinnya SKAK MAT alias mendingan gue disuruh bikin semprop daripada ngeladenin debat sama dia *boong deng! Mendingan debat sama Laras daripada ngurusin 8elapan variabel. Hahaha* Dia yang paling simple. Bisa dibilang polos, ehh polos nggak ya? Tapi kayaknya otaknya paling lurus alias mikirnya lurus dan positif thinking terus tapi gue rasa bisa-lah sekali-kali otaknya dibengkokin. Sampe saat-saat urgent dan nyaris ada konflik pun ditanggepinnya santai. Benar-benar simple wanita yang satu ini. Selain itu, duetnya bareng Eva menyebarkan virus Koreaan dikalangan 8elapan dan yang paling jadi korban si Eka.

Selanjutnya gue mau nyeritain tentang cewek yang paling muda *secara usia* diantara kita *secara muka paling unyu tuh tetep gue ya sodara-sodara (* yang bernama Rachmah Annurfatmah. Kalo kata Bro Robby ini bocah nakal, kalo kata gue ini anak gokil. Kalo kata yang lain ada yang bilang dia unik, cengeng, aneh, labil, menggelegar dan drama queen. Mmmm gue mikir kenapa dia dibilang gitu. Ini anak paling demen teriak-teriakan dan kata Ratu kalo udah teriak bikin kuping peling *gue mencari arti kata peling dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan ternyata nggak ada artinya dan gue pun bertanya-tanya, itu bahasa apa ya? –semoga bukan bahasa malay apalagi alay- Artinya apa? Sejenis penyakit kupingkah? Semoga kuping kecil gue nggak mengalami penyakit peling. Paling jago juga urusan sarkastik. Yang gue inget si Ramon menjadi factor tanpa sengaja membuat Yushi mendapat pencerahan. Mungkin saat itu Ramon baru membeli lambu bohlam makanya Yushi merasa makin tercerahkan *sumpah jayus!*. Untung deh dia cerah berkat Ramon, kalo ama gue yang ada dia ngegalau. Apalagi ya?? Ini dia yang suka mijetin anak-anak kalo pada lagi capek atau sakit. Sialnya gue baru ngerasain dipijet dia pas Psychomusical minggu lalu. Harusnya dari jaman KKL gue minta dipijet aja ya.. Hahaha Ramon nggak lain nggak bukan adalah partner dari Laras dan u know what? Mereka berdua dipasangin udah kayak setan ketemu setan. Kerjaannya sarkastik dan nyela mulu and then.. mereka dapet klien yang maha jago sarkastikin orang. Anjir!!! Ini seperti lingkaran setan!! Demen gue kalo ngeliat mereka lagi sama kliennya. Berasa hawa deket-deket situ mendadak memanas.. hihihi..

Berikutnya gue mau cerita tentang sesosok utusan dari kampus Psikologi UIN yang tak lain adalah Kanjeng Ratu Aniesah Fauziyah. Lo jangan tanya dimana alamat rumahnya, berapa beratnya, berapa tingginya dan berapa nomor sepatunya karena gue juga nggak tau. Yang gue tau ini cewek multitalent abes!! Dia yang ngasih seminar sampe buat gue terbengong-bengong gelesotan di lantai dining hall. Bikin gue speechless karna dia mendadak maen drum dengan sebegitu GILA-nya dan gue cuma bisa ngakak-ngakak ngiringin dia pake gitar pas SNA. Walaupun beberapa suara berkata bahwa terkadang beliau ini miss understood dan gak jelas, yang penting ini anak lucu. Hehehe.. Ratu adalah sosok yang paling susah dibangunin di wisma 8 dan yang biasanya paling sabar ngebangunin Ratu ya Endang secara gue sama Yushi kerjanya ngelanjutin molor mulu abis solat. Yang paling lucu tuh kalo dia udah mulai ngantuk padahal kita masih ada kegiatan. Nih anak bisa kayak cacing kepanasan dan nggak bisa diem saking ngantuknya. Maklum ajalah.. Ratu bukan kalong. Kalo di wisma, biasanya dia dan Endang yang duluan bobok. Dan karena Yushi si Ratu mendadak pedophile. Tiap hari yang diputer si Justin Bieber mulu. Sampe bela-belain nyari lirik lagu JB dan menghapalkannya sampai ke kamar mandi. Saingan sama lepinya Endang yang lebih sering muterin SO7 atau lagu-lagu lawas taon 90an. Ratu nih yaaa yang peralatan tempurnya paling lengkap! Mulai dari ember, pencukur rambut –hayoloh pada mikir yang nggak-nggak dah nih. Hahaha* , apa tuh yang buat nyuci? Penggilesan ya? Printer, tinta, kertas.. sampe bantal guling dia bawa demi KKL. Kalo gue boro-boro. Dalam KKL individu, partner Ratu tuh Eva. Nggak tau banyak bagaimana kehidupan mereka bersama kliennya soalnya gue jarang ngikutin. Yang pasti mereka baik-baik saja, aman selamat sentausa tak kurang suatu apapun.

Ehem, sampai juga di wanita kesembilan. Angka yang gue suka *nggak ada hubungannya gue suka ato nggak sama orang ini. Hahaha.. Yushi Widya Pramita adalah nama sebenarnya.. bukan Bunga, Mawar atau NANIDESI. Yang penting jangan ketipu sama fesbuknya yang nulis Pramita jadi Pramitha. Ujung-ujungnya ini anak kena batunya kan namanya di kitab ungu jadi Pramitha. Yushi itu marbotnya kamar gue. Kalo dia telat bangun, bisa dipastiin satu kamar telat solat subuh! Dan sialnya nih anak kalo ngebangunin orang kayak lagi maen Kuda Bisik. Untung aja kuping kecil gue ini tajam setajam silet. Yushi adalah partner gue. She’s adorable, kata Ramon. Cewek kedua setelah Laras yang dapet cokelat. Ada juga yang bilang ini anak menye *gimana nggak menye kalo dia yang paling sering mewek, electric *gue bingung kenapa Endang bilang dia electric, mungkin karena dia banyak berurusan dengan mesin printer, kata Laras dia canggih, yang lain bilang dia wise dan dewasa. Kalo gue bilang sih.. mmmm.. apa ya? Hahaha.. speechless gue. Wanita dewasa yang terperangkap dalam pikiran anak-anak. Ngedepin ini anak berasa ngedepin adek gue. Cuma bedanya ini anak bisa gue ajak ngegalau dan teriak-teriakan nyanyiin lagunya Kerispatih di dalam wisma kalo adek gue boro-boro, tau lagu Kerispatih juga kagak. Yushi adalah komandan ngeprint. Dia bisa jadi lebih galak daripada gue kalo emang waktunya dia galak *sebenernya dia emang galak haha. Sampe abang-abang print yang maha unyu itu aja kena semprot dia. Bisa dibilang dia orang pertama di anak 8elapan bahkan Bd1 yang pernah ngabisin malem berdua gue cuma buat cerita. Bisa jadi dewasa pada waktunya dan balik jadi anak-anak kalo emang udah waktunya juga. Seperti yang gue bilang di awal, karena jaman dahulu gue sering ngabisin satnite sama dia, kadang-kadang gue manggil dia ‘pacar’. Lucunya gue sama dia bubaran sama pacar masing-masing di bulan kelima *sukurin! Ini info nggak penting sebenernya =p Pas KKL gue ngabur berdua dia buat nyari kenang-kenangan. Ngiter-ngiterin Pasar Ciputat sampe mupengin karpet yang buat hadiah kenang-kenangan. Ribet bawain barang-barang dll. Bocah satu ini juga yang paling sering kena bombardir gue. Nggak tau kenapa emang enak sih ngebombardirin dia. Apalagi kalo sampe dia bingung mau jawab apa. Satu-satunya anak 8elapan yang pernah kena overlook gara-gara kelakuannya yang nggak juga nyelesein PR. Hahaha.. dia paling nggak suka kalo gue bilang ‘And Then..’ but..

And Then..
Sampai juga di orang terakhir yang tak lain tak bukan tak salah lagi dan ANDA BENAR adalah orang yang sejak tadi menuliskan semua kalimat-kalimat indah ini. GUE! Hahaha Gue nggak mau panjang lebar memperkenalkan diri secara gue udah eksis, nyeehhh. Gue adalah sosok cewek –sok- asik, humoris –jayus tepatnya-, manis, unyu menggemaskan yang ketiban pulung mengetuai kelompok KKL ini. Jangan tanya kayak apa seteresnya gue hidup bersama mereka. Saking seteresnya gue mendadak exaggeration dan super lebay *ini nggak gara-gara KKL juga sih emang gue begitu. Kata Eva, gue unsuspected dan sampe sekarang gue masih mikir bagian mana gue yang begitu. Secara gue mikir justru si Eva yang unsuspected. Gue tukang jarkom yang rewel dan mungkin annoying saking fitrah gue yang emang perfeksionis. Kalo gue ngasih kerjaan ke anak-anak suka nggak kira-kira *kali aje*, nggak tau deh sebenernya mereka nanggepinnya gimana dengan kerewelan dan kemenyean gue, takut aja mereka kebeban dan besok-besok *apa masih ada besok??* kapok kerja bareng gue. Semoga sih nggak.. haha.. gue adalah KORBAN BULLY mereka!! Dan prinsip gue, diBULLY = diSAYANG. Gue tau mereka sayang banget sama gue makanya demen banget ngebully gue. Saya juga sayang Teman-teman.. ;-*

FYI, sore tadi gue mimpiin kita lho.. Kita lagi jalan-jalan ramean gitu. Ketawa-ketawa naek andong, makan jagung bakar, ngecengin cowok-cowok unyu dan ujungnya kok kita kelaperan ya? Hahaha *gak penting banget mimpi gue.
Semoga kitab ungu 8elapan mendapat nilai A atau A+ bahkan A++ dan semoga dua rekan kita mendapat kemudahan menyusun laporan KKLnya juga dilancarkan jalannya.

Usai sudah penjelasan panjang lebar gue tentang Bingkisan indah Tuhan di tahun ini. Saya tidak memiliki kata-kata puitis untuk semuanya. Tidak juga kata-kata berharga. Yang ada hanya kejujuran hati. Mohon maaf untuk kalimat, kata, huruf yang membuat luka. Saya hanya berkicau asal sejak huruf pertama yang saya tulis disini *gue nggak konsisten amat deh make saya atau gue. Bodo ah suka-suka gue, kan yang nulis gue. Saya tidak menggunakan semua kemampuan otak saya untuk menyusun kalimat demi kalimat yang terangkai disini, karena ini bukan pelajaran Bahasa Indonesia. Inilah bahasa kalbu dari wanita yang lebih sering ngegalau daripada ribut sama @nanidesi.. *jijik nulisnya.

Sebenarnya saya sudah sulit untuk berkata-kata *mengingat gue belom tedor dan sempet gemeteran gara-gara kelaperan tengah malem plus mabok kopi dan memaksa gue mengendap-endap ke kamar bonyok gue buat ngutil makanan.

Saya tau sudah begitu banyak yang terlewati bersama dalam waktu yang relative tidak begitu lama. Sudah begitu banyak nama, peristiwa, cerita, tawa dan airmata. Sudah begitu banyak waktu terbuang tanpa dan dengan kata yang saya yakin tidak pernah ada yang sia-sia. Sudah begitu banyak memori yang –bisa saja- terlupa dan semoga meski telah terlupa, semua masih tersimpan dengan baik sekali di alam bawah sadar saya dan kita *hiks.. sedih beneran gue nulisnya.

Saya hanya manusia biasa yang sangat sering berbuat dosa daripada membuat bahagia. Perjalanan kita mungkin bukan sesuatu yang selalu dan paling bermakna. Bukan sesuatu yang paling indah. Bukan sesuatu yang paling berharga. Bukan juga sesuatu yang bisa dikatakan sebagai persahabatan yang paling sempurna. Namun perjalanan yang penuh dengan kegilaan kitalah inilah yang memberi arti paling nyata.
Tanda bahwa kita ‘ada’, pernah ‘ada’ dan masih ‘ada’.

Saya sayang 8elapan..
Saya sayang betheone..
*bodo amat apa kata nanidesi.. gue beneran sayang sama kelas gue..



Room Sweet Room, 13 April 2011
Regards,
-Aisyah N. Asih-

Thursday, April 14, 2011

nanananananana

nggak ada gitu pangeran berkuda hitam yang mendadak muncul di depan jendela kamar gue terus ngasih tiket pesawat ke Jogja malam ini juga?
Bisa kali di kamar gue penuh cokelat, gelas kopi yang masi mengepul dan Allegro yang super mulus??

-----

nggak ada yang sempurna..
Nggak saya, nggak kamu.. Nggak kita..
Saya mundur..
Saya nggak nyerah cuma memilih untuk pasrah..
Hahaha sekarang atau kemaren nggak ada bedanya..
Saya belajar bagaimana mereka bereaksi terhadap sesuatu yang menurut mereka tidak berjalan sesuai rencana.
Setidaknya yang tak terduga..
Saya belajar bagaimana memahami hati yang sekiranya telah saya pahami tapi kenyataannya tidaklah seperti itu.. Saya tidaklah mengerti..
Saya tidaklah memahami..
Saya belajar bagaimana mencari solusi disaat suasana hati menjadi sesuatu yang tak lagi ingin memberi tapi berbalik ingin diberi.
Saat saya begitu ingin memaki mereka yang seharusnya saya sayangi..
Mereka tidak akan bisa mengerti seperti apa rasanya.. Yahhh karena mereka tidak mencoba mengerti..
Uppsss bukan maksud saya blamming others..
Saya hanya merasa ingin berlari..
Pergi..

@nanidesi

Udah 3 hari ini nama itu mendadak eksis diantara anak-anak betheone -sebenernya gue udah males nyebut lengkap atau nyingkat nama kelas gue secara orang bisa berekspektasi macem-macem CUMA DARI sebuah nama kelas. Jadi saya putuskan untuk menyebutnya 'kelas gue' atau 'kelas saya' aja-.

Awal kemunculannya cukup simpel. Beliau membuat account Twitter, yang sepertinya -sori kalo gue kegeeran- khusus untuk ngefollow gue seorang dan mengirimkan 4 buah mention sebagai tanda kepeduliannya terhadap kelas gue. Jangan tanya apa isi tulisannya. Gue udah nggak pengen nginget-nginget. Tulisannya sederhana tapi cukup buat gue mengerutkan dahi. Buat gue penasaran siapa gerangan dirinya. Apakah dia seorang lelaki, wanita atau waria. Apakah dia tinggi, pendek, berperut buncit atau kering kerontang, berjilbab atau berpeci, berambut atau botak. Intinya gue nggak tau gimana bentuk rupa dan kepribadiannya. Yang gue tau dia sedang menyampaikan uneg-unegnya dibalik akun @nanidesi.

Tulisan itu cukup hidup. Dalam arti, ada beberapa bagian yang gue iyakan. Gue salut dengan cara kerja otak beliau. Belom lagi ketenangannya yang cukup mengagumkan. Buat gue pribadi, dia nggak sepenuhnya salah juga mengirimkan kritikan membangunnya itu. Kelas gue mungkin emang perlu digituin sekali-kali biar pada melek kalo masih ada yang ngerasa bukan siapa-siapa di kelas. Yang mungkin gue juga nggak peka kalo ternyata nggak semua ngerasain hal yang sama dengan apa yang gue rasa selama gue duduk di kelas tsb. Untuk kasus ini maaf gue nggak peduli siapapun yang baca mau ngejudge apa juga ke gue. Mau bilang gue menye kek, terlalu mikirin kek, maximize problem kek, mengagungkan kelas gue kek, bodo amat! =p

Cuma ya kok dengan cara seperti itu ya beliau mengungkapkannya? Hahaha yaudahlah.. Mungkin beliau bingung untuk bicara secara langsung. Salahnya, gue nggak nyelesein ini sendiri tapi malah ngepublish ke beberapa anak kelas gue. Nggak salah juga sih, maksud gue ini kan menyangkut kelas so nggak ada salahnya gue sharing sama temen-temen gue. Tapi yang terjadi selanjutnya cukup di luar kendali dan buat gue mikir kalo jalan yang gue ambil salah. Perang via twitter apaantao.

Jujur sebenernya gue kasian sama beliau. Kalo gue jadi dia pasti rasanya sesek udah ngerepres ini bertahun-tahun. Ngerasa minor, tersisih, terabaikan dan gak guna begitu lama. Sampe di kelas sendiri aja ngerasain hal seperti itu. Apa LB yang buat dia sebegitu kritis mengkritik apa yang selama ini terjadi. Bisa ngomentarin macem-macem tentang temen-temen gue. Tapi ujung-ujungnya yaudahlah suka-suka beliau. Toh pada akhirnya dia menghapus akunnya dan menyisakan tanda tanya.

Satu yang mau gue bilang sama beliau, besok-besok tolong pakai cara yang lebih dewasa. Cara beliau ini hanya akan menambah dosa mengingat otak gue nggak bisa berenti mikir dan menduga siapa dibalik telor ungunya nanidesi. Kenapa juga gue yang difollow dan diajak memulai permainannya? Kalo kata seseorang, jangan pernah tanya kenapa dan mengapa gue karna aturan mainnya emang udah dibuat kayak begitu. Dan banyak dugaan-dugaan laen yang sebenernya nggak penting dan cuma bikin gue nggak rasional. Buat gue mencurigai warga kelas gue sendiri. Buat gue terhibur juga sih awalnya walopun sebenernya lebih banyak sedihnya karena tampaknya beliau tidak merasakan seperti yang saya rasakan terhadap kelas saya. Istilahnya, nggak satu ion.

Dimanapun Anda berada, dan apa kek yang sedang Anda lakukan sekarang..
Congrats, Anda sukses!
Sampai jumpa di kehidupan yang lain. Semoga kita masih dikasih kesempatan untuk bertatap muka di satu meja yang sama.

Siapapun Anda, kalau Anda membaca ini dan berniat menyelesaikan dengan dewasa, ponsel saya aktif 24 jam, Anda bisa menghubungi saya kapanpun yang Anda mau. Akan saya tanggapi. Account FB, Twitter, Blogspot, Tumblr, YM, Gtalk saya masih aktif meski tidak setiap hari saya buka. Silahkan Anda hubungi saya..
Saya tau Anda care pada saya dan teman-teman saya dan begitu pula dengan saya pada Anda.
Kalaupun Anda tidak ingin melibatkan wajah lain, Anda bisa melakukannya cukup dengan saya seorang sebagaimana Anda memulai permainan Anda di Twitter.
Bisa kan kita selesaikan ini secara baik dan dewasa?

Bukan siapa Anda yang saat ini saya pikirkan, tapi bagaimana saya bisa membuat Anda percaya bahwa Anda tidaklah minor..

Saya percaya, rencanaNya selalu indah kok, dan Anda adalah salah satu caraNya menunjukkan bahwa Dia sayang pada saya, Anda dan teman-teman saya yang lain.. =) ;D

Saturday, April 9, 2011

Bye Laporan KKL!!!!

Cogito Ergo Sum

And then,. KELAR JUGA ITU LAPORAN KKL!!!
gue udah nggak bisa ngitung -walaupun masih bisa diitung- berapa halaman.. kurang lebih 450n keatas deh kayaknya..
alhamdulillah deh..
sebelomnya gue mana kepikiran bakal nyelesein itu dalam waktu kurang dari sebulan..
Makasih untuk DELAPAN..
Makasih Eka..
Makasih Endang..
Makasih Eva..
Makasih Laras..
Makasih Rahma..
Makasih Ratu..
Makasih Yushi..
Makasih Family.. =)

Tuesday, April 5, 2011

Ini namanya jenuh

Gue sering terkagum-kagum dengan bagaimana seorang penulis itu menulis. Membuat Lauhul Mahfuzh versinya. Menjadikan dirinya Tuhan atas karyanya. Bagaimana bisa semua itu tercipta dari tangannya? Atas nama Tuhan-kah? Tentu saja.

Sampai saat ini gue sendiri nggak tau sejauh mana gue mencintai hobi menulis ini. Bahagiakah gue saat temen-temen gue melabeling gue sebagai penulis, cerpenis atau novelis? Apa gue puas? Apa itu yang gue cari selama ini? Yang buat gue pernah terjaga selama tiga hari dua malam lamanya hanya untuk menulis. Membuat gue muka tembok untuk mempublish postingan-postingan gue di blog, tumblr, FB atau Twitter. Apakah gue benar-benar menulis secara benar atau mencari pelarian atas apa yang gue anggap nggak sesuai dengan ideal self gue sampai akhirnya membuat ‘dunia’ gue? Yang gue tau apa yang gue tulis itu apa yang gue rasain. *Sama kayak yang sekarang gue tulis, nggak jelas dan nggak tau sebenernya apa yang gue bahas.

Udah cukup lama gue memikirkan hal ini *muka serius, dahi terlipat, alis naik satu dan bersidekap.

Kenapa kebanyakan novel cinta –mau itu teenlit, chicklit, apa juga- mensetting pemeran utamanya adalah sepasang laki-laki dan perempuan yang sering sekali bertengkar tapi nanti endingnya mereka jadian –saling sayang- dengan maha unyunya? (_ _,!)

Dan dalam proses menuju ending tersebut selalu ada hal-hal ‘kebetulan’ yang membuat pasangan tersebut bukannya semakin membenci malah menunjukkan bahwa berantem itu adalah bentuk cinta mereka. Yang biasanya alur cerita dibumbui dengan kemunculan pihak ketiga atau keempat yang akhirnya membuat mereka menyadari bahwa bertengkar = cinta. Bahwa pertengkaran itulah yang membuat mereka merasa bahwa lawan bertengkarnya adalah nyata dan kedamaian adalah hampa. Ekspresi emosi yang justru membuat pertengkaran itu adalah sesuatu yang layak dinikmati. Membuat mereka akhirnya menyadari bahwa ‘kehilangan’ pertengkaran itu seperti ada yang kurang. Seperti ada yang hilang. Kosong.

Jadi pengen ketawa sendiri… Gue pun menulis dengan cara seperti itu. Cara yang serupa. Cara dimana gue membuat dua tokoh utama gue tak ubahnya Tom-Jerry, U-S, Sylvester-Tweety, Rangga-Cinta, Holmes-Adler, Kudo-Mouri, Han Ji Eun-Lee Yong Jae, Hattori-Toyama dan masih banyak lagi tokoh serupa.

Apakah seperti itu yang banyak terjadi dalam sebuah relationship? Atau memang penulisnya saja yang memiliki story seperti itu dan menghidupkannya kembali seperti apa yang dia inginkan?

Mudahnya, gue belum pernah mengalami relationship dengan alur seperti itu. Dimana gue memiliki ending jadian dengan seseorang yang telah menjadi rival gue. Bukan berarti gue nggak punya rival. Gue pernah punya teman bertengkar. Gue dan dia adalah squabbler yang selalu mencari kesempatan untuk bertengkar. Setiap kali bertemu yang kami lakukan hanya bertengkar, beradu mulut, memperdebatkan hal-hal yang kecil bahkan remeh. Saling cela, saling mengejek, saling membalas cengan. Tapi apa pada saat kita berada dalam keadaan damai lalu apa gue ngerasa ada yang hilang? Nope.

Gue menjalani hari-hari gue seperti biasa… meski kadang gue kangen sama pertengkaran itu. Toh gue tetep hidup seperti biasa. FYI, udah lebih dari tiga tahun lamanya gue kehilangan teman bertengkar. Dan gue kangen berat!! Maha kangen!!! Kangen tingkat dewa!! Kangen tingkat Kaio Shin!! *Dewanya Dewa di komik Dragon Ball

Mamammm.. kangen euy!!
Setiap kali adu mulut sama dia itu seru!! Ngeselin sih tapi dia emang ngeselin.. *ini kenapa gue ngebahas rival gue ya?? (--!)

Ideal self (IS): eh lu lagi galau ya??
Real self (RS): iya *manggut2
IS : udeeee kagak usah gegalau.. kayak dia mikirin elu aja.. mendingan lo mikirin laporan KKL lo ato sekeripsi lu nohhh
RS : Tapi gue kangen ama dia
IS : Jahhhh lo masukin itu orang dalem koper terus lo kunci rapet2.. abis itu koncinya lo buang deh.. dia kagak bakal muncul..
RS : ehh dodol!! lo ngerti kangen ga c?? gue kangen...!!!
IS : terserah lo deh.. suka-suka lo... lo ini yang rugi..
RS : bengong.. *jedot-jedotin pala terus tedooorrrrr