Gak tau kenapa mendadak pengen ngebahas tentang posisi gue dalam keluarga. Gue persembahin ini untuk sekedar bacaan ringan dan jangan dimasukin dalam hati karena gue nulisnya juga nggak dipikir alias asal ngejeplak dan mungkin akan merubah pandangan temen-temen gue tentang gue. Gue nggak sebaek yang lo kira, Guys! Hehehe... Hanya curahan hati seorang cewek yang 18 tahun menjadi si sulung. Hohoho...
Gue adalah si sulung dari tiga bersaudara. Gue memiliki dua adek, cewek-cowok. Dan seperti kebanyakan si sulung di luar sana, menjadi anak tertua bukanlah hal yang mudah. Tua bukan berarti sekedar usia yang lebih tua, bukan sekedar wajah yang berkeriput dan bukan sekedar mereka yang harus lebih dihormati.
Lebih tua menandakan kematangan sikap dan pola pikir meski itu tak mutlak. Karena banyak terlihat di sekeliling gue menyalahartikan maksud kata tua –dalam usia- tersebut. Banyak yang merasa lebih hebat daripada yang muda –gue pun sempat sombong seperti itu-, banyak menganggap sebelah mata bagi mereka yang usianya jauh atau relatif sebaya dengan kita. Belum lagi kesenioritasan yang banyak terjadi si sekolah-sekolah dan kampus yang berakar dari gue kan lebih tua daripada lo. Jadinya lo harus nurut sama gue. Padahal –sekali lagi- tua bukan sekedar masalah waktu.
Sulung... Berarti menjadi anak pertama dalam posisi urutan kelahiran dalam keluarga. Satu hal yang bisa buat gue bangga –walaupun sebenernya picik banget dan sama sekali nggak ilmiah gue ngebanggain hal ini-, menjadi sulung berarti pertama untuk segalanya. ‘Produk’ paling gres hasil kerjasama yang baik antara dua insan manusia yang saling mencinta. Wakakak...
Beberapa fakta yang gue ambil langsung dari gue dan sekeliling gue –terutama guelah!- baik positif maupun negatif (ini gag mutlak dimiliki anak sulung, gue sekedar sharing kalo ini tuh baek [kalo emang dianggap baek] dan jeleknya gue):
Gue tipikal orang yang gag mau kalah. Kalo adek gue dapet piala dari lomba apa gitu, gue pasti pengen dapet piala juga dari lomba yang lain. Kesannya gue mungkin nggak mau kalah, tapi satu sisi yang ada dalam pikiran gue. Kalo adek gue bisa kenapa gue nggak?! Itu jadi semacam motivasi pribadi buat gue. Toh, ujung-ujungnya tetep harus gue yang selalu ngalah ngedepin adek-adek gue.
Terkadang gue menganggap gue otoriter. Atau bisa juga dibilang Bossy!! Apa yang gue pengen ya sebisa mungkin jadi. Gue nggak suka dibantah apalagi sama adek-adek gue sendiri dan kalo pun gue salah, selalu ada jalan yang –secara ajaib- membuat apa yang gue anggap benar itu akan menjadi benar. Gue juga heran kenapa bisa begitu... Feeling, maybe... Tapi terkadang gue sempat berpikir kalo itu salah satu bentuk menipulasi dan cara mempengaruhi yang gue lakukan agar orang lain ngikutin gue. Oke, manipulatif identik dengan licik. Tapi untuk hal yang satu ini, gue mengklaimnya dengan cerdas. Gue nggak –bukan belum- pernah menyalahgunakan amanah dan kepercayaan. Amin... semoga seterusnya kayak gitu karena gue nggak mau belajar jadi buaya. Hahaha
Gue adalah seseorang yang cukup bertanggung jawab –kalo nggak bisa dibilang sangat bertanggung jawab, tentunya-. Bukannya narsis, untuk yang namanya tanggung jawab, gue berani untuk ngomong kalo gue-lah anak Ayah-Bunda yang paling bertanggung jawab. Gue yang nggak pernah ngeluh setiap ada tugas kuliah yang buat gue tidur jam 3 pagi dan jam 7 udah sampai kampus yang beda provinsi sama tempat tinggal gue (lebai...). Sampai-sampai di semester kemarin secara mengejutkan Ayah minta gue beberapa hari bolos kuliah gara-gara gue hampir selalu pergi pagi pulang malam, ngalahin jam kerja orang kantoran. Gue selalu ngumpulin tugas kuliah tepat waktu, rajin belajar (hahaha bullshit mode:on). Gue nggak pernah ngerengek nyari pembelaan tiap ada ribut-ribu ama temen-temen gue (Semua gue selesein sendiri, dengan cara gue! Ya iyalah! Kan ini masalah gue, ngapain juga orang lain ikut campur.)
Buat gue, tanggung jawab kayak harga mati dari eksistensi gue. Apa sih tanggung jawab anak yang baru beranjak menjadi dewasa awal macem gue?? Kuliah yang bener sukur-sukur berprestasi, bertanggung jawab atas diri sendiri, jaga nama baik keluarga, apa lagi??
Paling beresin kamar sendiri, ngurusin dan nyimpen barang-barang tanpa perlu ngegerecokin bonyok gue lagi dengan pertanyaan “Ibu, liat nggak dimana jaketku yang lengannya kepotong sebelah?”, atau... “Ayah, tau nggak dimana kaos kaki Kakak yang gambar Spoongebop?”
Plisss deh… hari gini gue masih nanya pertanyaan kayak gitu??? Belum tentu juga ayah gue tau siapa itu Spoongebop, Patrick, Thomas c Kereta Api (gue kenal mereka semua itu juga dari sepupu-sepupu gue yang berumur -10). Hehehe
Monggo yang mau nambahin tanggung jawab macem apa yang harus diemban seorang yang beranjak menuju dewasa awal ini... Kita sharing lebih banyak lagi.
Tanggung jawab semacam itu seharusnya bukan tekanan buat gue dan kalo sampai gue nggak bisa ngelakuin sendiri... Berarti eksistensi gue sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah belum tercapai alias malu-maluin banget hidup gue.
Hehehe.. opini berikutnya gue dapet dari mulut adek gue sendiri. Hahaha... Terkadang kalo gue udah sebel karena kemauan gue nggak dituruti adek-adek gue, mulai dah keluar ancaman-ancaman gue. Ancamannya sifatnya konyol sih, kayak kadang gue bilang gini sama adek gue.
“Gue bilangin temen lo lho kalo lo masi disuapin ...” –padahal kadang gue juga disuapin-
“Awas lho, ntar gag gue temenin ke belakang…” –secara adek gue takut ke kamar mandi sendirian.
“Awas aja kalau gue punya komik baru gag gue pinjemin deh.” –Childish abis gue!-
“Eh, semalem kan gue liat ada bayangan item noh di deket kamar lo…”
Dan ancaman lain yang akhirnya buat adek gue menuruti gue. Padahal kalau gue pikir, ancaman gue tuh norak dan basi banget! Huaahhh… Padahal akhir-akhir ini gue baru aja dapet masukan segala hal yang baik-buruk dalam menghadapi anak. Gue tau kalau semua itu nggak baek tapi tetep aja nggak sadar gue lakuin. Emang rusuh bet gue jadi kakak.
Gue suka geli ngeliat salah satu iklan susu versi kakak-adek yang lagi belajar puasa. Si Kakak jail banget ngerjain Adeknya tentang apa aja yang nggak ngebatalin puasa kayak nggak boleh nangis, makan angin dan ngeluarin angin alisa eh alias kentut. Tapi tetep aja si Adek menganggap Kakaknya tuh panutan dan minta terus diajarin walaupun Kakaknya jail banget. Emang yang namanya karisma seorang kakak kadang nggak bisa dibantah ya?
(Gue yakin para Adek nggak setuju sama steatment gue ini. Hehehe.. Piss)
Berikutnya, gue mau flashback mengingat persahabatan 5 remaja awal dimana semuanya adalah anak pertama alias sulung. Yang mau gue share…
Kalau 5 orang ini lagi berantem agak susah untuk menunggu salah satu yang mau ngalah, keras kepala semua, sulit banget untuk bilang maaf, dan jaga gengsi. Batu! Tapi satu yang paling terasa di sini… Semuanya punya satu kepekaan untuk ngelindungi satu sama lain. Gue paling nggak suka kalau ada yang nyakitin temen gue, ada yang ganggu temen gue. Mungkin klasikal, tapi kalau gue tau temen gue nggak salah tapi disakitin, gue mau ribut buat temen gue. Mungkin memang secara naluri berusaha melindungi. Hahaha
Seperti itukah salah satu karakter sulung?? Cuma mereka yang merasa anak sulung yang bisa merefleksikan pada diri mereka sendiri.
Hal lain yang terkadang buat beban ya… jaga sikap. Semua orang memang harus jaga sikap tapi nggak tau kenapa, apa yang gue lakuin pasti dicopas ama adek gue dan berujung gue juga yang kena omel bonyok gue.
Gue suka tidur malem, gue juga sering keluar malem, gue suka kelayapan sesuka gue, nginep dan gegilaan di rumah temen gue atau kelayapan di jalan sekedar nongkrong sampai pagi (tapi tetep dengan ijin bonyok) dan sialnya adek-adek gue suka banget make kata-kata, “Kakak aja boleh keluar malem masa adek nggak?”, “Kakak aja boleh nginep masa aku nggak?” dan blabalbla… yang akhirnya buat gue mendapat SP, “Kurangin keluar rumahnya, Kak. Adek jadi ikut-ikutan tuh!”
Tapi dibalik semua obsesi gue yang amit-amit itu ada hal-hal yang buat gue berpikir ulang. Gue nggak pernah pengen bikin persaingan ama adek-adek gue untuk selalu jadi yang pertama meski gue tetep nggak mau kalah (tetep…!!!). Apa yang bisa gue dapet dan gue capai ini nggak ada artinya kalau gue nggak bisa ngasi sesuatu yang positif buat adek-adek gue.
Rasanya gimana gitu –kayak ada yang nabok- pas adek cewek gue ngomong gini, “kenapa sih Adek nggak bisa jadi Ketua Osis kayak Kakak?”
Ini terjadi sehari dia mengikuti pencalonan OSIS karena gue dan adek cowok gue pernah dikasi amanah untuk berada di posisi 3 Dewanya OSIS. Malem sebelumnya, gue ngeliat adek gue usaha banget buat kepilih. Mulai dari bikin pidato visi-misi sampe latian baca pidatonya hingga tengah malem yang entah kenapa gue temenin juga dia latian orasi walopun terkantuk-kantuk. Dan saat gue tau adek gue nggak kepilih, gue ngerasa gagal gitu jadi kakak. Nggak tau gue terlalu sensi atau lebai tapi emang itu yang gue rasain. Rasanya apa yang gue dapet beberapa tahun lalu nggak ada apa-apanya pas tau gue nggak bisa dukung adek gue sampe adek gue bisa jadi apa yang dia mau. Gagal ya gagal.. Gue gagal jadi kakak…
Dan pertanyan adek gue buat gue mikir ulang. Gue bisa menarik beberapa hikmah menjadi si Sulung yang terkadang tertekan dengan peraturan tidak tertulis di sekitarnya. Saat gue ada di posisi adek gue beberapa tahun lalu, gue nggak perlu ngarasa kebeban dengan pemilihan seperti itu. Gue nggak mikirin, ‘Kakak gue bisa dan gue juga pengen seperti kakak gue, Kakak gue inilah… itulah… dan lain sebagainya’. Sama sekali gue nggak kepikiran hal kayak gitu. Gue ngelewati pemilihan OSIS berikut pidato-pidatonya dengan santai, nggak mikir apa-apa bahkan spontan alias gue pidato ya pidato aja langsung pas disuru pidato. Modal gue saat itu ya gue dan skill yang gue punya. Nggak kayak adek gue yang udah meres otak bikin ViMis dan latian tapi yang di dapat nggak seperti yang diharap.
Kegagalan adek gue ya berarti kegagalan gue! Keberhasilan adek gue berarti keberhasilan gue! Keberhasilan gue juga keberhasilan adek gue! Tapi kalau kegagalan gue ya berarti gue yang gagal. Hehehe
Apa yang udah gue dapet selama ini, kebanyakan itu tanpa pernah gue harap. Ya terjadi begitu aja. Anggaplah niat gue cuma nyelesein tantangan yang dikasih sama gue. Gue nggak merebut peluang atau menjemput bola tapi menerima peluang dan bisa dibilang bola udah di tangan gue dan tinggal gue membuat keputusan untuk terus menggenggam atau pelepaskan bola tersebut. Sebenernya statis, tapi justru kebanyakan seperti itu yang terjadi. Kalau gue bisa lewatin sukur, kalau nggak ya udah, berarti gue belum mampu. Gue akan dan terus belajar dari semua kegagalan gue. Dan nggak tau kenapa, gue anti nolak tantangan. Nolak berarti kalah sebelom perang. Saia tidak suka itu. Hoho..
Kadang juga gue ngerasa jahat banget dengan segala yang udah gue capai selama ini karena kadang secara nggak sadar bonyok gue suka ngompare gue sama adek-adek gue kayak gini:
“Mas, ikut paskibraka juga dong biar kayak Kakak..”
“Mas kuliahnya harus yang pinter ya… Kakak aja nggak pernah jelek.”
“Adek nggak boleh males ah, kalau males gimana dapet piala kayak kakak”
“Adek harus bisa juga lulus ujian kayak SPMB kakak ya..”
Kakak… Kakak.. Kakak terus…!!!
Oh God… Gue tau rasanya dibandingin dan itu adalah hal paling memuakkan yang pernah gue dapet. Kadang gue pengen says sorry sama adek-adek gue karena secara nggak langsung ngebebanin mereka –kalau mereka kebeban. Kalau nggak ya sukur..-.
Gue manusia biasa.. Kadang ada rasa bangga jadi pembanding bukan sebagai yang dibandingin tapi tetep aja itu nggak fair. Gue seseorang yang menuntut keadilan yang setinggi-tingginya. Tapi gue yakin nggak ada orang tua yang sengaja ngompare anak-anaknya untuk ngejatohin. Insya Allah ada niat baik di sana. Amin..
Tuh, bahasan gue jadi melenceng jauh gini dah…
Menjadi anak tertua membuat gue harus lebih dewasa dalam bersikap. Lebih sabar menghadapi adek-adek gue –bahkan nggak jarang juga sih gue meledak-, lebih tenang saat Ayah-Bunda gue berpesan macam-macam yang kadang tak sesuai dengan keinginan gue, dan yang lebih penting membuat gue lebih mandiri.
Not bad-lah menjadi si Sulung. Setiap posisi selalu ada baik dan buruk. Sama kayak uang yang memiliki dua sisi. Dunia ini masih terjadi hukum keseimbangan. Yin dan Yang.
Dan semua tergantung individu yang menjalankannya...
Udah lama gue simpen tulisan itu dan sekaranglah saatnya gue persembahkan uini untuk mereka si ‘Sulung’ dengan berbagai karakter yang entah gue juga nggak bisa nebak… Kita share disini ya… hehehe
1 comment:
rupanya si"sulung" sudah nyadar nih..
memang adakalanya kita merasa diatas angin
dan pada saat itu segalanya berasa yg paling bener, paling tepat, paling top deh
sekarang lo udah kudu tertib memanfaatin waktu
yang ga perlu ditinggalin aja
mending lo nulis banyak2, krn itu akan mengasah kepiawaian lo
Post a Comment